Viu Jadi Aplikasi Nonton Drakor Favorit Orang Indonesia

Series dan film korea menjadi tayangan favorit orang Indonesia untuk dinikmati pada platfrom streaming online, dan Viu menjadi yang paling dicintai.

Viu Jadi Aplikasi Nonton Drakor Favorit Orang Indonesia Ilustrasi Streaming | Unsplash/glenncarstenspeters

Kebutuhan manusia akan hiburan menjadi hal yang lumrah. Berbagai jenis hiburan bisa dinikmati ketika penat, salah satu hiburan yang umumnya dilakukan orang adalah menonton film atau series kesukaannya. 

Film dan Series yang Paling Sering Ditonton Orang Indonesia Berdasarkan Negara | Goodstats
Film dan Series yang Paling Sering Ditonton Orang Indonesia Berdasarkan Negara | Goodstats

Berdasarkan data dari survei Jakpat, film dan series yang paling banyak ditonton orang Indonesia sebagian besar adalah tayangan dari Korea Selatan. Dalam survei dengan 1.109 responden itu, tercatat sebanyak 72 persen atau sekitar 798 orang dari seluruh responden menonton tayangan dari Korea Selatan di platform streaming kesayangan mereka. pada tahun 2022

Hal tersebut tak mengherankan, demam drakor atau drama korea di Indonesia adalah sebuah fenomena yang kasat mata. Bahkan tak jarang para penikmat juga cenderung sekaligus mengalami demam budaya korea atau korean waves. 

Sementara itu, di bawah tayangan Korea Selatan, sebanyak 69 persen responden Indonesia menikmati tayangan dari Indonesia sendiri. Di bawah Indonesia, tayangan Amerika, Inggris dan Jepang cukup dicintai masyarakat Indonesia dengan persentase masing-masing di angka 60, 46, dan 42 persen.

10 Platform Streaming Favorit Orang Indonesia Untuk Series dan Film Korea 2022 | Goodstats
10 Platform Streaming Favorit Orang Indonesia Untuk Series dan Film Korea 2022 | Goodstats

Masih bersumber dengan data Jakpat, platform streaming yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia untuk menonton tayangan Korea adalah Viu dengan perolehan 57 persen dari total 1.205 responden. Disusul di bawahnya oleh aplikasi streaming raksasa Netflix dengan perolehan 54 persen di tahun 2022. 

Menariknya, sebanyak setengah dari responden juga tercatat pernah menikmati tayangan Korea melalui aplikasi Telegram. Untuk diketahui, umumnya streaming via Telegram Channel bisa dikategorikan dengan menikmati tayangan bajakan. 

Di bawah Telegram, WeTV, Disney + Hotstar, dan iQiyi menjadi platform streaming kesukaan orang Indonesia peringkat 4, 5, dan 6. Ketiga platform tersebut masing-masing mendapatkan perolehan sebanyak 38, 32, dan 28 persen di tahun 2022.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Studi: Twitter (X) Jadi Platform Medsos yang Paling Banyak Digunakan Orang Berpendidikan Tinggi

Twitter (X) menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan orang berpendidikan tinggi di dunia dengan persentase mencapai 49%

Indonesia Masuk 7 Besar Negara dengan Jumlah Penduduk yang Paling Banyak Tak Terkoneksi Internet

Indonesia menempati posisi ketujuh dalam jajaran negara dengan penduduk terbanyak yang belum terkoneksi internet menurut data We Are Social per Oktober 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook