Pemilih Dalam Pemilu 2024 Didominasi Generasi Milenial dan Gen Z

Berdasarkan hasil rekapitulasi DPT, mayoritas pemilih didominasi dari kelompok generasi Z dan milenial

Pemilih Dalam Pemilu 2024 Didominasi Generasi Milenial dan Gen Z Gambar logo pemilu 2019 | Sukarman/Shutterstock

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebentar lagi akan diselenggarakan. Berbagai partai politik mulai mengusung bakal nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri selaku penyelenggara pesta rakyat terbesar di Indonesia telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024.

Melansir dari website resmi Komisi Pemilihan Umum, telah ditetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. DPT ini berdasarkan total rekapitulasi nasional pemilih dalam dan luar negeri. Berdasarkan hasil rekapitulasi DPT, mayoritas pemilih didominasi dari kelompok generasi Z dan milenial.

Tercatat sebanyak 66,8 juta pemilih dari generasi milenial, yang berarti 33,60% pemilih berasal dari generasi tersebut. Generasi milenial sendiri merupakan sebutan untuk orang yang lahir pada tahun 1980 hingga 1995.

Selain itu pemilih dari generasi Z tercatat sebanyak 46,8 juta pemilih, atau setara dengan 22,85% pemilih. Generasi Z atau Gen Z ini merupakan sebutan untuk orang yang lahir dari rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 200-an.

Jika diakumulasikan, pemilih dari generasi Z dan milenial ini berjumlah 113,6 juta orang. Jumlah pemilih muda ini mendominasi karena jumlahnya mencapai 56,45% dari total DPT Pemilu 2024.

Sedangkan jika dilihat dari segi jenis kelamin, jumlah pemilih laki-laki dan perempuan cenderung berimbang. Karena berdasarkan hasil rekapitulasi DPT Pemilu 2024 ini tercatat pemilih laki-laki sebanyak 102,22 juta atau 49,91% dan pemilih perempuan sebanyak 102,59 juta atau 50,09% pemilih. Meski memang pemilih perempuan lebih banyak 0,18% dibandingkan dengan pemilih laki-laki. Dengan total pemilih laki-laki dan perempuan sebanyak 204,60 juta.

Dari hasil rekapitulasi ini pula, Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak yang ada di pula Jawa maupun nasional. Total pemilih di provinsi ini mencapai 35,71 juta orang. Kemudian disusul oleh Jawa Timur yang berada di posisi kedua dengan jumlah sebanyak 31,40 juta pemilih. Yang diikuti oleh Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.

Selain itu melalui rapat Pleno Rekapitulasi DPT Tingkat Nasional Pemilu Tahun 2023 ini, Ketua Divisi Data dan Teknologi, Betty Epsilon Idroos menjelaskan dari total pemilih Pemilu 2024 tersebut tersebar di 823.532 tempat. Mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), TPS luar negeri, Kotak Suara Keliling (KSK), dan pemungutan suara via pos.

Betty juga menerangkan, total 204 juta pemilih ini telah ditetapkan oleh KPU setelah proses merekapitulasi hasil penetapan DPT yang dilakukan seluruh KPU Kabupaten/Kota dan Panitian Pemilihan Luar Negeri (PLLN) pada 20-21 Juni 2023.

Penulis: Fitri Nur Hidayah
Editor: Editor

Konten Terkait

Menilik Kembali Kabar Karhutla Di Indonesia

Sebagai negara dengan kawasan hutan mencapai 51,2% dari total daratan, kebakaran hutan menjadi sesuatu yang rentan terjadi.

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X