GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Michael Page dalam laporannya mengatakan terdapat beberapa sektor bidang keahlian yang menawarkan gaji tinggi. Siapa saja mereka?.

10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Mata uang rupiah I The Escape of Malee/Shutterstock

Mendapatkan penghasilan atau gaji tinggi merupakan impian bagi setiap para pekerja.Tinggi rendahnya gaji yang diterima oleh seseorang menjadi salah satu hal yang penting untuk pertimbangan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kondisi perekonomian yang membuat harga kebutuhan pokok mulai naik semakin membuat seorang pekerja memilih pekerjaan yang cocok demi memiliki taraf hidup yang lebih baik.

Melansir laporan Michael Page yang bertajuk “Top 10 Highest Paying Job in Indonesia for 2022” menyebut, kondisi pasar kerja di Indonesia sudah kembali membaik sejak terjadinya pandemi Covid-19 pada dua tahun belakangan. Hal tersebut tentu dapat direspon dengan baik karena dapat turut serta berpartisipasi dalam menggerakkan perekonomian negara. Kondisi perekonomian yang lebih kuat dari sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk menentukan tujuan berkarir.

Secara umum, data yang ditampilkan merupakan bagian para pekerja di tingkat senior. Namun, data ini dapat membantu pada pekerja untuk memilih beberapa sektor bidang keahlian yang menawarkan gaji tinggi. Siapa saja mereka?

10 jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia 2022 I GoodStats

1. C-Suite (Corporate Suite)

C-Suite (Corporate Suite) I APIWAN BORRIKONRATCHATA/Shutterstock

Menurut data Michael Page, pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2022 didapatkan oleh C-Suite atau pimpinan eksekutif perusahaan seperti Chief Executive Office (CEO), Chief Financial Officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COO). Gaji yang diterima oleh seorang pimpinan eksekutif di Indonesia mencapai Rp150 juta sampai Rp250 juta per bulan.

Pimpinan eksekutif yang menawarkan gaji tinggi terdapat di beberapa sektor, yakni bidang properti dan konstruksi, konsumen dan ritel, bisnis dan layanan keuangan, hingga industri dan manufaktur.

2. Risk Director (Direktur Manajemen Risiko)

Risk Director (Direktur Manajemen Risiko) I Andrey_Popov/Shutterstock

Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2022 pada peringkat dua adalah Risk Director (Direktur Manajemen Risiko). Posisi ini sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan terkhusus bagi mereka yang mengalihkan seluruh operasi secara online.

Seorang Direktur Manajemen Risiko memiliki bertanggung jawab yang cukup tinggi di perusahaan. Mereka diwajibkan memiliki pemahaman mengenai kompleksitas masalah risiko keuangan, risiko strategis, hingga risiko kepatuhan perusahaan.

Profesi ini menjadi jenis pekerjaan yang menawarkan gaji rata-rata tertinggi, yakni Rp180 juta per bulan di tahun 2022.

3. Manajer Penjualan

Manajer Penjualan I JUTARAT BUADOK/Shutterstock

Country Sales Manager atau Manajer Penjualan juga memiliki peran dalam keberlangsungan hidup perusahaan. Tugas pokok manajemen pemasaran ialah memasarkan produk perusahaan hingga mencapai keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Besaran gaji yang diterima oleh manajer penjualan masuk dalam kategori tertinggi, yakni mencapai Rp175 juta per bulan.

Sektor industri konsumen dan ritel yang tidak banyak mengalami dampak pandemi Covid-19 memungkinkan posisi pada sektor ini akan terus dibutuhkan di suatu perusahaan.

4. Vice President Hubungan Pemerintahan

VP Hubungan Pemerintahan I Chokniti-Studio/Shutterstock

Jenis profesi penerima gaji tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah, VP Hubungan Pemerintahan. Kondisi pandemi Covid-19 telah membuat berbagai sektor bertransformasi secara digital, termasuk juga sektor pemerintahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Profesi ini mengedepankan mereka yang merupakan seorang pengacara. Kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi ini diharuskan memiliki pengetahuan industri dan kemampuan bernegosiasi dengan entitas pemerintah.

Gaji yang diterima oleh seorang Vice President Hubungan Pemerintahan adalah Rp170 juta per bulan.

5. Vice President Data Science

VP Data Science I Gorodenkoff/Shutterstock

Posisi lima besar jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi didapatkan oleh Vice President Data Science. Posisi ini bertugas menjadi pimpinan proyek dan mengelola kebutuhan klien.

Banyaknya model bisnis yang ingin membangun tim ilmu data dan analistik membuat posisi ini dapat mudah berkembang di tahun 2022. Para profesional teknologi informasi pada bidang ini juga akan semakin dicari. Gaji yang diterima oleh seorang Vice President Data Science sebesar Rp150 juta per bulan.

6. Direktur Manajemen Strategi

Direktur Manajemen Strategi I BongkarnGraphic/Shutterstock

Pekerjaan dengan gaji tertinggi nomor enam di Indonesia adalah Direktur Manajemen Strategi, yakni mencapai Rp150 juta per bulan. Posisi ini merupakan pimpinan teratas, mendorong upaya strategis untuk mencapai tujuan pengembangan bisnis jangka panjang.

7. Direktur Proyek

Direktur Proyek I Fit Ztudio/Shutterstock

Kekayaan alam Indonesia memang terkenal menjadi salah satu negara eksportir batu bara terbesar di dunia. Meski demikian, sumber daya mineral Indonesia juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB negara.

Seorang direktur proyek bertanggung jawab untuk mengelola proyek-proyek rekayasa akan menerima gaji tinggi, yakni mencapai Rp150 juta per bulan.

8. Direktur Operasional

Direktur Operasional I manine99/Shutterstock

Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah direktur operasional. Seorang direktur operasional di sektor industri dan manufaktur di Indonesia dapat menerima gaji sekitar Rp140 juta per bulan.

Hal ini dikarenakan bidang manufaktur atau pengolahan bahan mentah melalui proses kimia dan fisika menjadi sektor disebut paling berpengaruh pada pertumbuhan PDB negara.

9. Direktur Teknis

Direktur Teknis I Goodvibes Photo/Shutterstock

Bidang properti dan konstruksi di Indonesia merupakan sektor yang paling banyak diminati. Pengeluaran pemerintah yang kuat untuk berbagai proyek infrastruktur publik membuat perusahaan yang bergerak di bidang ini memberi kompensasi yang menarik. Seorang direktur teknis dapat menerima gaji mencapai Rp130 juta per bulan.

10. Direktur Pemasaran

Direktur Pemasaran I Amnaj Khetsamtip/Shutterstock

Terakhir, posisi pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia adalah direktur pemasaran. Posisi ini sangat dibutuhkan dalam sektor produk konsumen, ritel, dan manufaktur dengan gaji mencapai Rp130 juta per bulan.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menilik Performa “Chef” Curry, Sang Raja 3 Points NBA
Artikel Selanjutnya Peneliti Stanford: Indonesia jadi Negara Paling "Mager" di Dunia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook