Daftar Dating Apps Terpopuler di Dunia, Kamu Biasa Pakai yang Mana?

Era globalisasi menciptakan kemudahan dalam berinteraksi, salah satunya dengan penggunaan aplikasi kencan online. Tinder menjadi pengguna terbanyak di dunia.

Daftar Dating Apps Terpopuler di Dunia, Kamu Biasa Pakai yang Mana? Tampilan aplikasi kencan online | Studio Romantic/Shutterstock

Pada era globalisasi tak lepas dari adanya kecanggihan teknologi yang semakin melesat. Hal ini terlihat jelas dari media yang semakin berkembang khususnya handphone yang disertai dengan fitur didalamnya, ya salah satunya sosial media. Melalui sosial media beserta akses yang luas dan cepat kita dapat berinteraksi dengan orang yang keberadaannya jauh bahkan menjadi ajang untuk mencari jodoh atau pendamping.

Tak jarang hanya dengan melihat foto profil dan kumpulan foto postingan orang yang ada di sosial media membuat tertarik hingga begitu mudahnya mengajaknya untuk berkenalan dan berinteraksi lebih lanjut. Bahkan, hanya dari sosial media saja dua insan yang awalnya tak saling kenal menjadi akrab dan kompak.

Hal ini juga didukung dengan maraknya aplikasi pencarian jodoh yang terkadang digunakan untuk mengusir kebosanan ataupun iseng saja hingga tak jarang juga berujung ke jenjang serius. Akibat dari pandemi menjadikan penggunaan aplikasi pencarian jodoh naik hingga 19 persen dan pada 2021 jumlah pengguna aplikasi kencan online sudah mencapai 323,9 juta di seluruh dunia.yang dilansir dari data businessofapps.com.

Data penggunaan aplikasi kencan online tahun 2021. Siti Hannah/Goodstats

Penggunaan aplikasi kencan online terjadi peningkatan sebesar 10,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 293,7 juta pengguna. Peningkatan penggunaan aplikasi kencan online paling banyak digunakan di dunia terjadi pada aplikasi Tinder, Badoo, Bumble, dan Tantan.

Aplikasi kencan online yang pertama kali diluncurkan tahun 2012 besutan Amerika Serikat, Tinder menjadi aplikasi kencan terpopuler dengan total 67 juta unduhan. Bahkan, pihak Tinder mengatakan dalam laporan The Future of Dating is Fluid bahwa pada tahun 2020 pengguna Tinder dengan jumlah geser profil tertinggi 3 miliar swipe dalam sehari dan menjadi tahun tersibuk dalam sejarahnya.

Sementara di posisi ke-2 diraih oleh aplikasi kencan online Badoo yang diluncurkan lebih dahulu daripada Tinder pada tahun 2006 memperoleh jumlah 35 juta unduhan. Disusul Bumble di posisi ke -3 dengan jumlah unduhan sebesar 22 juta.  Tantan berada di posisi ke-4 dengan jumlah sebesar 20 juta unduhan. Lalu, CuteU menempati posisi ke-5 dengan jumlah 18 juta unduhan.

Kemudian secara berutrutan dari posisi ke-6 hingga 10 pengguna aplikasi kencan online terbanyak di dunia terdiri dari Grindr (12 juta), Plenty of Fish (11,3 juta), Lamour (11,2 juta), dan Hinge (10 juta).

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Deretan Kota dengan Ekonomi Terbesar di Indonesia, Ada Kotamu?
Artikel Selanjutnya Soal Kesetaraan Gender, Laos dan Vietnam Justru Lebih Baik dari Indonesia
Konten Terkait