Pecinta Serangga Merapat! Inilah Daftar Serangga Terbesar di Dunia

Dilansir dari AZ Animals, ternyata masih ada beberapa jenis serangga yang terbilang cukup besar ukurannya. Berikut daftarnya.

Pecinta Serangga Merapat! Inilah Daftar Serangga Terbesar di Dunia Kupu-kupu. Sumber: ERA.ID

Dunia ini dipenuhi oleh berbagai makhluk hidup, salah satunya serangga. Serangga telah menghuni bumi ini lebih dari ratusan juta tahun yang lalu.

Serangga-serangga yang banyak jenisnya ini tentu berevolusi seiring dengan waktu, terbukti dengan ukuran serangga yang kini semakin mengecil.

Secara umum, serangga memang hewan yang memiliki ukuran relatif kecil dalam kelompok hewan udara karena ukuran pipa udaranya yang terbatas.

Berakitan dengan evolusi tadi, ketika zaman dahulu pasokan oksigen masih terbilang besar, ukuran serangga- serangga yang hidup pun pasti lebih besar dari saat ini.

Namun, apakah saat ini masih ada serangga-serangga dengan ukuran besar yang hidup di bumi?

Dilansir dari AZ Animals, ternyata masih ada beberapa jenis serangga yang terbilang cukup besar ukurannya. Berikut daftarnya.

1. Lalat Mydas

Mydas adalah keluarga besar lalat yang dapat terbang gesit meskipun ukurannya terbilng cukup besar. Salah satu spesies dari Mydas dengan nama ilmiah pahlawan Gauromydas memiliki panjang yang mencapai 7,1 cm dengan lebar sayap yang hampir selebar 10 cm. Dengan ukuran tersebut, lalat ini adalah lalat terbesar di dunia. Serangga ini juga suka memakan lalat lain dan meminum nektar.

2. Tawon Laba-laba

Dikenal dengan sebutan Tarantula Hawk, serangg ini memiliki kecenderungan untuk memangsa tarantula. Fase dewasa dari tawon ini dapat berukuran 6,8 cm untuk panjangnya dan lebar sayapnya yang mencapai 11 cm. Tawon ini dapat melumpuhkan mangsanya yaitu tarantula dengan sengatnya lalu membawa buruannya ke sarang mereka.

3. Belalang Tropidakris

Tersebar dan dapat ditemukan di wilayah Amerika Tengah dan Selatan, belalang ini memiliki ukuran tubuh sebesar 12 cm. Tentu merupakan ukuran yang besar bila dibandingkan dengan belalang pada umumnya. Tropidakris ini merupakan genus belalang yang terdiri dari tiga spesies berbeda.

4. Kupu-kupu Sayap Burung Ratu Alexandra

Kupu-kupu dengan ukuran besar yang ada di bumi ini tentu sangat banyak contohnya, seperti kupu-kupu bersayap burung layang-layang Jamaika dan sayap burung Rippon. Namun, kupu-kupu sayap burung Ratu Alexandra ini adalah kupu-kupu terbesar di antara yang lainnya. Kupu-kupu ini dinamai untuk menghormati Ratu Alexandra, yaitu istri Raja Edward VII dari Inggris. Kupu-kupu betina dari jenis ini memiliki ukuran tubuh mencapai 7,6 cm dengan lebar sayap sebesar 27 cm. Jantannya memiliki sayap selebar 15-20 cm, dengan bentuk yang lebih bersudut dan lebih tipis.

5. Weta Raksasa

Weta adalah kelompok jangkrik besar yang tidak bisa terbang. Hewan endemik yang berasal dari Selandia Baru ini dapat tumbuh hingga 10 cm dan beratnya yang melebihi jangkrik pada umumnya, yaitu sekitar 2,5 ons atau setara dengan 70 gram.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ular-ular Mematikan di Dunia, Racunnya Bisa Melelehkan Daging Manusia

Dilansir dari A-Z Animals, berikut daftar lima ular yang paling berbahaya

Tanaman-tanaman Langka di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dilansir dari rarest.og, berikut beberapa daftar tumbuhan yang keberadaannya kini dinyatakan langka

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook