Ranking FIFA Indonesia Naik! Jadi yang Terbaik dalam 1 Dekade Terakhir

Kenaikan ranking ini tak lepas dari performa Timnas dalam dua laga FIFA Matchday terakhir dengan Burundi pada Sabtu (25/3) dan Selasa (28/3) lalu

Ranking FIFA Indonesia Naik! Jadi yang Terbaik dalam 1 Dekade Terakhir Pasukan Timnas Indonesia U-22 kala berlaga di pertandingan persahabatan melawan Lebanon (16/4) | Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Kabar baik hadir dari sepak bola tanah air. Pembaruan ranking sepak bola pria FIFA per Kamis (6/4) lalu mengumumkan kenaikan dua peringkat Indonesia dari yang sebelumnya berada di posisi 151 besar dunia ke 149 dunia. Meskipun secara ranking belum naik secara signifikan, tetapi angka ini menjadi ranking terbaik Timnas Garuda dalam satu dekade terakhir.

Kenaikan ranking ini tak lepas dari performa Timnas dalam dua laga FIFA Matchday terakhir dengan Burundi pada Sabtu (25/3) dan Selasa (28/3) lalu. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabagha, Bekasi tersebut, anak asuh Shin Tae-yong berhasil menang 3-1 pada laga pertama dan imbang 2-2 di laga kedua.

Menanggapi kenaikan ranking FIFA timnas tersebut, Ketua PSSI Erick Thohir berharap seluruh stakeholders terkait di PSSI dapat bekerja lebih giat lagi dan bersinergi agar ranking timnas dapat terus membaik. Hal itu ia sampaikan pada acara peringatan Hari Ulang Tahun PSSI ke-93 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/4).

"Saya rasa kalau kita melihat 10 (tahun) terakhir kita tidak pernah di bawah (ranking) 150. Nah, ini baru dua bulan sudah ke-149. Artinya apa? Kalau kita kerja lebih giat lagi, potensinya luas," kata Ketua PSSI Erick Thohir dilansir situs resmi PSSI (14/4).

"Tinggal bagaimana kita kompak, kita bersatu, ini bukan kerja individu. Ini kerja sama-sama supaya kita memastikan timnas kita bisa juga dapat peringkat yang lebih baik," pungkas Erick.

Dalam skala AFF atau Asia Tenggara, ranking timnas Indonesia saat ini berada di posisi 5 besar dengan total poin 1046,14. Timnas Indonesia berada di bawah Vietnam di posisi 95 besar dunia, Thailand di posisi 114 besar, Filipina di posisi 136 besar, dan Malaysia di posisi 138.

Ranking FIFA terbaru negara-negara ASEAN | GoodStats

Sementara itu, Timnas Indonesia lebih unggul dari Singapura (158), Myanmar (160), Kamboja (176), Laos (188), Brunei Darussalam (191), dan Timor Leste (196). Tak hanya Indonesia yang mengalami kenaikan pada pembaruan ranking FIFA kali ini, negara-negara AFF lain seperti Malaysia dan Timor Leste juga ikut naik.

Namun, dua negara AFF lain yakni Filipina dan Myanmar harus mengalami penurunan peringkat pada edisi kali ini. Seluruh informasi terkait pembaruan ranking fifa per 6 April 2023 dapat diakses langsung melalui situs resmi FIFA.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Sepak Bola Semakin Populer, Apa Saja Kompetisi Liga Sepak Bola Terpopuler di Eropa?

Dominasi Liga Inggris dalam hal koefisien klub asosiasi menegaskan posisinya sebagai salah satu liga terdepan di Eropa.

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook