Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1?

Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia yang ketiga di 2023. Namun, siapa saja peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1?

Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1? Ilustrasi Formula 1 | Freepik

Formula 1 atau lebih dikenal dengan F1 merupakan ajang olahraga bergengsi yang diikuti oleh 20 pembalap profesional dari seluruh dunia. Mobil yang digunakan para pembalap sangat eksklusif dengan desain yang khas dan dirancang untuk melaju dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam.

Di tahun 2023 ini, Max Verstappen yang berada pada tim Oracle Red Bull Racing berhasil meraih gelar juara dunia setelah berhasil menjadi pemenang pada sprint race GP Qatar pada hari Minggu (8/10). Ini merupakan kemenangan ketiga Verstappen yang telah menjadi juara dunia sebelumnya pada tahun 2021 dan 2022. Untuk menjadi juara dunia, ditentukan dengan sistem poin yang dihitung dari setiap balapan.

Namun, tahukah kamu? Ternyata ada sejumlah pembalap peraih juara dunia terbanyak dalam sejarah. Keberhasilan para pembalap ini tidak terlepas dari bakat, kerja keras, dan dedikasi mereka di dunia balap. Tidak hanya sang pembalap, dukungan dari tim juga sangat penting untuk menciptakan mobil dengan performa terbaik, yang menjadikan olahraga ini menjadi olahraga tim.

Nama mereka akan selalu diingat dalam sejarah Formula 1, namun seiring dengan berjalannya waktu, bukan hal yang tidak mungkin, akan ada pembalap baru yang mampu menyamai bahkan melampaui rekor mereka. SImak daftar 5 peraih juara dunia terbanyak dalam sejarah berikut.

1. Michael Schumacher - 7 Gelar Juara Dunia

Potret Michael Schumacher | Getty Images

Michael Schumacher merupakan pembalap asal Jerman yang lahir pada tahun 1969. Schumacher berhasil meraih gelar juara dunia pertamanya pada tahun 1994 bersama tim Benetton Ford, dan memenangkan juara di tahun selanjutnya yaitu tahun 1995 dengan tim yang sama. Lalu, Schumacher berhasil meraih 5 juara dunia berturut-turut bersama dengan tim Ferarri, yaitu pada tahun 2000-2024.

Schumacher menjadi pembalap legendaris terbaik sepanjang masa di Formula 1 berkat kehebatannya menghadapi berbagai rintangan di lintasan, hingga kehebatannya ini diangkat di layar lebar pada tahun 2021 dengan judul Schumacher.

2. Lewis Hamilton - 7 Gelar Juara Dunia

Foto Lewis Hamilton | Planet F1

Sir Lewis Carl Davidson Hamilton atau yang kerap disapa Lewis Hamilton merupakan pembalap asal Inggris yang lahir pada tahun 1985. Hamilton meraih juara dunia pertamanya bersama tim McLaren di tahun 2008, kemudian melanjutkan dominasinya bersama tim Mercedes hingga sekarang.

Hamilton meraih 6 kejuaraan lainnya di tahun 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Tahun 2020 merupakan kejuaraan ketujuhnya yang membuat Hamilton menyamai kedudukan Michael Schumacher, meraih 7 kejuaraan. Berkat kehebatan dan dedikasinya pada dunia balap, Hamilton mendapatkan banyak penghargaan salah satunya gelar Sir dari Kerajaan Inggris.

3. Juan Manuel Fangio - 5 Gelar Juara Dunia

Potret Juan Manuel Fangio

Juan Manuel Fangio merupakan salah satu pioner Formula 1 yang berkarier mulai dari kemunculan Formula 1 di tahun 1950. Pembalap asal Argentina ini berhasil meraih 5 gelar juara yaitu pada tahun 1951 dan 4 kali juara berturut-turut pada tahun 1954-1957.

Kemenangannya ini diraih bersama tim Alfa Romeo, Maserati, Mercedes, dan Ferarri. Berkat prestasinya di awal era Formula 1, menjadikannya salah satu pembalap terbesar dalam sejarah.

4. Alain Prost - 4 Gelar Juara Dunia

Potret Alain Prost | Motor Sport

Alain Prost, pembalap yang lahir di Prancis tahun 1955 meraih 4 gelar juara sepanjang kariernya yang berhasil diraih pada tahun 1985, 1986, 1989, dan 1993 bersama McLaren dan Williams Renault. Prost dijuluki sebagai "The Professor" karena kemampuannya dalam memahami strategi balap.

5. Sebastian Vettel - 4 Gelar Juara Dunia

Foto Sebastian Vettel | Vanderlei Almeida/AFP via Getty Images

Pembalap asal Jerman, Sebastian Vettel berhasil mencuri perhatian dunia dengan 4 kali kemenangan berturut-turut dari tahun 2010 hingga 2013 bersama dengan Red Bull Racing.

Keberhasilan ini membuat Vettel menjadi salah satu pembalap termuda yang meraih empat gelar juara dunia. Pada pertengahan musim tahun 2022, melalui akun Instagramnya, Vettel mengumumkan bahwa dirinya pensiun di akhir tahun 2022.

Penulis: Aulia Gati Nirmalasari
Editor: Editor

Konten Terkait

Daftar Klasemen Sementara Pembalap & Tim Formula E 2023 Setelah 2 Seri Jakarta E-Prix

Jakarta E-Prix yang berlangsung selama dua ronde cukup mengubah drastis tangga klasemen sementara

Rekap 2 Ronde Jakarta E-Prix 2023: Pascal Juara Ronde 10, Gunther Ronde 11

Pada ronde ke-10, pembalap asal Jerman Pascal Wehrlein menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 21 detik 995 milidetik

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook