GoodStats
Pencarian
Masuk

Negara Peraih Juara Umum SEA Games Terbanyak

Asia Tenggara tengah merayakan pesta olahraga terbesar yakni SEA Games ke-31 Hanoi, Vietnam. Hingga saat ini, siapa peraih juara umum SEA Games terbanyak?.

Negara Peraih Juara Umum SEA Games Terbanyak SEA Games ke-31 Hanoi 2021 | sf_freelance/Shutterstock

Saat ini tengah berlangsung gelaran Southeast Asian Games (SEA Games) ke-31 tahun 2021 dengan Vietnam sebagai tuan rumah. SEA Games 2021 Hanoi ini berlangsung sejak tanggal 12 dan akan berakhir pada 23 Mei 2022 mendatang. Mengangkat tema For A Stronger Southeast Asia, terdapat sebanyak 5.467 atlet yang akan bertanding dalam 49 cabang olahraga SEA Games kali ini.

Awal mulanya, gelaran ini bernama Southeast Asia Peninsular Games (SEAP Games) yang berarti Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara. SEAP Games pertama berlangsung pada tahun 1959 dengan beranggotakan enam negara sebagai peserta. Negara-negara tersebut di antaranya ialah Thailand, Myanmar, Malaysia, Laos, Vietnam, dan Kamboja.

Tahun 1975, SEAP Games baru berubah menjadi SEA Games. Indonesia dan Filipina kemudian dipertimbangkan untuk masuk pada tahun 1977. Di samping itu, Brunei Darussalam bergabung pada tahun 1979 dan Timor Leste menjadi anggota terbaru yang bergabung pada tahun 2003.

Sejak penyelenggaraan perdananya pada tahun 1959, baru ada enam negara dari total 11 negara di kawasan Asia Tenggara yang berhasil menjuarai pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara hingga saat ini.

Thailand menjadi negara peraih juara umum SEA Games terbanyak sejak penyelenggaraan perdananya hingga saat ini. Adapun total gelar juara umum yang berhasil dikoleksi Thailand ialah sebanyak 13 kali dengan prestasi terbaru ditorehkan pada tahun 2015.

Koleksi gelar juara umum SEA Games negara-negara Asia Tenggara | Siti Hannah/GoodStats

Meskipun baru bergabung pada tahun 1977, Indonesia berhasil meraih posisi ke-2 dengan total 10 kali memenangkan gelar juara umum SEA Games. Adapun Indonesia berhasil memenangkan gelar juara umum SEA Games pertama pada tahun 1977 saat pertama kali bergabung dan prestasi terakhir Indonesia sebagai juara umum SEA Games diraih tahun 2011.

Sementara itu, Myanmar, Filipina, dan Malaysia menyusul di posisi berikutnya dengan raihan sama masing-masing dua kali memenangkan gelar juara umum SEA Games.

Terakhir, Vietnam mengoleksi sebanyak satu gelar juara umum SEA Games hingga saat ini tepatnya pada tahun 2003 dan berpotensi besar meraih kembali gelar juara umum pada gelaran tahun ini sebagaimana Vietnam saat ini tengah berada di puncak klasemen sementara.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Negara dengan Megabiodiversitas Terbesar di Dunia
Artikel Selanjutnya Menilik Anggaran Kesehatan Indonesia Tahun 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook