Studi: Twitter (X) Jadi Platform Medsos yang Paling Banyak Digunakan Orang Berpendidikan Tinggi

Twitter (X) menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan orang berpendidikan tinggi di dunia dengan persentase mencapai 49%

Studi: Twitter (X) Jadi Platform Medsos yang Paling Banyak Digunakan Orang Berpendidikan Tinggi Ilustrasi aplikasi Twitter (X) | Avishek Das/SOPA Images/LightRocket via Getty Images

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, media sosial menjadi salah satu perkembangan dari teknologi informasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia.

Pengguna dari media sosial sangatlah beragam dan hal itulah yang menjadi keunikan sendiri bagi masing-masing platform media sosial tersebut. Latar belakang pendidikan pengguna media sosial menjadi salah satu aspek ciri khas dan keunikan dari beberapa media sosial.

Reuters Institute Digital News 2023 melakukan riset dengan beberapa platform yang diteliti untuk melihat latar belakang pendidikan dari pengguna beberapa platform media sosial. Platform yang diteliti diantaranya yaitu Twitter (X), Youtube, Instagram, Facebook, dan Tiktok. 

Digital News Report 2023 melakukan riset terhadap lebih dari 93.000 pengguna berita digital di 46 negara dengan responden pengguna Twitter (X) sebanyak 20.213 orang, Youtube 61.431 orang; Instagram 41.511 orang; Facebook 61.007 orang; dan Tiktok 24.052 orang.

Dari data Riset Reuters Institute 2023, Individu yang berpendidikan tinggi mayoritas menggunakan media sosial Twitter (X) dengan persentase 49% dari total pengguna platform tersebut, di bawahnya disusul Instagram dengan persentase 40% dan Youtube dengan presentase 39%.

Proporsi pengguna pendidikan tinggi berdasarkan platform media sosial | Goodstats

Platform media sosial yang mayoritas penggunanya memiliki latar belakang pendidikan sarjana atau magister atau doktor paling banyak juga ditemukan di Twitter yaitu sebanyak 41%. Disusul dengan Instagram dengan persentase 33% dan Youtube dengan persentase 32%. Lalu, di tingkat bawahnya terdapat Facebook dan Tiktok dengan persentase yang sama yaitu 30%.

Ditambah, pengguna Twitter (X) ternyata juga memiliki pengguna bependidikan rendah dengan persentase sedikit yaitu 11%. Aplikasi yang digunakan pengguna yang berpendidikan rendah mayaoritas ditemukan di Facebook dan Tiktok dengan Persentase 17%

Jenjang atau tingkat pendidikan menjadi suatu hal yang berharga bagi individu, karena tingginya jenjang atau pendidikan mempengaruhi bagaimana seseorang menggunakaan teknologi termasuk media sosial. Tingkat pendidikan yang tinggi cenderung memilih menggunakan aplikasi yang menyediakan banyak informasi, tetapi juga bisa saling berinteraksi dan memberikan tanggapan seperti pendapat terhadap informasi tersebut ataupun terhadap pendpat orang lain seperti di aplikasi Twitter (X).

Sehingga, masyarakat dengan pendidikan tinggi umumnya memiliki pengetahuan yang lebih luas dengan penggunaanya terhadap aplikasi tersebut dan lebih mudah untuk menambah, menyaring informasi serta juga lebih mampu mengakses fitur-fitur tertentu yang telah disediakan.

Penulis: Fatimah Az Zahra
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Masuk 7 Besar Negara dengan Jumlah Penduduk yang Paling Banyak Tak Terkoneksi Internet

Indonesia menempati posisi ketujuh dalam jajaran negara dengan penduduk terbanyak yang belum terkoneksi internet menurut data We Are Social per Oktober 2023

Preferensi Konten YouTube Masyarakat Indonesia, Kamu Yang Mana?

Indonesia merupakan salah satu pasar yang sangat besar bagi perkembangan YouTube

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook