Negara Peraih Gelar Juara Uber Cup Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Di tengah ingar-bingar gelaran Uber Cup 2022 yang berlangsung hingga 15 Mei 2022, berikut merupakan daftar negara peraih gelar juara terbanyak sepanjang masa.

Negara Peraih Gelar Juara Uber Cup Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa? Bilqis Prasista pemain tunggal putri Indonesia dalam pertandingan Uber Cup 2022 | PBSI

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1957 hingga 1958, Uber Cup telah berlangsung sebanyak 29 kali dengan gelaran teranyar ialah pada tahun ini. Thailand menjadi tuan rumah gelaran Uber Cup 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 15 Mei 2022 mendatang.

Salah seorang pemain tunggal putri kebanggaan tanah air, Bilqis Prasista yang merupakan peringkat ke-333 dunia menjadi sorotan setelah berhasil mengalahkan peringkat ke-1 dunia asal Jepang yakni Akane Yamaguchi pada pertandingan Uber Cup 2022.

Sayangnya, langkah tim bulutangkis putri Indonesia harus terhenti di babak perempat final setelah kalah dari China dengan skor 0-3 pada hari Kamis (12/5/2022). Namun raihan ini tetap menjadi catatan positif, sebab tim Indonesia yang didominasi oleh pemain muda serta debutan telah menunjukkan performa terbaiknya melawan pemain dengan peringkat tinggi.

Tentunya bukan hal yang mudah bagi tim Merah Putih, terlebih China menurunkan amunisi terbaiknya dalam Uber Cup 2022 terdiri dari para pemain besar seperti Chen Yu Fei yang merupakan peraih emas pada Olimpiade 2020 atau pasangan ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang menduduki peringkat ke-1 di dunia.

Performa gahar dari China selaras dengan prestasinya sebagai negara peraih gelar juara Uber Cup terbanyak sepanjang sejarah. Mengutip dari Badminton World Federation (BWF), hingga saat ini China telah mengoleksi 15 gelar juara Uber Cup setelah berhasil menjadi juara pada gelaran tahun lalu.

Negara peraih gelar juara Uber Cup terbanyak sepanjang sejarah | GoodStats

Sementara itu Jepang menempati posisi ke-2 dengan total 6 gelar juara Uber Cup. Prestasi terakhir Jepang dalam ajang Uber Cup diraih pada tahun 2018 di mana saat itu Thailand juga menjadi tuan rumah.

Indonesia berhasil menempati posisi ke-3 dengan total 3 gelar juara Uber Cup hingga saat ini. Adapun gelar juara berhasil diraih pada gelaran Uber Cup tahun 1974-1975, 1994, dan 1996. Dua musim di antaranya diselenggarakan di Indonesia yakni pada tahun 1974-1975 dan 1994, sementara itu Hong Kong menjadi tuan rumah pada Uber Cup tahun 1996.

Di sisi lain, Amerika Serikat juga mencetak total 3 gelar juara dan Korea Selatan berada di posisi berikutnya dengan total 1 gelar juara Uber Cup.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mendulang Optimisme Indonesia Pertahankan Juara Thomas Cup 2022
Artikel Selanjutnya Melihat Angka Pergerakan Pemudik Angkutan Umum Selama H-7 Hingga H+5 Lebaran
Konten Terkait