Mau Menikmati Wisata Kuliner di Jogja? Ini Rekomendasi Restoran Tradisional Terbaik Versi TasteAtlas

Ada beberapa rekomendasi restoran tradisional yang wajib kamu kunjungi di Yogyakarta versi TasteAtlas. Apa saja?

Mau Menikmati Wisata Kuliner di Jogja? Ini Rekomendasi Restoran Tradisional Terbaik Versi TasteAtlas Potret Tugu Yogyakarta | Khafidmukriyanto/Shutterstock

Selain terkenal akan kebudayaannya, Yogyakarta juga terkenal akan tempat wisatanya. Bukan hanya destinasi alam, di sini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang beragam khas Jogja. Maka, tidak heran kalau provinsi yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan tiap musim liburan.

Dinas Pariwisata Yogyakarta melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta mencapai 7,4 juta orang sepanjang tahun 2022. Angka tersebut naik sebanyak lebih dari tiga kali lipat dari target yang telah ditetapkan, yakni dua juta wisatawan.

Dari banyaknya pilihan destinasi atau daerah yang bisa dikunjungi turis asing, Yogyakarta menempati posisi ke-7 dengan proporsi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 3,37% pada tahun 2022. Data tersebut bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).

9 restoran tradisional terbaik di Yogyakarta | Goodstats

Tertarik untuk menjajal kuliner wisata Yogyakarta yang beragam? TasteAtlas telah memberikan peringkat dalam daftar restoran tradisional terbaik di sana. Berikut daftar selengkapnya.

1. Jejamuran

Salah satu menu andalan Jejamuran, Karedok Jamur | Instagram @jejamuran.id

Suka makan makanan olahan jamur? Jejamuran cocok untukmu. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan segala macam menu olahan jamur yang pastinya lezat dan harganya pun terjangkau. Berdiri sejak 20 tahun lebih, Jejamuran tak hanya jadi resto andalan para pecinta olahan jamur, namun juga jadi tujuan kuliner para vegetarian.

TasteAtlas memberikan nilai 4,6 poin untuk restoran satu ini. Bahkan, banyak pengulas di TasteAtlas yang menyukai menu sate jamurnya.

Alamat: Jl. Pandowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta

2. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan, Yogyakarta | Jogjakartour.com

Seporsi gudeg dengan perpaduan rasa manis, gurih dan pedas ala restoran satu ini selalu mampu membuat perut lapar seketika. Meskipun tidak terletak di pusat kuliner gudeg di Yogyakarta, namun Gudeg Sagan masih tetap menjadi primadona di mata para pecinta kuliner.

Sebelum menjadi restoran, dulunya Gudeg Sagan berawal dari warung makan kaki lima. Cita rasanya yang unik dan khas membuat Gudeg Sagan mendapatkan skor 4,6 poin dalam daftar restoran tradisional terbaik di Yogyakarta versi TasteAtlas.

Alamat: Jalan Prof. Herman Yohanes Nomor 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta

3. Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad | Instagram @gudegbuhjahmad

Sesuai dengan namanya, Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad ini merupakan rumah makan di Yogyakarta yang khusus menyajikan menu gudeg. Rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1965 dan lebih menonjolkan rasa gurih dibandingkan rasa manisnya.

Adapun, Mbarek merupakan nama lokasi asal rumah makan ini yang juga merupakan salah satu lokasi sentra gudeg. TasteAtlas memberikan skor 4,5 untuk rumah makan satu ini.

Alamat: Jl. Kaliurang KM 4.5 Blok CT3 Nomor 5, Kocoran, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

4. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon | Instagram @surabayafoodies

Gudeg memang terkenal sebagai makanan khas Yogyakarta sejak jaman dahulu. Tentu saja terdapat beberapa gudeg yang dikenal sebagai legenda, salah satunya Gudeg Pawon. Gudeg Pawon yang dirintis oleh Ibu Prapto Widarso ini sudah berdiri sejak tahun 1958.

Gudeg yang satu ini terkenal sebagai kuliner wisata malam di Yogyakarta. Warung ini selalu ramai pembeli, bahkan meskipun baru dibuka. Berdasarkan laman TasteAtlas, Gudeg Pawon mendapatkan skor 4,5 poin dalam daftar restoran tradisional terbaik di Yogyakarta.

Alamat: Jalan Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV Nomor 36, Warungboto, Kapanewon Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

5. Ayam Goreng Bu Tini

Ayam Goreng Bu Tini | Jogjaholic.com

Buat kamu pecinta kuliner, wajib untuk datang ke restoran yang satu ini. Berbagai olahan ayam yang khas dari resep turun temurun lebih dari setengah abad bisa kamu nikmati disini. Ada satu menu yang tidak boleh terlewatkan jika mengunjungi restoran ini, yaitu ayam goreng bacemnya.

Selain bisa dinikmati secara langsung, banyak juga pengunjung yang menjadikan Ayam Goreng Bu Tini sebagai oleh-oleh. Sebagai salah satu restoran terbaik di Yogyakarta versi TasteAtlas, Ayam Goreng Bu Tini mendapatkan skor 4,5 poin.

Alamat: Jalan Sultan Agung Nomor 17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

6. Rumah Makan Lie Djiong

Salah satu menu di Rumah Makan Lie Djiong | Jogjaasik.com

Berlokasi di tempat strategis, maka tak heran jika restoran ini selalu jadi andalan para pecinta Chinese food di Yogyakarta. Rumah Makan Lie Djiong merupakan restoran tradisional yang menyajikan menu Tionghoa yang otentik.

TasteAtlas memberikan skor 4,5 untuk rumah makan ini. Lie Djiong memang banyak menyediakan sajian nonhalal, seperti bistik babi, kekian babi, dan sebagainya. Namun, ada juga beberapa menu halal yang wajib untuk dicoba, seperti olahan ayam, seafood, hingga burung dara.

Alamat: Jalan Brigjen Katamso Nomor 21, Prawirodirjan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

7. Warung Bu Ageng

Salah satu menu di Warung Bu Ageng | Instagram @warungbuageng

Rasanya kurang lengkap bila berkunjung ke Yogyakarta, namun tak mengunjungi restoran satu ini. Warung Bu Ageng merupakan restoran yang dimiliki oleh istri dari seniman terkenal, Butet Kartaredjasa.

Ada spot yang menarik pada restoran ini, yaitu dinding yang berisikan deretan foto tokoh-tokoh yang lahir dan besar di Yogyakarta, serta memberikan kontribusi besar untuk tanah air. Restoran ini masuk ke dalam daftar restoran tradisional terbaik versi TasteAtlas dengan skor 4,4 poin.

Alamat: Jalan Tirtodipuran Nomor 13, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

8. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung | Putratravel.com

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung merupakan restoran tradisional legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1973. Meski lokasinya jauh dari pusat kota, namun restoran ini masih menjadi andalan para penikmat kuliner di Yogyakarta.

Soal rasa, jangan diragukan lagi. Kenikmatan ayam kampung gorengnya bahkan sudah terkenal hingga ke luar Yogyakarta. Maka, tak heran jika Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung masuk ke dalam daftar restoran tradisional terbaik versi TasteAtlas dengan skor 4,4 poin.

Alamat: Jalan Gedong Kuning No. 187, Rejowinangun, Kotagede, Pringgolayan, Banguntapan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

9. Gudeg Bu Tjirto 1925

Gudeg kaleng Bu Tjitro 1925 | Instagram @gudegbutjitro1925

Banyak mendapatkan julukan sebagai rajanya gudeg di Yogyakarta, rupanya Gudeg Bu Tjitro ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Yang membuat gudeg ini berbeda dari gudeg lainnya adalah penempatannya untuk porsi khusus menggunakan kendil. Sehingga, membuatnya terkesan lebih tradisional.

Lokasinya yang strategis dan mudah diakses dari berbagai sudut Yogyakarta membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Adapun, Gudeg Bu Tjitro 1925 masuk ke dalam daftar restoran tradisional terbaik versi TasteAtlas dengan skor 4,3 poin.

Alamat: Jalan Raya Janti Nomor 330, Modalan, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

 

Jangan lewatkan acara Prambanan Jazz Festival 2023 jika kamu berkunjung ke Yogyakarta. Acara ini akan berlangsung selama enam hari dalam dua pekan, otomatis kamu bisa turut mengunjungi dan mencicipi menu-menu andalan restoran di atas, Sob!

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Street Food Paling Enak Sedunia, Makanan Indonesia Mendominasi!

Enak dan murah, berikut jajanan jalanan terenak di dunia versi Taste Atlas.

Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024

Survei "Pola Perilaku Masyarakat Saat Ramadan & IdulFitri 2" mengungkap brand air mineral favorit saat berbuka puasa. Kira-kira mana yang paling banyak dipilih?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X