Simak Perkembangan Jumlah Atlet Indonesia di Paralimpiade

42,8% atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 adalah wanita. Jumlah atlet tanah air kali ini menjadi kerahan terbanyak sepanjang sejarah Indonesia.

Simak Perkembangan Jumlah Atlet Indonesia di Paralimpiade Pakaian Atlet Indonesia dalam Pembukaan Paralimpiade Paris 2024 | IKAT Indonesia

Gelaran Paralimpiade Paris 2024 akan berlangsung setelah pelaksanaan Olimpiade Paris 2024. Ajang ini merupakan acara olahraga internasional yang dirancang untuk atlet-atlet penyandang disabilitas.

Paralimpiade tidak hanya menawarkan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga tingkat internasional, tetapi juga berkomitmen untuk membuat pesta olahraga menjadi acara yang inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak.

Paralimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari tanggal 28 Agustus hingga 8 September 2024. Acara pembukaan Paralimpiade 2024 diadakan di Place de la Concorde, sebuah landmark ikonik di Paris, Prancis. Sementara itu, acara penutupan Paralimpiade kali ini akan diadakan di Stade de France.

Paralimpiade Paris 2024 dihadiri oleh 169 negara yang mengikuti 549 disiplin dalam 22 cabang olahraga. Indonesia juga turut berpartisipasi dalam Paralimpiade Paris 2024. Pelepasan atlet Indonesia ini dilakukan di Paralympic Training Center Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis (15/8).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bahwa persiapan Indonesia telah dilaksanakan dengan matang dan ditargetkan akan meraih medali emas sehingga mampu mengumandangkan Indonesia Raya.

"Kemenpora mengapresiasi NPC Indonesia yang konsisten meraih prestasi di ajang nasional dan internasional. Program kerja yang terus diperkuat ini memastikan Merah Putih berkibar di kancah dunia termasuk di Paralimpiade 2024 Paris," kata Dito dalam Kemenpora.

Kerahan Atlet Indonesia Terbanyak Sepanjang Sejarah!

Perkembangan jumlah atlet Indonesia di Paralimpiade, 2012-2024 | GoodStats

Indonesia kali ini mengerahkan 35 atlet untuk berlaga di Paris. Atlet-atlet ini akan bertanding di 39 disiplin pada 10 cabang olahraga. Jumlah atlet tahun ini pun menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Indonesia di Paralimpiade.

"NPC Indonesia juga sudah mengamankan 35 tiket untuk tampil di Paralimpiade 2024, naik signifikan dibanding 4 tahun lalu yang sebanyak 23 atlet. Kenaikan 12 atlet untuk Paralimpiade bukan jumlah yang biasa, tapi sangat luar biasa," tambah Dito.

Pakaian Atlet di Pembukaan Paralimpiade 2024

Pada saat upacara pembukaan nanti, Indonesia akan menggunakan busana spesial bertajuk IKAT Indonesia by Didiet Maulana. Pakaian ini memiliki warna merah, putih, kuning emas, serta abu-abu. Didiet Maulana sendiri mengklaim bahwa warna-warna ini memiliki simbol tersendiri.

"Dari warna-warna ini, IKAT Indonesia by Didiet Maulana ingin menghadirkan nuansa yang energik, semangat baru, dan harapan yang baik bagi para atlet Indonesia yang telah berjuang dalam kompetisi," kata Didiet dalam Detik.

Melihat Komposisi Atlet Dari Sisi Gender

Proporsi atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 berdasarkan gender | GoodStats

Penampilan Indonesia di Paralimpiade kali ini akan melibatkan 20 atlet putra serta 15 atlet putri. Jumlah atlet putri ini juga menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Indonesia.

Cabang olahraga dengan kerahan atlet terbanyak adalah Para Badminton. Cabang olahraga ini melibatkan 9 atlet, dengan rincian 5 atlet putra serta 4 atlet putri tanah air. Para Panahan serta Para Atletik menyusul dengan masing-masing 5 atlet.

Sejauh ini, pemerintah memberi target capaian medali Indonesia, yaitu sukses menyabet 1 emas, 2 perak, serta 3 perunggu.

"Kami meyakini bahwa target ini akan tercapai melalui upaya dan persiapan yang matang dan serius yang telah dilakukan oleh seluruh olahragawan kita, ofisial, dan pihak terkait lainnya," kata Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 Reda Manthovani dalam Antara.

Baca Juga: 35 Atlet Indonesia Lolos ke Paralimpiade Paris 2024, Siapa Saja?

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Maarten Paes Perkuat Timnas, Jadi Kiper Indonesia Termahal Sepanjang Masa

Nilai pasar Maarten Paes adalah Rp26,07 miliar, enam kali nilai pasar Ernando Ari. Ia digadang-gadang mampu berduel dengan tim elit Asia lain.

Thailand Juara SEA V.League 2024 Putra Putaran Pertama, Indonesia Tergeser

Dengan performa terbaiknya, Indonesia menjadi runner-up pada putaran pertama SEA V.League 2024 Putra. Indonesia juga berhasil menyabet dua penghargaan individu.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook