Tiongkok Menjadi Negara Dengan Penganut Buddha Terbanyak di Dunia

Sebanyak 50 persen lebih penduduk di Tiongkok menganut agama Buddha

Tiongkok Menjadi Negara Dengan Penganut Buddha Terbanyak di Dunia Sekumpulan pemeluk agama Buddha sedang beribadah (Sumber: Shutterstock)

Dalam kehidupan di dunia ini, terdapat berbagai agama yang dianut oleh setiap orang. Agama terbesar di dunia dihitung berdasarkan jumlah pemeluknya. Beberapa diantara agama yang ada di dunia dianut oleh ratusan juta hingga miliaran orang. Sampai saat ini, agama Kristen menjadi agama dengan penganut terbanyak di dunia. Totalnya mencapai 2,38 miliar di seluruh dunia.

Meski begitu, agama lain juga memiliki pengikut dalam jumlah yang besar. Salah satunya, Buddha. Menjadi agama terbesar keempat, agama Buddha diikuti oleh 507 juta orang di dunia. Menurut data Pew Research Center 2015, sebanyak 6,9 persen populasi dunia menganut Buddha. Di Indonesia sendiri populasi penduduk yang menganut agama Buddha sekitar 1,8 juta penduduk. Jumlahnya terbilang sangat sedikit dibandingkan dengan negara tetangga.

Saat ini, pemeluk agama Buddha paling banyak terdapat di Tiongkok dengan jumlah sekitar 254,7 juta orang atau setara dengan 50 persen lebih dari jumlah penduduknya. Masyarakat Tiongkok percaya dan menganggap agama Buddha sebagai agama tradisi, maka tak heran mayoritas masyarakatnya beragama Buddha.

Thailand menjadi negara dengan penganut Buddha terbesar kedua di dunia dan berada di posisi pertama jika di kawasan Asia Tenggara. Totalnya mencapai 66,12 juta orang atau setara dengan 92,60 persen dari total penduduk. Pada posisi ketiga ada negara Jepang dengan total pemeluk Buddha sebanayak 45,8 juta penduduk. Jumlahnya mencapai 9,4 persen dari total penganut Buddha di dunia.

Setelahnya yakni salah satu negara yang berada di wilayah Asia Tenggara, Myanmar. Jumlah penduduk Myanmar yang menganut agama Buddha mencapai 41,4 juta orang. Karena di Myanmar, ajaran Buddhisme Theravada menjadi agama tradisi penduduk Myanmar yang dimulai oleh kerajaan Pakan pada tahun 1044 Masehi.

Masih berada di Asia Tenggara, negara Vietnam menjadi negara dengan populasi penganut Buddha terbesar di dunia. Vietnam menempati posisi ketiga dengan pemeluk Buddha terbanyak di Asia Tenggara karena jumlah penganutnya mencapai 14,3 juta penduduk. Buddhisme Vietnam bertalian erat dengan unsur-unsur Taoisme, spiritualitas Tionghoa serta agama tradisional Vietnam.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Provinsi dengan Jumlah Penganut Agama Hindu Terbanyak di Indonesia

Jadi agama terbesar ke-4 di Indonesia, Pulau Bali masih menjadi provinsi penganut agama Hindu terbanyak.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X