Negara ini Punya Biaya Parkir Mobil Termahal, Bagaimana dengan Indonesia?

Biaya parkir kerap kali menjadi keluhan bagi sebagian masyarakat. Negara-negara ini memiliki biaya parkir sangat tinggi mencapai ratusan ribu rupiah per jam.

Negara ini Punya Biaya Parkir Mobil Termahal, Bagaimana dengan Indonesia? Potret parkiran mobil | Alexander Steamaze/Shutterstock

Seringkali biaya parkir menjadi masalah yang dikeluhkan oleh banyak masyarakat. Namun bila dibandingkan dengan beberapa negara berikut, biaya parkir di Indonesia justru dapat dikategorikan murah.

Berdasarkan data dari The National News dikutip dari Sindonews.com, banyak negara yang mematok biaya parkir sangat tinggi hingga mencapai 354,75 persen di atas rata-rata. Biaya parkir tertinggi bahkan hampir menyentuh angka Rp500 ribu.

Daftar negara dengan biaya parkir tertinggi di dunia tahun 2022 | Siti Hannah/GoodStats

Amerika Serikat mencatatkan rekor sebagai negara dengan biaya parkir termahal di dunia terutama di New York. Adapun kisaran rata-rata biaya parkir yang dipatok ialah sebesar Rp439 ribu di pusat perbelanjaan. Sementara itu, biaya parkir di stadion dipatok lebih mahal yakni mencapai Rp483 ribu.

Australia menempati posisi ke-2 dengan biaya parkir rata-rata sekitar Rp395 ribu untuk 2 jam. Artinya, dalam 1 jam, warga Australia harus mengeluarkan biaya sekitar Rp180 ribu untuk parkir.

Posisi ke-3 ditempati oleh Inggris khususnya di London dengan rata-rata biaya parkir sebesar Rp159 ribu per jam. Sementara itu, Prancis berada di posisi ke-4 dengan biaya parkir rata-rata sebesar Rp62.263 per jam dan Jerman di posisi ke-5 dengan rata-rata sebesar Rp60 ribu per jam.

Sementara itu, Indonesia sendiri rata-rata mematok biaya parkir sebesar Rp3 ribu per jamnya. Meskipun berbeda-beda di setiap wilayah, biaya parkir yang dipatok di tanah air masih lebih murah dibandingkan daftar negara di atas.

Penerapan sistem penarikan biaya parkir di Indonesia pun bervariasi, ada yang mengenakan tarif per jam dan ada pula yang mengenakan biaya flat atau tetap. Untuk sepeda motor, biaya parkir termurah yang dikenakan ialah sebesar Rp1 ribu sementara itu untuk mobil ialah sebesar Rp 2 ribu.

Di sisi lain, ada pula yang menetapkan biaya parkir mencapai Rp10 ribu dan berjenjang pada kategori atau kelas tertentu seperti parkir VIP atau VVIP yang umumnya memiliki biaya jauh lebih tinggi dari rata-rata biaya parkir di Indonesia. Adapun parkir VIP dan VVIP biasanya disediakan bersama layanan valet parking.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Berapa Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tiap Tahun?
Artikel Selanjutnya Seberapa Rendah Latensi Internet untuk Game Online di Indonesia?
Konten Terkait