Mengintip Jumlah Pesawat Tempur Negara ASEAN 2022

Indonesia berencana mendatangkan sejumlah unit pesawat tempur baru ke tanah air sebagai bagian untuk memperkuat armada kekuatan militer udara Indonesia.

Mengintip Jumlah Pesawat Tempur Negara ASEAN 2022 Ilustrasi pesawat tempur | ffly/Shutterstock

Pesawat tempur menjadi salah satu armada kekuatan militer udara Indonesia yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Keberadaan pesawat tempur berfungsi untuk menjaga kedaulatan negara di wilayah udara. Mengutip dari Global Fire Power (GFP), hingga saat ini Indonesia tercatat memiliki pesawat tempur sejumlah 41 unit.

Bagi kondisi geografis Indonesia yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang padat, jumlah pesawat tempur yang dimiliki Indonesia masih tergolong sedikit. Oleh karena itu, Indonesia akan mendatangkan 42 unit pesawat tempur jenis Rafale dengan anggaran sebesar Rp116 triliun dan 36 unit F-15 senilai Rp200 triliun.

Koleksi pesawat tempur negara-negara ASEAN tahun 2022 | Angelia/GoodStats

Adapun di kawasan Asia Tenggara, Singapura menduduki peringkat pertama negara dengan koleksi pesawat tempur terbanyak pada tahun 2022 dengan jumlah sebanyak 100 unit. Posisi ke-2 diraih oleh Vietnam dengan total 75 unit pesawat tempur.

Bersaing tipis dengan Vietnam, Thailand menempati posisi ke-3 dengan jumlah pesawat tempur sebanyak 74 unit. Myanmar menyusul di posisi ke-4 dengan 55 unit pesawat tempur.

Indonesia saat ini menduduki posisi ke-5 dan dengan adanya penambahan jumlah koleksi pesawat tempur, Indonesia diprediksi dapat memimpin koleksi pesawat tempur terbanyak di antara negara-negara ASEAN dalam kurun waktu mendatang.

Kemudian, Malaysia berada di posisi ke-6 dengan total 26 unit pesawat tempur. Sementara negara-negara ASEAN lainnya yakni Filipina, Kamboja, dan Laos hingga saat ini tercatat belum memiliki unit pesawat tempur.

Naik 1 Tingkat, Kekuatan Militer RI Nomor 15 Dunia dan 1 di ASEAN 2022

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Negara Paling Tidak Aman untuk Wanita

Afghanistan memperoleh indeks WPS sebesar 0,286, menjadikannya negara paling tidak aman untuk wanita.

Deretan Negara Penghasil Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

UN Environment Programme mengestimasi 630,96 juta ton sampah makanan dihasilkan secara global tiap tahunnya. Tiongkok menjadi penyumbang terbesar dengan 17,22%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X