Polri: Terdapat 43 Kecelakaan dan 11.545 Pelanggaran Lalin pada H-1 Natal

Dari 43 jumlah kecelakaan tersebut terdapat enam orang dinyatakan meninggal dunia, tiga orang luka berat, dan sejumlah 69 orang mengalami luka ringan.

Polri: Terdapat 43 Kecelakaan dan 11.545 Pelanggaran Lalin pada H-1 Natal Potret Gerbang Tol Cikampek Utama | M. Risyal Hidayat/ANTARA

Mabes Polri mengungkapkan jumlah data kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada H-1 Hari Raya Natal 2022 atau pada Sabtu (24/12). Kabagpenum Polri Kombes Pol Nurul Azizah menyebut, terdapat total 43 kecelakaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Data kecelakaan lalin pada Sabtu 24 Desember 2022, sebanyak 43 kejadian," sebut Kombes Pol Nurul Azizah dilansir CNN Indonesia Minggu (25/12).

Terdapat total 43 kecelakaan pada H-1 Hari Raya Natal 2022 di Indonesia | GoodStats

Jika dirincikan, dari 43 jumlah kecelakaan tersebut terdapat enam orang dinyatakan meninggal dunia, tiga orang luka berat, dan sejumlah 69 orang mengalami luka ringan. Nurul mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi fisik dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan rekreasi libur Natal 2022.

"Manfaatkan rest area seefektif mungkin untuk beristirahat dan pastikan saldo uang elektronik mencukupi," kata Nurul.

Jumlah pelanggaran sepanjang H-1 Hari Raya Natal 2022 se-Indonesia | GoodStats

Selain data kecelakaan lalu lintas, Mabes Polri juga mengakumulasikan jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada H-1 Hari Raya Natal 2022. Berdasarkan pantauan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) terdapat total 11.545 pelanggaran yang terjadi dalam hari yang sama. Rinciannya, terdapat total 1.702 perkara pelanggaran lalu lintas dan 9.843 sisanya merupakan teguran secara humanis.

Polri sendiri telah melakukan giat Operasi Lilin 2022 untuk menjaga ketertiban selama periode libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) sejak 23 Desember lalu. Rencananya, Operasi Lilin 2022 akan berlangsung selama 11 hari dan diakhiri pada 3 Januari 2023.

"Kami laksanakan gelar 22 atau 23 Desember sampai 3 Januari dan tentunya kami semua akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik,” ucap Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dilansir Antara, Rabu (21/12).

“Semua dibahas mulai dari bagaimana mempersiapkan infrastruktur jalan agar mudik akhir tahun bisa berjalan baik, seperti pada waktu dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Fitri dan mudah-mudahan kali ini bisa lebih baik,” lanjutnya.

Pada Operasi lilin kali ini akan ada total 166.000 polisi yang diturunkan dengan jumlah 41.702 gereja dan ribuan titik lain yang akan menjadi sasaran utama operasi ini. Meski tidak ada pembatasan pada periode libur kali ini, Kapolri meminta masyarakat untuk tetap mengikuti ketentuan pada PPKM tingkat 1 agar tidak ada kenaikan kasus Covid-19 pasca-Nataru.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

WFA Jadi Sistem Kerja yang Paling Disukai Gen Z

Dalam laporan survei Jakpat terhadap 612 responden yang bekerja, ditemukan bahwa sebanyak 34% Gen Z di Indonesia lebih memilih bekerja secara WFA.

"Badarawuhi di Desa Penari" vs "Siksa Kubur", Mana yang Lebih Banyak Mendapatkan Penonton?

Perbedaan jumlah penonton antara kedua film ini mencerminkan variasi preferensi dan ekspektasi penonton terhadap genre horor yang beragam dan dinamis.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X