Rekap 2 Ronde Jakarta E-Prix 2023: Pascal Juara Ronde 10, Gunther Ronde 11

Pada ronde ke-10, pembalap asal Jerman Pascal Wehrlein menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 21 detik 995 milidetik

Rekap 2 Ronde Jakarta E-Prix 2023: Pascal Juara Ronde 10, Gunther Ronde 11 Podium ronde ke-10 Jakarta E-Prix 2023 | Berita Jakarta

Jakarta sukses menyelenggarakan hajatan balapan mobil listrik terbesar sedunia, Formula E musim 2023 akhir pekan lalu. Berlangsung selama dua ronde, Jakarta E-Prix 2023 dilakukan pada Sabtu dan Minggu, 3 & 4 Juni 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol.

Ajang Jakarta E-Prix ini merupakan kalender ronde ke-10 dan 11 dari total 16 ronde perhelatan Formula E musim 2023. Jakarta dipercaya menjalani dua ronde karena dianggap sukses dalam penyelenggaraan Jakarta E-Prix di musim sebelumnya.

Pada balapan hari pertama, Sabtu (3/6) turut hadir Ketua MPR-RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang pada perhelatan Jakarta E-Prix kali ini menjabat sebagai Ketua Steering Commitee (SC). Tak hanya itu, turut hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai perwakilan Presiden RI Joko Widodo.

Bamsoet dan Sandi menjadi pihak yang turut menyerahkan trofi kepada para pemenang balapan di ronde ke-10. Tak hanya mereka berdua, ada pula Ketua Pelaksana atau Organizing Committee Jakarta E-Prix 2023 Ananda Mikola dan Presiden Direktur Gulavit Randy Suparman yang turut menyerahkan trofi.

"Yang jelas dampaknya sangat positif, karena kita mengambil posisi kepemimpinan dalam electric vehicle ecosystem. Jadi, Formula E ini kita harapkan agar bisa menggerakkan ekonomi, memastikan lebih banyak lapangan kerja tercipta, dan kalau kita lihat ini sangat baik buat ekonomi kita," ujar Sandiaga Uno saat diwawancara media di sirkuit pada Sabtu, (3/6).

"Karena kita bukan hanya menghasilkan nikel dan bahan baku mobil listrik, tapi kita nanti ke depan mulai dari hulu sampai hilir, dengan proses hilirisasi kita akan pastikan Indonesia mengambil posisi terdepan dalam industri mobil listrik," lanjutnya.

Pada hari kedua atau ronde ke-11, giliran Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang kebagian memberikan trofi kepada para pemenang. Tak hanya itu, Bamsoet juga kembali berada di podium untuk memberikan trofi kepada tim terbaik.

Jalan Pascal terbuka menuju puncak klasemen

Pada ronde ke-10 yang berlangsung pada Sabtu (3/6), pembalap asal Jerman yang tergabung dalam tim TAG Heuer Porsche Formula E Team, Pascal Wehrlein menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 21 detik 995 milidetik. Memulai balapan dari posisi 3, Pascal juga berhasil meraih lap tercepat dalam waktu 1 menit 9 deitk 813 milidetik.

Berkat torehan ini, Pascal berhak membawa pulang 25 poin dari ronde ke-10 di Jakarta. Sementara itu, pembalap tim Avalanche Andretti Formula E asal Britania Raya Jake Dennis berada di podium kedua dengan catatan waktu berbeda 0,0477 detik dari Pascal.

Pembalap asal Jerman Maximilian Gunther berhasil finis di posisi ketiga dengan perbedaan 0,1 detik dari Pascal. Dennis dan Gunther sama-sama berhasil membawa pulang 18 poin karena meski berada di posisi 3, Gunther berhasil mendapatkan catatan lap terbaiknya, yakni 1 menit 9 detik 964 milidetik.

Hasil Jakarta E-Prix ronde 10 | GoodStats

Lebih lanjut, di posisi 4 dan 5 terdapat pembalap asal tim DS Penske, Stoffel Vandoorne dan Jean-Eric Vergne yang berhasil membawa pulang masing-masing 12 dan 10 poin. Menanggapi kemenangannya, Pascal mengungkapkan rasa syukurnya kepada tim yang telah membantunya meraih posisi puncak pada balapan kali ini.

"Rasanya luar biasa. Balapan yang sangat bagus, dan kualifikasi jauh lebih baik dari balapan sebelumnya. Terima kasih banyak kepada tim karena mobil yang luar biasa di hari ini," ungkap peraih podium pertama Jakarta E-Prix 2023 ronde ke-10 tersebut dilansir situs resmi FIA Formula E, Sabtu (3/6).

"Saya memimpin hampir seluruh perjalanan balapan, jadi tidak mudah kehabisan tenaga. Saya tahu bahwa orang-orang di belakang memiliki sedikit lebih banyak energi dan mereka yang mengemudi di slipstream sepanjang waktu membantu," sambungnya.

Giliran Gunther raih torehan terbaiknya di ronde 11

Keesokan harinya, giliran Gunther yang berhasil meraih posisi pertama dengan catatan waktu 44 menit 57 detik 285 milidetik. Gunther juga membawa pulang 28 poin (3 poin tambahan) karena berhasil meraih posisi start pertama pada babak kualifikasi.

Konsisten, Jake Dennis berada di posisi kedua ronde 11. Kali ini, Dennis mendapatkan catatan waktu 45 menit 107 milidetik, sekaligus mendapatkan catatan lap terbaiknya, yakni 1 menit 9 detik 171 milidetik yang membawanya meraih 1 poin tambahan, yakni 19 poin dari ronde 11.

Hasil Jakarta E-Prix 2023 ronde 11 | GoodStats

Sang jawara Jakarta E-Prix musim lalu, Mitch Evans berada di posisi ketiga dengan jarak 0,18 detik dari Gunther. Di posisi 4 dan 5 terdapat pembalap Nissan Formula E Team Sacha Fenestraz dan Norman Nato, sementara Pascal harus puas finis di posisi 6 pada balapan kali ini.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1?

Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia yang ketiga di 2023. Namun, siapa saja peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1?

Daftar Klasemen Sementara Pembalap & Tim Formula E 2023 Setelah 2 Seri Jakarta E-Prix

Jakarta E-Prix yang berlangsung selama dua ronde cukup mengubah drastis tangga klasemen sementara

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X