GoodStats
Pencarian
Masuk

5 Negara dengan Produksi Emas Terbanyak di Dunia

Emas menjadi sumber daya alam yang punya nilai eksklusivitas tinggi, lantaran langkanya sumber daya dan proses pembuatan.

5 Negara dengan Produksi Emas Terbanyak di Dunia Ilustrasi Emas | Pexels/Michael Steinberg

Emas merupakan sumber daya alam yang memiliki nilai eksklusivitas lantaran kelangkaannya dan keindahannya yang seringkali membuat emas dijadikan sebagai alat  perhiasan.

Karena eksklusivitasnya yang luar biasa, tak semua memiliki sumber daya emas dan kemampuan untuk memproduksi emas dalam skala besar. Kira-kira negara mana saja ya yang punya produksi emas yang banyak?

Sebaran Produksi Emas di Seluruh Dunia Tahun 2021 | Goodstats

1. China 

Menurut data yang dirilis Gold Hub milik Gold.org, Cina menjadi negara dengan produksi Emas terbanyak pada tahun 2021 dengan total 332 ton.

Bahkan, menurut globaldata.com, 5 tambang emas dengan produksi tertinggi di tahun 2021 sudah bisa memproduksi sebanyak 219,2 ton dan Tambang Shaxi menjadi tambang emas dengan produksi emas tertinggi di China dengan total produksi mencapai 104,3 ton.

Selain Shaxi, tambang Dexing dan Dayingezhuang juga memiliki produksi emas yang tinggi di tahun 2021 dengan total produksi emas sebesar 42,4 dan 25,2 ton.

2. Rusia

Rusia menjadi negara dengan produksi emas tertinggi nomor dua di dunia pada tahun 2021 dengan total produksi sebanyak 330,9 ton.

Merujuk data Statista, hingga saat ini tambang emas Polyus menjadi tambang yang mendominasi ranah produksi emas di Rusia dengan total produksi 84,51 ton pada 2021.

Tambang Polymetal International dan Kinross Gold berada di posisi dua dan tiga dengan total produksi emas pada 2021 masing-masing di angka 34,96 dan 14,96 ton.

3. Australia

Australia menjadi negara nomor tiga dengan produksi emas tertinggi pada tahun 2021 dengan total produksi 315,1 ton.

Selain itu, menurut Statista, ada tiga tambang produsen emas raksasa di Australia. Tambang Cadia dari Newcrest Mining Ltd menjadi perusahaan tambang yang mendominasi produksi emas di Australia pada 2021 dengan total produksi emas 84,3 ton pada tahun 2021.

Selain itu, Boddington dari Newmont Mining Corp dan Fosterville dari Kirkland Lake Good juga memiliki produksi yang tinggi di tahun 2021 dengan masing-masing produksi 77,2 dan 65,3 ton.

4. Kanada

Setelah Australia, Kanada menjadi negara dengan produksi emas tertinggi pada tahun 2021. Menurut Mining Technology, Canadian Malartic Mine menjadi tambang emas dengan produksi tertinggi di Kanada sepanjang tahun 2020 dengan produksi sebanyak 70,4 ton.

Detour Lake Project dan Brucejack Project menjadi tambang emas dengan produksi terbanyak setelah Canadian Malartic Mine dengan masing-masing produksi di angka 57 dan 38,3 ton.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di posisi nomor lima sebagai negara dengan produksi emas terbanyak pada 2021. Tercatat pada 2021, produksi emas Amerika Serikat berada di angka 186,8 ton.

Selain itu, data tahun 2019 dari Statista menunjukkan bahwa Cortez Operations dan Mines Operations mendominasi produksi emas Amerika Serikat dengan masing masing produksi emas dari tambang tersebut sebenesar 30 dan 28,3 ton.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jawa Timur Jadi Provinsi Paling Aktif Produksi Beras di Indonesia
Artikel Selanjutnya Diekspor ke Banyak Negara, Indomie Masuk Daftar Merek Terpopuler di Dunia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook