Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita Ilustrasi Tim Futsal Wanita Brasil | FIFA

FIFA resmi meluncurkan peringkat futsal dunia untuk pertama kalinya di tahun 2024 ini. Indonesia patut berbangga, karena tim futsal wanitanya berhasil masuk ke peringkat 5 besar Asia di ranking futsal wanita FIFA 2024.

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.
Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Peringkat pertama dalam ranking futsal wanita FIFA jatuh kepada Brasil dengan skor 1.364,75. Negara tersebut berhasil meraih gelar berpasangan setelah tim futsal prianya juga berhasil menduduki peringkat pertama di FIFA. Pencapaian ini tidak lagi mengherankan, mengingat tim futsal wanita Brasil berhasil memenangkan seluruh pertandingan di Amerika Selatan.

Ranking futsal wanita berikutnya dipegang oleh Spanyol dengan skor 1.302,33, dan di urutan ketiga adalah Portugal dengan 1.266,33. 

Untuk kawasan Asia, Thailand memimpin ranking futsal wanita FIFA dengan perolehan poin sebesar 1.163,97, membuatnya duduk di peringkat ke-6 dunia. Di urutan kedua ada Iran dengan 1.146,96 poin, disusul Jepang dengan 1.139,54 poin, dan Vietnam dengan 1.096,34 poin.

Menariknya, ranking futsal wanita Indonesia berada di urutan ke-5 di  kawasan Asia sekaligus ke-14 di dunia, dengan skor sebesar 1.057,12.

Bicara mengenai peringkat sepak bola FIFA memang sudah tidak lagi asing. FIFA telah meluncurkan peringkat sepak bola pria sejak Desember 1992 dan peringkat sepak bola wanita sejak 2003.

Kendati demikian, peringkat futsal tidak pernah dirilis hingga saat ini. FIFA menyebutkan bahwa pertandingan indoor kini sudah semakin bertumbuh dan banyak digemari. Bukti utamanya dapat dilihat dari penonton pertandingan FIFA Futsal World Cup di Lithuania pada 2021 lalu yang berhasil mengumpulkan rata-rata 2,42 juta penonton per pertandingan, naik 130% dibandingkan edisi 2016.

Adapun poin-poin pada peringkat futsal FIFA dihitung berdasarkan hasil pertandingan. Menghimpun laman resmi FIFA, jenis pertandingan mempengaruhi besar poin yang diberikan. Adapun jenis pertandingan meliputi hal berikut.

  • Pertandingan persahabatan, skor bobot = 15
  • Pertandingan kualifikasi untuk pertandingan final futsal = 30
  • Pertandingan konfederasi untuk final futsal = 40
  • Pertandingan kualifikasi untuk final FIFA Futsal World Cup = 40
  • Pertandingan final FIFA Futsal World Cup = 60

Selain dari jenis pertandingan, hasil pertandingan juga mempengaruhi ranking futsal wanita dan pria, dengan aturan sebagai berikut.

  • Skor 1 apabila tim berhasil menang.
  • Skor 0,5 apabila hasil seri.
  • Skor 0 apabila tim kalah.

Terakhir, beberapa kondisi juga mempengaruhi poin akhir dari masing-masing tim, seperti ada tidaknya pelanggaran pinalti, ada tidaknya pertandingan knock-out, hingga keaktifan tim.

Sepanjang tahun 2023, tim futsal wanita Indonesia bisa dibilang bertanding cukup baik. Dari total 5 pertandingan, Indonesia hanya kalah 1 kali dari Jepang dan bertahan seri 1 kali dengan China pada NSDF Futsal Women Championship 2023 di Thailand. Selain itu, Indonesia berhasil menang 3 kali dalam PFF Women's Tri-Nations Futsal Invitational 2023 melawan Selandia Baru (3-1) dan Filipina (9-4 dan 5-2). 

Adapun FIFA akan menggelar FIFA Futsal World Cup 2024 di Uzbekistan pada September 2024 mendatang, menandakan turnamen FIFA pertama yang diadakan di Asia Tengah. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, FIFA juga akan menggelar FIFA Futsal Women's World Cup pada 2025 di Filipina. Akankah tim futsal wanita Indonesia berhasil memperoleh tiket untuk masuk pertandingan bergengsi tersebut?

Baca Juga: 10 Negara dengan TIm Futsal Terbaik di Asia 2023

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Sepak Bola Semakin Populer, Apa Saja Kompetisi Liga Sepak Bola Terpopuler di Eropa?

Dominasi Liga Inggris dalam hal koefisien klub asosiasi menegaskan posisinya sebagai salah satu liga terdepan di Eropa.

Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027, UEA dan Arab Saudi Beri Dukungan

Indonesia akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2027. Dari 24 edisi, sudah ada 21 negara yang menjadi tuan rumah turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X