Siapa Saja Pemenang MotoGP di Sirkuit Baru?

Gelaran GP Indonesia 2022 menghasilkan Miguel Oliveira sebagai juara perdana. Selain itu, beberapa pembalap telah mencicipi kemenangan di sirkuit baru lainnya.

Siapa Saja Pemenang MotoGP di Sirkuit Baru? Lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika | chairul manek ismail/Shutterstock

Turnamen balapan MotoGP akhirnya kembali ke tanah air setelah absen selama 25 tahun sejak 1997 silam di Sirkuit Sentul, Bogor. Momen Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP di lintasan sirkuit baru yakni Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok sangat dinanti-nanti tidak hanya oleh masyarakat namun hingga pihak penyelenggara MotoGP.

Pembangunan Sirkuit Mandalika sudah selesai sejak April 2021 lalu. Sebelum digunakan untuk turnamen MotoGP, beberapa turnamen lainnya telah diselenggarakan di lintasan yang ciamik ini. Beberapa di antaranya ialah Asia Talent Cup dan Superbike World Championship.

Sirkuit Mandalika juga didapuk sebagai salah satu sirkuit paling cantik di dunia. Berada dekat dengan wilayah pantai, Sirkuit Mandalika menyuguhkan pemandangan yang mampu memanjakan mata para pengunjung.

Pihak MotoGP pun mengakui keindahan sirkuit kebanggaan milik Indonesia satu ini melalui cuitan di akun Twitter resmi dari MotoGP. Cuitannya kurang lebih berbunyi, “What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world.” yang diunggah pada 12 Februari 2022 lalu.

Tantangan beradaptasi di sirkuit baru

Terselenggaranya ajang MotoGP di sirkuit baru tentunya memberikan tantangan yang baru pula bagi para pembalap. Bagaimana tidak, pembalap harus dengan cepat beradaptasi untuk menguasai medan balapan agar dapat memberikan performa terbaiknya.

Terdapat 2 tantangan besar yang dihadapi pembalap MotoGP saat berlaga di Sirkuit Mandalika. Kedua tantangan tersebut di antaranya ialah kondisi aspal dan ban yang digunakan untuk melintasi arena sirkuit.

Oleh karena aspal mudah mengelupas pada saat dilakukannya tes pramusim MotoGP Mandalika pada Februari 2022 lalu, dilakukan pengaspalan ulang pada 6 tikungan di Sirkuit Mandalika. Sehingga pada penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika kemarin, seluruh pembalap merasakan aspal yang baru. Pada saat inilah, persiapan serta kemampuan para pembalap bersama timnya diuji.

Suksesnya penyelenggaraan MotoGP perdana di Sirkuit Mandalika pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 lalu telah menetaskan sang jawara. Berbicara tentang juara seri MotoGP, beberapa pembalap telah mencetak rekor juara pada berbagai gelaran MotoGP di sirkuit baru.

Enam sirkuit baru, tiga pemenang dalam 5 tahun terakhir

Pembalap MotoGP asal Portugal, Miguel Oliveira berhasil mencatatkan rekor sebagai juara pertama pada seri GP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika. Alhasil, pembalap dari tim KTM ini mengumpulkan 25 poin setelah melesat di garis finish pada menit ke-33 lewat 27,223 detik.

Ini bukan kali pertama bagi Miguel Oliveira memenangkan seri GP di sirkuit baru. Sebelumnya, ia juga meraih podium satu pada gelaran MotoGP di negara asalnya tepatnya di Portimao pada tahun 2020 silam. Kala itu, seri MotoGP berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve dan Miguel Oliveira tercatat menuntaskan balapan dalam waktu 41 menit 48,163 detik.

Total jumlah kemenangan pembalap MotoGP di sirkuit baru tahun 2016-2022 | GoodStats

Tidak hanya Miguel Oliveira, dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun ke belakang tercatat ada 2 pembalap lainnya yang berhasil menjadi jawara di sirkuit baru. Pembalap berikutnya ialah Andrea Iannone yang memenangkan seri MotoGP di Austria pada tahun 2016.

Laga yang diselenggarakan di Sirkuit Red Bull Ring ini menjadi saksi bisu Andrea Iannone pertama kalinya berhasil menjadi juara dan berdiri di podium satu. Pembalap asal Italia ini bergabung dengan tim Ducati bersama dengan Andrea Dovizioso.

Berikutnya, peraih juara dunia MotoGP sebanyak 6 kali yakni Marc Marquez menjadi pembalap berikutnya yang sempat mencicipi beberapa kemenangan di sirkuit baru. Adapun rinciannya, pembalap asal Spanyol ini pertama kali menang di sirkuit baru pada tahun 2013 silam pada laga GP Amerika di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat.

Seri balap di COTA memang menjadi salah satu favorit pembalap dari tim Repsol Honda yang satu ini. Namun selain itu, Marc Marquez juga memperoleh kemenangan di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo yang merupakan sirkuit baru Argentina pada tahun 2014 silam.

Terakhir, Marc Marquez juga menjadi debut juara di Sirkuit Internasional Chang, Thailand pada tahun 2018. Pada laga tersebut, Marc Marquez berhasil melewati garis finish pada menit ke-39 lewat 55,722 detik.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kini Jogja Bukan Lagi Provinsi dengan Upah Minimum Terendah
Artikel Selanjutnya Multiplier Effect Ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika
Konten Terkait