Pencarian Kata Kunci Terbanyak di Google Sepanjang 2023, Kata ‘Pick Me’ Tertinggi di Indonesia

Ini dia 10 kata kunci yang paling banyak ditelurusi dalam mesin pencari Google sepanjang tahun 2023.

Pencarian Kata Kunci Terbanyak di Google Sepanjang 2023, Kata ‘Pick Me’ Tertinggi di Indonesia Gambar mesin pencari Google | Pixabay

Sebuah kata kunci atau istilah yang paling banyak dicari dalam mesin pencarian Google faktanya dapat mencerminkan tren yang menjadi daya tarik para pengguna internet.

Terlebih lagi sebuah peristiwa dan fenomena kultur tren selalu silih berganti setiap tahunnya, baik secara global maupun dalam suatu negara.

10 kata kunci paling banyak dicari secara global dalam mesin pencarian Google 2023 | Goodstats

Berdasarkan laporan dari Similarweb, kata kunci (keyword) ‘Youtube’ tampaknya masih mempertahankan kedudukannya sebagai kata kunci yang paling banyak dicari dalam mesin pencarian Google sepanjang tahun 2023 secara global. Mengalahkan kata ataupun istilah pencarian lainnya selama tiga tahun berturut-turut.

Disusul oleh kata kunci ‘Facebook’ dan ‘Pornhub’ yang juga masih mempertahankan posisinya masing-masing dari tahun sebelumnya.

Dari 10 kata penelusuran Google teratas tersebut, dapat disimpulkan pula empat diantaranya mengarah ke situs milik Google, yaitu YouTube, Google Translate (termasuk kata ‘Translate’), dan Gmail. Hal ini tentu menjadi kemenangan besar bagi mesin pencari raksasa tersebut.

10 kata kunci paling banyak dicari pengguna Indonesia dalam mesin pencarian Google 2023 | Goodstats

Di Indonesia sendiri, berdasarkan laporan dari Google search page, kata kunci yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2023 oleh pengguna Indonesia adalah kata ‘Pick me’. Ada dua istilah pick me yang cukup populer di tahun 2023 ini, yaitu pick me boy dan pick me girl.

Disusul oleh kata ‘Skena’ pada posisi kedua yang merupakan singkatan dari tiga kata, yaitu Sua, cengKErama, kelaNA. Kata ini kerap digunakan untuk menyebut sekelompok anak muda yang suka bergaul dan bersua.

Kata kunci yang paling banyak dicari di posisi ketiga adalah ‘Catcalling’, merupakan istilah yang sering dikaitkan dengan perempuan sebagai korban perilaku pelecehan seksual secara verbal.

Kata ‘AI’ yang memiliki kepanjangan Artificial intelligence berada di posisi keempat, yaitu teknologi atau program kecerdasan buatan yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu menjawab dan mengikuti perintah dengan cerdas meniru kemampuan intelektual manusia.

Selanjutnya adalah kata ‘Cuaks’, populer dan banyak digunakan oleh para kreator konten dan pengguna media sosial. Cuaks sebenarnya tidak mempunyai arti khusus, tetapi sering digunakan sebagai penutup kalimat sindiran.

Lalu kata kunci ‘Rumbling’ yang merujuk pada kisah serangan Wall Titan dalam seri anime Attack on Titan sehingga kata ini populer di kalangan mereka yang gemar menonton anime.

Kata kunci ‘Inner Child’ menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Merupakan kata yang populer digunakan oleh para pengguna media sosial untuk mengekspresikan dirinya dalam melakukan suatu aktivitas layaknya anak-anak.

Kemudian ada kata kunci ‘ISPA’ atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut, merupakan infeksi akut yang menyerang salah satu komponen saluran pernafasan. Kata ini banyak digunakan di media sosial saat kualitas udara di beberapa wilayah Indonesia sedang menurun.

Urutan kesembilan ditempati oleh kata kunci ‘Hamas’, kata ini sempat ramai menjadi perbincangan dan menarik perhatian pengguna media sosial saat konflik antara Israel dan Palestina kembali memanas. Hamas sendiri merupakan organisasi politik dan militer nasionalis yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Terakhir, yaitu kata kunci ‘IKN’ dengan kepanjangan Ibu Kota Nusantara. Menjadi kata yang populer dan banyak dicari sejak Presiden Joko Widodo mensosialisasikan pembentukan Ibu Kota Baru di Kalimantan. IKN merupakan proyek monumental yang direncanakan menjadi pusat administrasi dan pemerintahan baru Indonesia.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Industri di ASEAN yang Paling Butuhkan Tenaga Kerja, Apa Saja?

Dari teknologi hingga finansial, berikut industri yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja di Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X