Ini Dia Besar Tunjangan Kinerja BSSN, Capai Rp50 Juta per Bulan

Tunjangan kinerja BSSN dibedakan berdasarkan kelas jabatannya, tertinggi pada kelas jabatan 18, total tunjangan kinerjanya sebesar Rp49,86 juta per bulan.

Ini Dia Besar Tunjangan Kinerja BSSN, Capai Rp50 Juta per Bulan Ilustrasi Hacker | flakart/Freepik

Di tengah situasi politik Indonesia yang tidak menentu, pemerintah kembali mendapatkan konotasi negatif dari warganet. Kini, ketidakpuasan tersebut datang akibat serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang mengakibatkan sejumlah layanan publik terhambat.

Pelaku di bawah afiliasi LockBit tersebut sukses membuat 282 data kementerian/lembaga pemerintah terkunci. Saat ini, pelaku meminta tebusan sebesar US$8 juta atau sekitar Rp131 miliar. Pemerintah diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa pihaknya akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini.

"Itu tanggung jawab kita untuk segera memulihkan," ungkapnya pada Kamis (27/6/2024), mengutip CNBC.

Masalah berlanjut ketika sistem backup pada PDNS masih belum sepenuhnya berjalan, membuat pelayanan publik terhambat. Sebut saja, layanan imigrasi mengalami delay, data pengguna Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) lenyap, hingga terhambatnya pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Menyeruaknya insiden kelumpuhan PDNS membuat kekecewaan publik tak lagi terbendung. Masyarakat berbondong-bondong menyuarakan aspirasinya untuk menurunkan Budi Arie dari jabatannya dan meminta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk turut bertanggung jawab. Hingga akhirnya, bahasan mengenai gaji dan tunjangan yang diterima pegawai BSSN pun muncul.

Tunjangan kinerja BSSN dibedakan berdasarkan kelas jabatannya, tertinggi di angka Rp49 juta.
Tunjangan kinerja BSSN dibedakan berdasarkan kelas jabatannya, tertinggi di angka Rp49 juta | GoodStats

Sesuai Peraturan BSSN Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara, besarnya tunjangan kinerja pegawai BSSN dibedakan berdasarkan kelas jabatannya.

Adapun tunjangan kinerja tertinggi diperoleh jabatan kelas 18, setara dengan kepala BSSN, total tunjangannya mencapai Rp49,86 juta, nyaris menyentuh Rp50 juta. Nominal tersebut baru tunjangan kinerjanya saja, belum termasuk gaji pokok dan tunjangan lain yang diperoleh atas haknya sebagai pekerja.

Semakin tinggi kelas jabatan, maka semakin tinggi pula jumlah tunjangan kinerja yang diperoleh. Kelas jabatan 17 memperoleh Rp33,24 juta per bulan sebagai tunjangan kinerja, sedangkan kelas jabatan 16 memperoleh Rp27,57 juta per bulan. Kelas jabatan terendah, yakni kelas 1, memperoleh tunjangan kinerja sebesar Rp2,53 juta per bulan.

Besarnya tunjangan kinerja tersebut membuat masyarakat mempertanyakan, apa kinerjanya sudah sepadan dengan tunjangan yang diterimanya itu? Nyatanya, bukan hanya warga Indonesia yang geram akan kinerja BSSN. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid turut menyuarakan kegeramannya atas insiden ini. 

Meutya meminta Kemenkominfo dan BSSN untuk saling bekerja sama menangani serangan siber ini, bukannya saling menyalahkan satu sama lain. Ia menekankan pentingnya pemerintah untuk tetap kompak menangani masalah ini.

"Saya sekali lagi akan sampaikan poin ketika membuka rapat ini. Bapak-bapak kompak atau tidak sebagai pemerintah. Kalau sudah tidak kompak, tidak (akan) beres. Ini teknologi, lawannya sulit, pemerintah malah saling salah-salahan. Jadi tolong ini selesai di sini, habis ini tidak boleh lagi ada yang, 'ini karena ini, ini karena ini' begitu ya," ujarnya dalam rapat kerja di gedung DPR, Kamis (27//6/2024), mengutip Detik.

Baca Juga: Sektor Pemerintah Jadi Sasaran Empuk Serangan Siber

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

DKI Jakarta Masih Jadi Provinsi Paling Kaya di Indonesia

Bukan hal baru jika DKI Jakarta, pusat ekonomi dan bisnis ini, menjadi yang paling kaya di Indonesia. Berapa pendapatannya di tahun ini?

Tunjangan Kinerja Kemenkominfo Capai Rp30 Juta per Bulan

Tunjangan kinerja Kemenkominfo dibedakan berdasarkan kelas jabatannya, tertinggi di nilai Rp33 juta per bulan. Apa tunjangan tersebut setara dengan kinerjanya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook