China Raih Gelar Kedua Badminton Asia Mixed Team Championship setelah Kalahkan Korea Selatan di Final 2023

China menyelesaikan partai final dengan poin 3-1 di Dubai Exhibition Centre, Uni Emirat Arab pada Minggu (19/2)

China Raih Gelar Kedua Badminton Asia Mixed Team Championship setelah Kalahkan Korea Selatan di Final 2023 Tim China saat merayakan juara pada ajang Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 | Feifei/Badminton Planet

Tim beregu China berhasil meraih gelar keduanya dalam ajang Badminton Asia Mixed Team Championship setelah berhasil mengalahkan tim Korea Selatan pada babak final edisi 2023. China menyelesaikan partai final dengan poin 3-1 di Dubai Exhibition Centre, Uni Emirat Arab pada Minggu (19/2).

Pada babak final, tim China menurunkan Lei Lanxi pada nomor tunggal putra, Gao Fangjie pada tunggal putri, He Jiting/Zhou Haodong pada ganda putra, Liu Shengshu/Tan Ning pada ganda putri, dan Feng Yanzhe/Huang Dongping pada ganda campuran.

Hasilnya, China langsung unggul dua poin lewat nomor tunggal putra dan putrinya. Lei Lanxi berhasil mengandaskan wakil Korea, Lee Yun Gyu dengan skor 21-16 dan 21-15, serta Gao Fangjie yang berhasil mengalahkan Kim Ga Eun dengan skor 21-15 dan 21-15.

Korea Selatan sempat memperkecil ketertinggalan lewat ganda putranya, Kim Won Ho/Na Sung Seung yang berhasil menang atas Jiting/Haodong dengan skor 21-19, 16-21, dan 17-21. Namun, China berhasil mengunci kemenangan pada laga ganda putri dengan skor 21-11 dan 21-10.

Raihan ini merupakan gelar kedua China pada ajang Badminton Asia Mixed Team Championship setelah sebelumnya berhasil mereka raih pada 2019 lalu di Hongkong. Pada gelaran pertama di Vietnam 2017 lalu, China berhasil menembus babak semifinal.

Daftar juara Badminton Asia Mixed Team Championship sepanjang tiga edisi | GoodStats

Jepang menjadi tim paling produktif kedua pada ajang ini. Pada 2017 lalu, Jepang berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-0 dan menjadi runner-up setelah kalah oleh China pada 2019 lalu. Sayangnya, pada edisi kali ini Jepang harus berhenti di perempat final setelah dikalahkan Thailand dengan skor 3-2.

Sementara itu, tim Indonesia pada edisi kali ini hanya berhasil menembus babak perempat final setelah dikalahkan Korea Selatan dengan skor akhir 3-1. Anthony Ginting dkk sebelumnya berhasil menjadi juara grup dab menyapu bersih babak grup dengan mengalahkan Lebanon, Syria, Bahrain, dan Thailand.

Langkah Korea Selatan, Thailand, dan India yang berhasil masuk ke semifinal ini membuat mereka dapat mengamankan slot untuk ajang Sudirman Cup 2023. China sendiri berhasil lolos karena bertugas sebagai tuan rumah. Meskipun tidak berhasil lolos semifinal, Indonesia, Malaysia, dan Jepang tetap dapat mengikuti Sudirman Cup 2023 melalui ranking beregu mereka yang terhitung tinggi.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Open 2024 Berakhir, Bagaimana Performa Indonesia?

Sempat menyabet dua gelar juara pada Indonesia Open 2018, kini Indonesia bahkan tak meloloskan satupun atletnya ke babak final di gelaran 2024.

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X