Negara Penanam Modal Asing Terbesar di Indonesia Tahun 2021

Realisasi investasi di Indonesia sepanjang tahun 2021 berhasil melampaui target. Penanaman modal asing menjadi salah satu sumber perolehan investasi Indonesia.

Negara Penanam Modal Asing Terbesar di Indonesia Tahun 2021 Ilustrasi kesepakatan kerja sama antar 2 pihak | PaeGAG/Shutterstock

Realisasi investasi di Indonesia pada tahun 2021 berhasil melampaui target, baik target yang ditetapkan secara khusus oleh Presiden Joko Widodo maupun target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Mengutip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), capaian realisasi investasi Indonesia sepanjang tahun 2021 mencapai Rp901,02 triliun. Angka ini melampaui 100,1 persen target dari presiden yakni sebesar Rp900 triliun serta 104,8 persen target RPJMN yakni sebesar Rp858,5 triliun.

Realisasi investasi Indonesia berasal dari 2 sumber yakni Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Pada periode Januari hingga Desember 2021, sebesar Rp447 triliun atau 49,6 persen realisasi investasi Indonesia berasal dari PMDN, sementara sisanya sebesar Rp454 triliun atau 50,4 persen berasal dari PMA.

Pertumbuhan realisasi investasi PMA pada triwulan IV tahun 2021 dinyatakan naik secara signifikan. Dibandingkan dengan triwulan III tahun 2021, kenaikan PMA triwulan IV tahun 2021 mencapai 18,5 persen. Sementara bila dibandingkan secara year-on-year (YoY), PMA periode kali ini naik sebesar 10,1 persen.

Bahlil Lahadalia selaku Menteri Investasi/Kepala BKPM mengungkapkan bahwa situasi ekonomi global mulai pulih, namun investasi PMA mampu tumbuh 10 persen dibandingkan tahun 2020. Hal ini merupakan hasil kerja keras tim Kementerian Investasi serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Optimisme Realisasi Investasi Indonesia di Tengah Pandemi

Singapura konsisten jadi investor terbesar Indonesia

Sepanjang tahun 2021, Singapura tercatat sebagai negara penanam modal asing terbesar di Indonesia. Adapun total nilai investasi yang ditanamkan Singapura ke Indonesia mencapai 9,4 miliar dolar AS pada Januari hingga Desember 2021. Angka ini memenuhi 30,2 persen realisasi investasi Indonesia.

Negara asal PMA terbesar di Indonesia tahun 2021 | GoodStats

Pada kuartal IV, Singapura tercatat menggelontorkan dana investasi sebesar 2,1 miliar dolar AS. Adapun total proyek investasi Singapura di Indonesia mencapai 6.934 proyek. Jumlah proyek ini menjadi yang terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya.

Dalam kurun waktu 5 tahun terhitung dari 2016 hingga 2021, Singapura secara konsisten mempertahankan peringkat pertama negara asal PMA dengan nilai investasi terbesar di Indonesia. Nilai investasi yang ditanamkan cenderung konsisten meski sempat mengalami penurunan hingga 6,5 miliar dolar AS pada tahun 2019.

Adapun capaian nilai investasi Singapura tertinggi di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun ke belakang ialah pada tahun 2020. Nilai investasi Singapura terhadap Indonesia pada tahun tersebut mencapai 9,8 miliar dolar AS.

Menyusul di posisi ke-2, Hongkong tercatat menanamkan modal di Indonesia sebesar 4,6 miliar dolar AS pada periode Januari hingga Desember 2021. Adapun total proyek yang dibangun Hongkong di Indonesia mencapai 1.418 proyek.

Sementara itu, China menempati posisi ke-3 dengan total nilai investasi sebesar 3,1 miliar dolar AS. Total proyek yang dibangun China di Indonesia tercatat mencapai 1.806 proyek, lebih tinggi dibandingkan jumlah proyek Hongkong.

Posisi ke-4 diraih oleh Amerika Serikat dengan nilai investasi sebesar 2,5 miliar dolar AS sepanjang tahun 2021. Adapun jumlah proyek Amerika Serikat di Indonesia ialah sebanyak 824 proyek. Amerika Serikat muncul sebagai pendatang baru dalam 5 besar negara asal PMA terbesar di Indonesia.

Pada triwulan IV tahun 2021, Amerika Serikat merangkak ke posisi 3 penanam modal asing terbesar di Indonesia dengan nilai investasi sebesar 1,2 miliar dolar AS. Nilai investasi Amerika Serikat diprediksi akan terus meningkat pada tahun 2022.

Kemudian, Jepang berada di posisi ke-5 dengan total nilai investasi sebesar 2,2 miliar dolar AS. Dari segi jumlah proyek, Jepang termasuk ke dalam negara dengan jumlah proyek besar di Indonesia yakni sebanyak 3.623 proyek sepanjang tahun 2021.

Realisasi investasi didominasi pada sektor Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin, dan Peralatannya dengan total sebesar Rp117,5 triliun. Nilai investasi di sektor ini hampir imbang dengan sektor Perumahan, Kawasan Industri, dan Perkantoran dengan nilai sebesar Rp117,4 triliun.

Lebih lanjut, Bahlil mengungkapkan bahwa hal ini merupakan sentiment positif dari negara lain terhadap Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK). Tren ini harus dijaga dengan baik dan inilah bukti bahwa UUCK sangat penting agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa semakin membaik pada tahun 2022 dan seterusnya.

Menilik Ambisi Indonesia dalam Industri Kendaraan Listrik

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Petenis Rebut 3 Besar Atlet Wanita dengan Pendapatan Tertinggi 2021
Artikel Selanjutnya Tokopedia Kuasai Takhta Marketplace di Indonesia
Konten Terkait