Menilik Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Institusi Negara

Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan TNI sebagai institusi yang paling dipercaya masyarakat dibandingkan institusi Presiden.

Menilik Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Institusi Negara Ilustrasi Tentara Indonesia | Christina Desitriviantie/Shutterstock

Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada 9 Januari 2022 menunjukkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai institusi yang paling dipercaya masyarakat. Uniknya tingkat kepercayaan terhadap TNI lebih tinggi dibanding institusi Presiden.

Indeks penurunan terjadi pada tingkat kepercayaan masyarakat sebesar 2,1 persen, dibandingkan dengan survei sebelumnya di bulan November 2021.

Ada sebanyak 27 persen responden mengaku sangat mempercayai TNI. Kemudian 65 persen responden merasa cukup percaya, 6 persen responden mengaku tidak memercayai TNI.

Tingkat Kepercayaan Terhadap Institusi Negara 2022 | GoodStats

Kepercayaan kepada TNI sebesar 92 persen, institusi Presiden 82,7 persen, disusul institusi Polri di posisi 3 dengan persentase 74,1 persen.

Kemudian di peringkat keempat dan kelima terdapat institusi Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) dengan tingkat kepercayaan sebesar 71,7 persen dan Kejaksaan sebesar 74,1 persen.

Tingkat kepercayaan masyarakat diperingkat terbawah diisi oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebesar 64 persen, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 61,3 persen, dan Partai Politik (Parpol) 52,9 persen.

Survei yang dilansanakan pada 6-11 Desember 2021 ini melibatkan 1.220 responden dari warga negara Indonesia (WNI) yang mempunyai hak pilih di pemilihan umum (Pemilu) dan berusia 17 tahun atau lebih.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan total sampel 2.020 responden, yang tersebar di 34 provinsi serta penambagan 800 responden di Jawa Timur. Survei dilakukan dengan melakukan wawacara tatap muka. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei sekitar kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Indonesia Poros Startup Unicorn Asia Tenggara 2021, Bersanding dengan Singapura
Artikel Selanjutnya Apa Tagar yang Paling Sering Dipakai Pengguna Instagram?
Konten Terkait