Melihat Jejak Mitch Evans, Si Raja Sirkuit Ancol

Podium satu Evans di Jakarta E-Prix menjadi kemenangan ketiganya pada gelaran Formula E Season 8 musim 21/22.

Melihat Jejak Mitch Evans, Si Raja Sirkuit Ancol Potret Mitch Evans ketika menjuarai Rome E-Prix April lalu | Marco Iacobucci Epp/Shutterstock

Formula E seri sembilan musim kedelapan 21/22 yang bertempat di Jakarta sukses digelar Sabtu (4/6) lalu. Pembalap asal Selandia Baru, Mitchell "Mitch" Evans meraih podium tertinggi, sekaligus menjadi orang pertama yang berhasil menjadi juara di sirkuit anyar Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol.

Podium satu ini menjadi kemenangan ketiganya pada gelaran Formula E Season 8 musim 21/22. Tak hanya meraih podium satu, pembalap asal Jaguar TCS Racing ini juga meraih penghargaan lap tercepat karena catatan lap terbaiknya yang menembus 1 menit 09,78 detik di Jakarta E-Prix. Penghargaan ini memberikan satu poin tambahan untuk Evans.

"Ini adalah balapan yang panas dan keras!," seru Evans dilansir situs resmi Formula E. Pembalap berusia 27 tahun tersebut berkomentar bahwa pada seri kali ini timnya memiliki strategi dan mobil yang bekerja dengan baik sepanjang balapan.

"Saya hanya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada orang-orang di tim karena kami baru saja menjalani balapan yang sulit, tetapi mereka memberikan saya yang terbaik di akhir pekan ini, yang mana itu saya butuhkan pada masa-masa ketat ini," sambungnya.

Lebih lanjut, Evans berkomentar perihal pengalaman pertamanya menjalani balapan di Jakarta dalam sesi konferensi pers setelah balapan selesai (4/6) sore waktu Jakarta. Ia turut senang dengan pengalaman ini dan berharap cuaca di Jakarta bisa lebih dingin.

"Suatu kehormatan bisa datang ke Indonesia. Berada di Indonesia adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Terima kasih Indonesia, semoga cuaca di sini bisa lebih dingin," ucapnya dilansir Kompas (4/6).

Selesaikan 40 lap dalam 48 menit 28 detik

Hasil Jakarta E-Prix yang berlangsung 4 Juni lalu | GoodStats

Pembalap yang memiliki nomor balap sembilan ini berhasil menyelesaikan 40 lap sirkuit anyar Jakarta International E-Prix Circuit dengan catatan waktu 48 menit 28,424 detik. Catatan dan posisi ini dianggap cukup baik karena Evans mengawali start di posisi ketiga.

Sementara pembalap peraih pole position, Jean-Eric Vergne harus mengakhiri balapan di posisi kedua dengan jarak 0,733 detik dari Evans. Selain meraih podium kedua, pembalap asal Prancis ini juga mendapatkan tiga poin tambahan dari pole position yang ia raih pada babak kualifikasi (4/6) siang waktu Jakarta.

Podium ketiga dihuni oleh pembalap asal Swiss, Edoardo Mortara. Pembalap asal Rokit Venturi Racing tersebut menyelesaikan balapan dengan jarak 0,967 detik dari Evans di posisi pertama. Dengan hasil ini, Mortara berhasil membawa pulang 15 poin dari Ancol.

Posisi sepuluh besar lainnya dihuni oleh Antonio Felix Da Costa (+3,350 detik), Stoffel Vandoorne (+4,038), Jake Dennis (+4,635), Lucas Di Grassi (+5,253), Pascal Wehrlein (+8,191), Sam Bird (+13,348), dan Sebastien Buemi (+14,766).

Sergio Sette Camara menjadi pembalap terakhir yang berhasil finis dengan catatan waktu +38,218 detik dari Evans. Sementara itu, ada tiga pembalap yang tidak berhasil menjangkau garis finis, antara lain Antonio Giovinazzi, Nyck De Vries, dan Oliver Rowland.

Juara ketiga kalinya dan podium keempat kalinya pada musim ini

Torehan poin Mitch Evans dalam tiap seri Formula E Season 8 | GoodStats

Dari sembilan seri yang telah diselenggarakan, performa Mitch Evans di musim ini bisa dibilang cukup baik. Bila ditotal, Evans telah mengoleksi 109 poin dari sembilan seri ini. Rekan setim Sam Bird tersebut memulai seri dengan finis di peringkat 10 pada seri 1 di Diriyah, Arab Saudi.

Evans gagal mendapatkan poin pada seri kedua dan ketiga, tetapi langsung membalasnya dengan dua kali juara berturut-turut pada seri keempat dan kelima yang berlangsung di Roma, Italia. Pada seri keenam di Monako, Evans berhasil finis di posisi kedua sekaligus mendapatkan tiga poin tambahan karena berhasil rebut pole position.

Pembalap yang lahir di Auckland tersebut berhasil finis di posisi 5 dan 10 pada seri ketujuh dan delapan di Berlin, Jerman. Sementara 26 poin yang ia raih di Jakarta menjadi poin terbanyak sepanjang sembilan seri ini. Selain itu, Evans juga tidak pernah gagal finis dalam sembilan seri terakhir.

Saat ini Evans sedang bercokol di posisi empat klasemen sementara Formula E musim kedelapan 21/22. Balapan tinggal menyisakan tujuh seri terakhir dan seri terdekat akan diselenggarakan di Marrakesh, Maroko pada 2 Juli mendatang. Sementara itu, Formula E musim ini akan ditutup di Seoul, Korea Selatan pada 14 Agustus 2022.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengulas Tren Jumlah dan Nilai Transaksi di eCommerce Sepanjang 2021
Artikel Selanjutnya Memperingati Hari Laut: Sampah di Lautan Indonesia Masih Jadi Fokus Utama
Konten Terkait