Sumber Informasi Terpercaya Andalan Generasi Milenial, Apakah TV Masuk dalam Daftar?

Terdapat beberapa sumber informasi andalan generasi milenial diantaranya adalah internet, televisi, radio dan koran.

Sumber Informasi Terpercaya Andalan Generasi Milenial, Apakah TV Masuk dalam Daftar? Ilustrasi seseorang mencari informasi | Freepik

Informasi dapat diakses dan didapatkan dengan mudah di era digital seperti saat ini. Berbagai informasi berdatangan dari berbagai sumber yang bermacam pula. Namun sayangnya beberapa informasi bohong juga kian menyebar luas dengan waktu yang cepat. Sebagai seorang individu yang melakukan kegiatan sosial tentunya kita tidak kebal terhadap informasi bohong atau yang disebut juga dengan hoaks ini.

Beberapa dari kita telah menyadari risiko dan konsekuensi negatif yang ditimbulkannya, sehingga penting adanya untuk memilih sumber informasi yang dapat dipercaya dan diandalkan.Sumber informasi yang terpercaya adalah sumber yang memberikan informasi yang akurat, obyektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut laporan Gallup  "How Millennials Want to Work and Live" ,71% dari keseluruhan generasi milenial menjadikan Internet menjadi tempat dimana mereka mendapatkan sebagian besar informasi baik dalam bentuk nasional maupun international issues.

Dilaporkan pula bahwa 85% generasi milenial mengakses Internet dari telepon pintar mereka, menginggat dengan keberadaan telepon pintar ini memberikan kemudahan akses ke Internet dengan cepat dalam bentuk yang portabel dan lebih personal.Generasi milenial mengandalkan Internet lebih dari sekadar untuk mendapatkan informasi, mereka juga menggunakannya untuk mengelola keuangan, membayar tagihan, berbelanja online, dan sejenisnya.

Di tengah pergeseran terkait konsumsi konten di televisi yang semakin sepi peminat penonton generasi muda dan keberadaannya tersaingi teknologi yang lebih praktis, tenyata televisi masih terpilih untuk menjadi salah satu sumber informasi terpercaya generasi milenial dengan presentase kedua terbesar yakni 15%. 

Selanjutnya, 11% generasi milenial tetap menjadikan radio sebagai tempat pilihan untuk memperoleh informasi sehari-hari. Selain menjadi sumber informasi yang simple, radio juga sering kali didengarkan di mobil dan dinikmati saat dalam perjalanan karena mudah diakses. Setiap stasiun radio pun mampu menyajikan konten yang berbeda menyesuaikan pendengarnya.

Terakhir ditutup oleh 3% dari generasi tersebut yang memilih koran. Konsumsi informasi khususnya berita  melalui koran memang mengalami penurunan namun dibalik itu generasi milenial masih mengganggap koran sangat terpercaya untuk menyampaikan berbagai informasi. Koran disini merujuk kepada koran dalam bentuk cetak atau yang lebih dikenal dengan surat kabar.

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Kasus Korupsi dengan Kerugian Terbesar di Indonesia

Kasus korupsi merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia. Dari semua kasus, ternyata ada 5 kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara hingga triliunan.

5 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

Dokter spesialis merupakan dokter dengan keahlian khusus di bidangnya untuk menangani penyakit-penyakit berat.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X