Populasi Manusia Tembus 8 Miliar, Ini Daftar 7 Kota Paling Padat Penduduk di Dunia

Ibukota Filipina, Manila, menempati urutan pertama dalam daftar ini sebagai kota paling padat penduduk di dunia.

Populasi Manusia Tembus 8 Miliar, Ini Daftar 7 Kota Paling Padat Penduduk di Dunia Dhaka, salah satu kota terpadat di dunia | Alamy/AGF Srl

Data dari organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat bahwa pada November 2022 lalu, populasi manusia secara global telah menyentuh angka 8 miliar. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat, mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050, dan 10,4 miliar pada pertengahan 2080-an.

Namun, pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan ini seringkali tidak merata, salah satu faktornya adalah urbanisasi. Data PBB lainnya menunjukkan bahwa 55% populasi dunia saat tinggal di perkotaan, dan diperkirakan mencapai 68% pada akhir 2050-an.

Ketidakmerataan ini juga dapat direfleksikan salah satunya oleh tingkat kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk merupakan ukuran seberapa padat penduduk di suatu wilayah. Dihitung dengan membagi jumlah penduduk suatu wilayah dengan total luas daratannya.

Pada tahun ini, Global Change Data Lab mencatat bahwa secara global, rata-rata kepadatan penduduk berada di angka 62 orang/km². Dengan 5 negara terpadat adalah Makau, Monako, Singapura, Hong Kong, dan Gibraltar.

Bagaimana dengan kepadatan penduduk di kota? Berikut kami sajikan untuk Anda 7 kota dengan kepadatan penduduk tertinggi menurut data Insidermonkey.

  1. Pateros, Filipina (32.614 orang/km²)
Pateros, 2023 | Wikipedia/Patrickroque01

Kota Pateros merupakan kota terkecil di wilayah Metro Manila, Filipina, baik dari jumlah populasi maupun luas wilayah, namun memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Sebanyak 65.227 orang tinggal di kota seluas 2km² ini, atau 32.614 orang/km².

  1. Port-au-Prince, Haiti (33.333 orang/km²)
Port-au-Prince, 2019 | Alamy/Guy Vital-Herne

Ibukota Haiti, Port-au-Prince, berada di urutan selanjutnya. Tahun 2010 lalu, kota ini diguncang gempa bumi besar yang diperkirakan menelan sekitar 220 ribu jiwa. Saat ini, Port-au-Prince menjadi kota terpadat di Haiti dengan populasi sekitar 12 juta orang di wilayah seluas 36,04km², atau 33.333 orang/km².

  1. Dhaka, Bangladesh (33.591 orang/km²)
Dhaka, 2017 | iStock/Meinzahn

Di urutan selanjutnya, Dhaka, ibukota Bangladesh memiliki populasi penduduk sebesar 10,3 juta orang dengan wilayah seluas 305km², atau dengan tingkat kepadatan penduduk di angka 33.591 orang/km².

Bangladesh juga merupakan salah satu negara terpadat di dunia dengan tingkat kepadatan di angka 1.330 orang/km², terpaut cukup jauh dari Rwanda yang berada setingkat di bawahnya dengan 571 orang/km².

  1. Levallois-Perret, Perancis (33.629 orang/km²)
Levallois-Perret, 2017 | Alamy/Gilles Targat

Levallois-Perret merupakan sebuah komune, atau wilayah administratif kecil di bagian utara Perancis. Sekitar sebanyak 67 ribu orang mendiami wilayah seluas 2km² ini, atau 33.629 orang/km², menjadikannya sebagai kota terpadat di benua Eropa.

  1. Mandaluyong, Filipina (38.705 orang/km²)
Mandaluyong, 2020 | iStock/Michael Edwards

Kota di wilayah Metro Manila lainnya, Mandaluyong, memiliki tingkat kepadatan penduduk di angka 38.705 orang/km². Sekitar 426 ribu orang tinggal di kota Mandaluyong yang memiliki luas 11,26km². Bank pembangunan di kawasan Asia, Asian Development Bank (ADB) berkantor pusat di kota ini.

  1. Malé, Maladewa (42.128 orang/km²)
Malé, 2017 | Unsplash/seefromthesky

Malé, ibukota dari negara kepulauan, Maladewa, merupakan kota dengan populasi terbanyak di Maladewa sekaligus kota terpadat kedua di dunia. Kota yang terdiri dari 6 pulau ini memiliki populasi sebesar 252 ribu orang dengan luas wilayah 8.3km².

  1. Manila, Filipina (42.942 orang/km²)
Manila, 2012 | Alamy/Ivan Nesterov

Ibukota Filipina, Manila, menjadi kota terpadat di dunia saat ini. Manila merupakan kota dengan populasi terbanyak kedua di Filipina, setelah Quezon. Sekitar sebanyak 1,85 juta orang mendiami ibukota seluas 42km² ini.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara Mana yang “Ideal” Bagi Para Pekerja?

Seperti apakah bare minimum negara ideal untuk para pekerja?

Negara yang Berganti Nama, Alasannya karena Mirip Nama Burung?

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, seperti perayaan merdeka dari kolonialisme hingga koersi yang dilakukan pemimpin diktator.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X