Negara-Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Dilansir dari Insider Monkey, berikut adalah negara-negara yang memiliki jumlah bahasa terbanyak di dunia

Negara-Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia Ilustrasi Komunikasi. Sumber: Verywell Mind

Bahasa adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan manusia. Berdasarkan definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa tentu merupakan hal yang penting, karena dengan bahasa, manusia bisa saling memahami maksud satu sama lainnya.

Munculnya ragam bahasa yang ada di dunia membuktikan bahwa bahasa juga termasuk ke dalam salah satu unsur kebudayaan. Para antorpolog yang bertujuan meneliti suatu wilaya atau pun suatu suku, pasti akan mempelajari terlebih dahulu bahasa yang mereka gunakan sebagai sarana untuk memahami satu sama lain dan mengekspresikan diri sehingga dapat dengan mudah masuk ke kelompok tersebut. Bahasa juga bersifat untuk dan khas, artinya setiap bahasa tentu memiliki keunikan dan ciri khas yang dimilikinya agar dapat menjadi gambaran bagi suatu kebudayaan dalam suatu kelompok masyarakat.

Dengan dinamis dan variasi bahasa di dunia, ada beberapa negara di dunia yang memiliki jumlah bahasa terbanyak. Dilansir dari Insider Monkey, berikut adalah negara-negara yang memiliki jumlah bahasa terbanyak di dunia.

  1. Papua Nugini

Setelah kemerdekaannya, Papua Nugini memiliki tiga bahasa resmi yaotu Bahasa Inggris, Tok Pisin (Bahasa Kreol), dan Hiri Motu. Namun, total bahasa resmi yang dimiliki negara ini kini mencapai 840 bahasa dengan populasi penutur yang beragam.

  1. Indonesia

Dengan banyaknya suku dan budaya di Indonesia, tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia termasuk ke dalam salah satu daftar negara dengan bahasa terbanyak. Total bahasa resmi yang dimiliki oleh Indonesia adalah 712 bahasa, dengan bahasa resminya yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa yang terkenal ddi Indonesia adalah bahasa Jawa dengan 75 juta penutur dan bahasa Sunda dengan lebih dari 30 juta penutur.

  1. Nigeria

Nigeria termasuk ke dalam salah satu negara multibahasa. Negara ini memiliki total bahasa resmi sejumlah 527. Bahasa resmi yang digunakan di Nigeria adalah Bahasa Inggris. Namun, bahasa yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Hausa. Selain itu, bahasa lain yang banyak digunakan adalah Yoruba, Igbo, Fulfude, Kanuri, dan Tiv.

  1. India

Memiliki 22 bahasa resmi yang diakui, India termasuk ke dalam negara multibahasa di dunia. Total bahasa resmi yang dimiliki negara ini adalah 391 dengan Bahasa Hindi yang paling banyak digunakan. Bahkan, Bahasa Hindi banyak digunakan menjadi bahasa pertama dengan lebih dari 57% penduduknya adalah penutur.

  1. Amerika Serikat

Bahasa utama yang tentu digunakan di Amerika Serikat adalah Bahasa Inggris. Di negara ini, sekitar 78% populasinya menggunakan bahasa Inggris. Menduduki urutan kelima sebagai negara yang diakui multibahasa, Amerika Serikat memiliki total bahasa resmi yang mencapai 350 bahasa dengan Bahasa Spanyol sebagai bahasa non-Inggris yang paling banyak digunakan.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara Paling Berbahaya Berdasarkan Jumlah Kasus Pembunuhan

Rupanya, mayoritas negara-negara tersebut berasal dari Kepulauan Karibia.

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X