Masuk Jajaran Negara dengan Ekowisata Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Indonesia berada di posisi kedelapan sebagai negara dengan ekowisata terbaik didunia dengan skor 80,1

Masuk Jajaran Negara dengan Ekowisata Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? Ekowisata Jatisari di Muntuk, Bantul, Yogyakarta | Taufik Prihantoro/Shutterstock

Forbes Advisor baru-baru ini mempublikasikan data mengenai 10 negara dengan ekowisata terbaik di dunia. Penilaian ini hadir untuk mempermudah wisatawan dalam memilih lokasi terbaik yang menjamu pengalaman akan kesadaran lingkungan.

Menurut Ditjen Pariwisata, ekowisata diartikan sebagai konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dengan tujuan untuk mendukung usaha pelestarian lingkungan serta peningkatan andil masyarakat pada pengolahan yang konservatif, agar memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Dilansir dari CNN Indonesia penentuan 10 negara dengan ekowisata terbaik ini berdasarkan beberapa faktor, seperti jumlah spesies hewan dan tumbuhan, jumlah spesies yang dilindungi/10 km2, persentase daratan yang dilindungi, jumlah situs warisan alam The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), emisi karbon dioksida (CO2) per kapita, serta kinerja lingkungan secara umum seperti kualitas udara.

Berdasarkan olah data dari hasil pengamatan serta kriteria di atas, berikut 10 negara yang memiliki ekowisata terbaik di dunia dengan pemberian skor antara 0-100 poin.

10 negara dengan ekowisata terbaik | Goodstats

Dari data di atas dapat terlihat bahwa Brasil mampu puncaki posisi tertinggi sebagai negara dengan ekowisata terbaik di dunia. Brasil berhasil meraih skor 94,9 berkat keanekaragaman hayatinya yang sangat tinggi. Negara yang memiliki semboyan Ordem e Progresso ini tercatat memiliki lebih dari 43 ribu spesies hewan dan tumbuhan.

Brasil juga memiliki 91 jenis spesies hewan serta 30% wilayah daratan yang dilindungi, termasuk 8 situs warisan alam UNESCO yang ada di kompleks konservasi Amazon Tengah tempat perlindungan bagi Manatee Amazon dan Caiman hitam.

Peringkat kedua diisi oleh Meksiko dengan skor 86 poin. Negara yang terletak di Amerika Utara ini merupakan rumah bagi 29 ribu spesies hewan dan tumbuhan dengan 115 diantaranya merupakan jenis yang dilindungi seperti tikus Angel island, tupai Buller;s, hingga kelelawar pemakan ikan.

Dilansir dari laman forbes, Meksiko tercatat memiliki 8 situs warisan alam UNESCO, sama seperti Brasil, meskipun wilayah Meksiko hanya seperempat dari Brasil. 

Urutan ketiga, ada Australia yang mampu meraih skor sebanyak 84 poin. Negeri Kanguru ini menjadi satu-satunya negara di luar wilayah Amerika yang mampu ambil posisi di urutan lima besar ekosistem terbaik di dunia.

Mengutip dari forbes, Australia merupakan negara dengan jumlah warisan alam UNESCO terbanyak di dunia, mencapai 16 situs. Australia juga memiliki 20% daratan yang dilindungi serta 27 ribu spesies hewan dan tumbuhan.

Dalam daftar ini, Indonesia juga ambil bagian berada di posisi ke delapan dengan jumlah skor yang dimiliki mencapai 80,1 poin. Berdasarkan data forbes, Indonesia tercatat memiliki 27.505 spesies hewan dan tumbuhan dengan 12,2% daratan yang dilindungi.

Dari 50 negara yang diteliti, Indonesia tercatat memiliki jumlah terbanyak dari spesies yang dilindungi dengan 209 jenis dan mempunyai 4 situs warisan alam UNESCO.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kawasan Asia Jadi Top Destinasi Wisata untuk Berlibur ke Luar Negeri

Jepang memuncaki daftar pilihan negara masyarakat untuk berlibur dengan perolehan 39% menurut survei Goodstats teranyar.

Ini Dia Top 6 Destinasi Wisata Domestik Favorit di Indonesia

Adakah destinasi lokal Indonesia favoritmu?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook