Supermarket dengan Gerai Terbanyak di Indonesia 2021

Sektor ritel Indonesia memiliki pasar yang paling menjajikan di Asia dengan besarnya populasi, berkembangnya kelas menengah, dan meningkatnya urbanisasi.

Supermarket dengan Gerai Terbanyak di Indonesia 2021 Ilustrasi supermarket | non c/Shutterstock

Indonesia memiliki total 1.411 gerai ritel supermarket yang tersebar di seluruh wilayah sepanjang tahun 2021. Mengutip dari Euromonitor International, jumlah gerai supermarket di Indonesia mengalami penurunan sebanyak 39 gerai dibandingkan tahun 2020.

Penjualan supermarket terkena dampak negatif akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang ketat di tengah melambungnya angka kasus Covid-19 di Indonesia pada tahun 2021.

Walaupun mengalami penurunan, sektor ritel Indonesia termasuk supermarket tetap memiliki pasar yang paling menjanjikan di Asia. Hal ini didukung oleh faktor besarnya populasi penduduk, berkembangnya kelas menengah, serta meningkatnya urbanisasi.

Perkembangan jumlah supermarket di Indonesia tahun 2017-2021 | GoodStats

Data pun menunjukkan pertumbuhan jumlah gerai supermarket di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan dari tahun 2017 hingga 2020. Pada tahun 2017, Indonesia tercatat memiliki 1.377 gerai supermarket yang mana jumlahnya terus meningkat hingga menjadi 1.450 gerai pada tahun 2020.

Adapun supermarket didefinisikan sebagai gerai ritel yang memiliki luas area antara 400 hingga 2.500 meter persegi. Supermarket pada umumnya menjual komoditas makanan, minuman, dan kebutuhan sehari-hari konsumen.

Beberapa perusahaan telah menjadi pemain besar di sektor bisnis ritel supermarket. Berdasarkan data dari Euromonitor International, berikut merupakan daftar supermarket dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia tahun 2021.

supermarket dengan gerai terbanyak di Indonesia tahun 2021 | GoodStats

1. Super Indo

Promo Superindo Hari Ini 30 Maret 2022, Harga Lebih Murah!
Super Indo | lifestyle.kontan.co.id

Super Indo berhasil menduduki peringkat pertama supermarket dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia pada tahun 2021. Adapun total gerai Super Indo di Indonesia mencapai 180 unit.

Super Indo sudah berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Adapun gerai Super Indo tersebar di kota-kota besar berbagai pulau di antaranya Jawa dan Sumatra bagian selatan.

Jaringan supermarket satu ini merupakan hasil kongsi antara jaringan ritel internasional Delhaize Group yang berpusat di Zaandam, Belanda dengan Salim Group.

2. Hypermart

GoTo Masuk ke Hypermart, Begini Hasil Kolaborasi Keduanya
Hypermart | cnbcindonesia.com

Posisi ke-2 diraih oleh Hypermart dengan total 100 gerai supermarket yang tersebar di Indonesia.

Hypermart didirikan pada tahun 2004 di bawah naungan PT Matahari Putra Prima Tbk. Supermarket satu ini menyatakan sebagai unit ritel modern yang menargetkan konsumen kelas menengah yang berkembang.

Gerai pertama hypermart berlokasi di Mal WTC Matahari Serpong yang memiliki luas sebesar 6.500 meter persegi.

3. Carrefour

Carrefour Jual 80 Persen Saham di China
Carrefour | jurnas.com

Carrefour berhasil menempati posisi ke-3 supermarket dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia pada tahun 2021. Total terdapat 70 gerai supermarket Carrefour yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia.

Carrefour sendiri merupakan jaringan supermarket internasional yang memiliki kantor pusat di Prancis. Supermarket ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1996. Gerai pertama Carrefour Indonesia berlokasi di Cempaka Putih yang mulai beroperasi pada Oktober 1998. Adapun Carrefour dinobatkan sebagai ritel terbesar ke-2 di dunia setelah IKEA.

4. Transmart-Carrefour

100% Lokal! Semua Gerai Carrefour RI Berubah Jadi Transmart
Transmart-Carrefour | cnbcindonesia.com

Posisi ke-4 diraih oleh Transmart-Carrefour dengan total 60 gerai supermarket tersebar di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Transmart Carrefour beroperasi di bawah naungan PT Trans Retail Indonesia, perusahaan milik Chairul Tanjung (CT) Group. Sejak 16 Januari 2013, kepemilikan seluruh saham PT Carrefour Indonesia telah beralih ke PT Trans Retail Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, merek Carrefour di Indonesia bertransformasi secara perlahan menjadi Transmart. Satria Hamid selaku Vice President (VP) Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia mengungkapkan bahwa Transmart akan terus melakukan remodeling toko dengan merujuk pada kearifan lokal di seluruh Indonesia.

5. Lotte Mart

Belanja Online di LOTTE Mart Gandaria City - HappyFresh
Lotte Mart | happyfresh.id

Lotte Mart meraih posisi ke-5 dengan total 45 gerai supermarket pada tahun 2021. Lotte Mart merupakan jaringan ritel asal Korea Selatan yang menjual berbagai bahan makanan, pakaian, mainan, elektronik, serta barang-barang lainnya. Didirikan sejak tahun 1998, Lotte Mart kini telah tersebar di berbagai negara Asia seperti Korea Selatan, Jepang, Vietnam, Thailand, Singapura, India, hingga Indonesia.

Lotte Mart Indonesia berada di bawah naungan PT Lotte Shopping Indonesia. Lotte Mart Indonesia awalnya bermula dari cabang ritel grosir Makro asal Belanda yang beroperasi di bawah PT Karabha Unggul sejak Oktober 1989 dan berubah nama menjadi PT Makro Indonesia pada Juni 1999.

Lotte Group kemudian mengakuisisi seluruh aset PT Makro Indonesia pada tahun 2008 dan mengubah nama ritel Makro menjadi Lotte Grosir dan Lotte Mart.

6. Farmers Market

Belanja Online Farmers Market? Pakai HappyFresh Aja!
Farmers Market | happyfresh.id

Terakhir, Farmers Market berhasil menduduki posisi ke-6 supermarket dengan gerai terbanyak di Indonesia. Adapun total gerai supermarket Farmer’s Market berjumlah sebanyak 35 unit sepanjang tahun 2021.

Supermarket yang beroperasi di bawah naungan Supra Boga Lestari ini beroperasi di sejumlah kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Bogor, Surabaya, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, serta Palembang.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 5 Merek Mi Instan Pilihan Masyarakat Indonesia 2022
Artikel Selanjutnya Intip 6 Sekolah Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp2 Miliar
Konten Terkait