Kota dengan Durasi Puasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia

Muslim di Nuuk, Greenland akan menjalani puasa terpanjang selama 17 jam 52 menit, sedangkan di Christchurch, Selandia Baru, hanya selama 12 jam 42 menit.

Kota dengan Durasi Puasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia Ilustrasi jam di atas piring | Freepik

Bagi umat Muslim di seluruh dunia, kedatangan bulan suci Ramadan merupakan sebuah perayaan sekaligus sarana untuk memenuhi salah satu dari lima rukun Islam, yaitu puasa Ramadan.

Meskipun waktu puasa Ramadan berbeda-beda di setiap negara, tetapi pada dasarnya waktu berpuasa dilaksanakan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Perbedaan waktu puasa disebabkan oleh panjang hari yang berbeda-beda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Negara-negara yang terletak lebih dekat dengan garis khatulistiwa memiliki waktu puasa yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan negara yang berada di belahan bumi utara.

Berikut adalah rata-rata waktu puasa terpanjang dan terpendek kota-kota di seluruh dunia.

Kota dengan Durasi Puasa Terpanjang

Muslim yang berada di negara-negara paling utara akan menjalani puasa terpanjang pada tahun 2024. Kota Nuuk, Greenland tercatat sebagai kota dengan durasi puasa terpanjang, yaitu selama 17 jam 52 menit. Durasi ini tercatat lebih pendek dari tahun sebelumnya yaitu selama 18 jam 12 menit.

Selanjutnya, dengan perbedaan setengah jam, Kota Reykjavik, Islandia juga tercatat sebagai kota dengan durasi puasa terpanjang, yaitu selama 17 jam 25 menit.

Kota lain yang juga memiliki durasi puasa yang panjang adalah Helsinki (Finlandia), Stockholm (Swedia), dan Glasgow (Skotlandia) dengan durasi masing-masing selama 17 jam 9 menit, 16 jam 47 menit, dan 16 jam 07 menit.

Kota dengan Durasi Puasa Terpendek

Di sisi lain, muslim yang berada di negara-negara paling selatan akan menjalani puasa terpendek pada tahun 2024. Kota yang tercatat memiliki durasi puasa terpendek adalah Kota Christchurch yang berada di Islandia Baru, dengan durasi puasa hanya selama 12 jam 42 menit.

Dengan selisih beberapa menit, kota lain yang juga memiliki durasi puasa yang pendek adalah Puerto Montt (Chili), Canberra (Australia), Montevideo (Uruguay), dan Cape Town (Africa Selatan) dengan durasi masing-masing selama 12 jam 43 menit, 12 jam 46 menit, 12 jam 47 menit, dan 12 jam 48 menit.

Bagaimana dengan Indonesia?

Melansir dari Aljazeera, Kota Jakarta, Indonesia juga termasuk ke dalam daftar negara yang memiliki durasi puasa terpendek. Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Jakarta termasuk kota dengan durasi puasa terpendek yaitu selama 13 jam 10 menit.

Memiliki durasi yang hampir sama, Kota Bangkok dan Kuala Lumpur juga memiliki durasi yang cukup pendek yaitu masing-masing selama sekitar 13 jam 16 menit dan 13 jam 19 menit.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Editor

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Industri di ASEAN yang Paling Butuhkan Tenaga Kerja, Apa Saja?

Dari teknologi hingga finansial, berikut industri yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja di Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X