Menghabiskan Masa Tua Setelah Pensiun, Wilayah Mana yang Kamu Pilih?

Masa tua, masa yang diharapkan bisa dihabiskan dengan indah oleh banyak orang. Tempat tinggal merupakan salah satu pertimbangannya.

Menghabiskan Masa Tua Setelah Pensiun, Wilayah Mana yang Kamu Pilih? Ilustrasi Masa Tua. Sumber: Freepik

Mempersiapkan kehidupan setelah pensiun merupakan hal yang tidak banyak dilakukan oleh orang-orang. Masa tua merupakan masa ketika kita seharusnya menikmati apa yang sudah kita dapatkan sebagai hasil jerih payah di masa muda. Persiapan masa tua yang cukup sederhana adalah tinggal bersama keluarga besar, dikelilingi oleh kasih keluarga. Tempat tinggal di masa tua ternyata merupakan sesuatu yang dapat dipertimbangkan untuk dipersiapkan. Berdasarkan survei dari Populix, 74% responden lebih memilih untuk menghabiskan masa tua di pedesaan, dan 26% sisanya memilih perkotaan. Di Indonesia, ternyata ada wilayah-wilayah pilihan yang dianggap cocok untuk menghabiskan masa tua. Berikut daftarnya.

  1. Bali

Sumber: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Survei menyatakan bahwa Bali menempati posisi pertama sebagai tempat idaman untuk menghabiskan masa tua. Terkenal sebagai pulau dengan daya tarik wisatawan yang tinggi, orang-orang yang ingin menghabiskan masa tuanya di sana bisa menyesuaikan wilayah tempat tinggalnya dengan keinginannya. Contohnya bila ingin menghabiskan masa tua di area yang masih hijau, banyak sawah-sawah, Ubud menjadi pilihan yang tepat.

  1. Yogyakarta

Sumber: Dinas Pariwisata Kota Jogja

Peringkat kedua ditempati oleh Yogyakarta. Kota ini menawarkan lingkungan yang damai, keramahan dari masyarakatnya, dan budaya yang masih kental sebagai pilihan untuk menimkati masa tua. Biaya hidup di Yogyakarta pun terbilang cukup murah sehingga menjadi pilihan yang tepat.

  1. Bandung

Sumber: DW

Bandung menempati posisi ketiga sebagai kota pilihan untuk menikmati masa tua. Sebagai daerah perkotaan, Bandung masih memiliki udara yang cukup dingin. Fasilitas seperti rumah sakit, tempat berbelanja, dan tempat wisata sangat mudah ditemukan di Bandung. Namun, ada juga beberapa wilayah di Bandung yang memang masih asri dan jauh dari riuhnya perkotaan. Wilayah tersebut bisa dipilih sebagai tempat menghabiskan masa tua bila masih menginginkan keindahan alam di kota ini.

  1. Malang

Sumber: geotimes

Di posisi keempat ada Malang, salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Kota ini merupakan kota yang paling popular di Jawa Timur mengingat banyak destinasa wisata yang menjadi perhatian wisatawan. Namun, Malang juga menawarkan berbagai hal lain untuk dapat dinikmati di masa tua, seperti biaya hidup yang relatif cukup murah, dan  kota modern yang tidak terlalu besar.

  1. Jakarta

Sumber: iStock

Di posisi kelima ada Jakarta, kota metropolitan Indonesia yang ternyata menjadi salah satu tujuan untuk menjadi tempat tinggal di masa tua. Jakarta menawarkan keadaan perkotaan yang modern dan besar. Maka dari itu, berbagai fasilitas terdapat di Jakarta yang dapat mempermudah masa tua.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kini Angka Buta Huruf RI Tak Capai 1%?

Pertumbuhan angka melek huruf Indonesia menunjukkan progres dan komitmen menjemput kesejahteraan melalui pendidikan.

"Agak Laen" Tembus 6 Juta Penonton, Masuk 10 Film Indonesia Terlaris

Agak Laen masuk ke dalam 10 film terlaris di Indonesia dan film paling sukses di awal tahun 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook