Negara dengan Persentase Penduduk Muslim Tertinggi di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Masih dalam semangat merayakan bulan suci Ramadhan 1443 H, berikut merupakan daftar negara dengan persentase umat muslim tertinggi di dunia.

Negara dengan Persentase Penduduk Muslim Tertinggi di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? Potret umat muslim beribadah | Dollydoll29/Shutterstock

Saat ini kita telah memasuki bulan suci Ramadhan tahun 1443 Hijriah. Bulan ini menjadi peringatan penting dan istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia yang dirayakan dengan melaksanakan puasa selama 1 bulan penuh.

Agama Islam merupakan agama dengan jumlah penduduk terbanyak ke-2 di dunia yang memilik total pemeluk mencapai 1,91 miliar orang. Para peneliti populasi memperkirakan Agama Islam akan hampir menyusul Kristen pada tahun 2050 mendatang.

Beberapa daftar negara berikut memiliki persentase populasi umat muslim terbesar di dunia. Maladewa menduduki peringkat pertama dengan persentase umat muslim tertinggi di dunia yakni sebesar 100 persen. Artinya, seluruh penduduk di Maladewa merupakan umat muslim.

Negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia berdasarkan persentase | Siti Hannah/GoodStats

Sementara itu Mauritania menempati posisi ke-2 dengan persentase umat muslim sebesar 99,9 persen.

Somalia menempati posisi ke-3 dengan persentase sebesar 99,8 persen, disusul Tunisia di posisi ke-4 dengan persentase serupa. Afghanistan kemudian meraih posisi ke-5 dengan persentase sebesar 99,7 persen.

Berikutnya, secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-10 ditempati oleh Aljazair (99,7 persen), Iran (99,4 persen), Sahara Barat (99,4 persen), Yaman (99,2 persen), dan Maroko (99 persen).

Daftar 10 negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia berdasarkan persentase rata-rata didominasi oleh negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Sub-Sahara. Persentasenya bukan main memiliki rata-rata di atas 90 persen.

Di sisi lain, Indonesia menempati peringkat ke-35 negara dengan persentase umat muslim tertinggi di dunia yakni sebesar 86,7 persen. Artinya, sebesar 86,7 persen penduduk di Indonesia memeluk Agama Islam.

Meskipun persentasenya tidak setinggi negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, total jumlah penduduk muslim Indonesia berhasil menjadi yang terbanyak di dunia menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC). Adapun total penduduk muslim Indonesia mencapai 231,06 juta pada tahun 2021.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X