Spain Masters 2023: China Rebut 2 Gelar, Indonesia dapat 1 Juara dan 1 Runner-up

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang satu gelar lewat nomor tunggal putri atas nama Gregoria Mariska Tunjung

Spain Masters 2023: China Rebut 2 Gelar, Indonesia dapat 1 Juara dan 1 Runner-up Runner-up Spain Masters 2023, Praveen Jordan/Melati Daeva | Humas PBSI

Salah satu turnamen bulu tangkis tur Dunia BWF 2023, Madrid Spain Masters 2023 baru saja berakhir pada Minggu (2/4) sore waktu Madrid, Spanyol. Turnamen berstatus Super 300 ini diselenggarakan di Centro Dportivo Municipal Gallur, Madrid sejak Selasa (28/3) lalu.

Pada babak final yang berlangsung hari ini (2/4), China berhasil merebut dua gelar lewat nomor ganda putra dan putri atas nama He Jiting/Zhou Haodong dan Liu Shengshu/Tan Ning. Liu/Tan berhasil mengalahkan rekan senegaranya Chen Fang Hui/Du Yue dengan skor 21-8, 16-21, dan 21-18, sementara He/Zhou berhasil mengalahkan wakil China Taipei dengan skor 21-5 dan 21-12.

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang satu gelar lewat nomor tunggal putri atas nama Gregoria Mariska Tunjung. Wanita yang akrab disapa Jorji ini berhasil mengalahkan wakil India Pusarla V. Sindhu dengan skor 21-8 dan 21-8 dalam waktu 29 menit saja.

Indonesia berhasil membawa dua wakil pada babak final, sayangnya wakil Indonesia lain pada nomor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus kalah dari wakil Denmark unggulan kedelapan dunia, Mathias Christiansen/Alexandra Boje dengan skor 22-20 dan 21-18.

Satu gelar terakhir pada nomor tunggal putra diraih oleh Jepang. Wakil unggulan pertamanya, Kenta Nishimoto berhasil mengalahkan unggulan kedua dunia sekaligus rekan senegaranya Kanta Tsuneyama dengan skor 15-21, 21-18, dan 21-19 dalam waktu 1 jam 15 menit atau menjadi pertandingan terlama pada babak final kali ini.

Jorji sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil menjuarai Spain Masters 2023 turut senang bisa membawa pulang gelar. Apalagi, gelar ini menjadi gelar pertamanya setelah terakhir juara pada 2018 lalu.

"Gelar juara ini untuk semua yang dukung saya sampai hari ini. Juara ini juga menjadi arti yang besar buat saya, (karena) sempat sangat terpuruk, tapi Puji Tuhan bisa melewati itu dan bangkit lagi," kata Gregoria dilansir Tempo pada Minggu (2/4).

"Target ke depan banyak yang ingin saya raih, tapi yang pasti saya mau mengembangkan yang saya punya, membenahi yang sudah ada. Semoga tidak terbebani dengan hasil ini," lanjutnya.

Hasil Spain Masters 2023 | GoodStats

Seluruh pemenang Spain Masters 2023 berhak mendapatkan poin BWF sebesar 7.000 dan finalis lainnya mendapatkan poin sebesar 5.950. Selain itu, para pemenang juga berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar US$15.750 untuk nomor tunggal dan US$16.590 untuk nomor ganda.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Update Ranking BWF: Ginting Naik ke Peringkat 3 Kategori Men’s Singles

Anthony Ginting berhasil meraih peringkat 3 pada BWF World Rankings tunggal putra, sementara Jonathan Christie menyusul di peringkat 5 setelah naik 4 peringkat.

Cek Data Lengkap Nominal Hadiah Seluruh Pebulutangkis RI di All England 2024

Setidaknya 10 pemain tunggal dan ganda Indonesia peroleh hadiah dari All England 2024, dengan nominal maksimal Rp1,5 miliar. Pihak Inggris mengenakan pajak 20%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X