Konser Coldplay di Jakarta: Tiket Belasan Juta, Keuntungan Negara Rp1 Triliun!

Menparekraf Sandiaga Uno optimis akan pemasukan yang hadir akibat diselenggrakannya konser ini

Konser Coldplay di Jakarta: Tiket Belasan Juta, Keuntungan Negara Rp1 Triliun! Konser Coldplay Jakarta | Foto: Twitter Coldplay

Tahun 2023 menjadi tahun dimana Indonesia kedatangan banyak sekali musisi internasional untuk mengadakan konser di tanah air. Bagaimana tidak, dengan potensi pasar yang besar karena penduduk yang banyak ini, Indonesia selalu menjadi sesuatu yang menggiurkan penyelenggara konser musik. Dengan fakta tersebut, diharapkan musisi luar negeri yang memiliki basis penonton di tanah air akan meraup keuntungan yang besar setelah mengadakan konsernya di Indonesia.

Salah satu musisi internasional besar yang baru saja mengadakan konser di tanah air adalah musisi dari Coldplay. Coldplay adalah musisi papan atas dunia yang berasal dari negara Inggris, yang terkenal akan beberapa lagunya seperti A Sky Full of Stars, Adventure of Lifetime, Fix You, Every Teardrop is Waterfall dan lain sebagainya. Musisi ini kerap menjadi musisi faforit masyarakat global termasuk di Indonesia.

Pada bulan November 2023, akhirnya Coldplay sukses mengadakan konsernya di Indonesia, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, DKI Jakarta. Konser ini sangat padat, terisi penuh, serta mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia, bahkan sejak setahun sebelumnya.

Harga Tiket Tertinggi Tembus Belasan Juta!

Pada urutan pertama, terdapat tiket Ultimate Experience dengan harga Rp 11.000.000, menawarkan pengalaman paling eksklusif dan fasilitas khusus bagi para penggemar Coldplay.

Berlanjut pada urutan kedua, tiket My Universe dengan harga Rp 5.700.000, memberikan fasilitas festival bagi penggemar untuk pandangan yang lebih dekat dengan pemain.

Di urutan ketiga, tiket CAT 1 ditawarkan dengan harga Rp 5.000.000, menyediakan tempat duduk atau numbered seating untuk menikmati penampilan langsung dari Coldplay.

Pada urutan keempat, tiket Festival dapat diperoleh dengan harga Rp 3.500.000. Sementara itu, di urutan kelima, tiket CAT 2 tersedia dengan harga Rp 4.000.000.

Bagi yang ingin berhadapan lurus dengan musisi, tiket CAT 3 berada di urutan keenam dengan harga Rp 3.250.000, dilanjutkan dengan tiket CAT 4 dengan harga Rp 2.500.000.

Tiket CAT 5 dapat diperoleh dengan harga Rp 1.750.000, sementara tiket CAT 6 dan CAT 7 di urutan kesembilan masing-masing dengan harga Rp 1.250.000.

Pilihan tiket termurah adalah CAT 8 atau restricted view di urutan kesepuluh, dengan harga Rp 800.000.

Hasilkan Pemasukan Negara Rp1 Triliun!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno merasa optimis akan pemasukan negara yang hadir akibat diselenggrakannya konser Coldplay di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia berpotensi untuk meraih pendapatan senilai 75 juta USD atau sekitar Rp1,16 triliun. Angka ini memperhatikan kurs Rupiah terhadap US Dollar yang berada di Rp15.503.

Lanjutnya, keuntungan nasional sebesar Rp1,16 triliun ini didapat dari keuntungan akibat penonton yang menghadiri konser, yang diklaim mencapai angka 60 ribu hingga 80 ribu penonton.

"Ini harus kita pastikan, jangan sampai Coldplay yang semua mata tertuju ke Indonesia [mengalami masalah]. Kita harus pastikan konser ini akan berlangsung dengan mulus dan tentunya berdampak ke Indonesia serta ekonomi Indonesia," kata Sandiaga Uno mengutip CNBC Indonesia.

Tambahnya, seluruh pihak harus mendukung acara ini, baik secara kenyamanan maupun keamanan konser. Hal ini diupayakan demi lancarnya acara, serta membangun citra Indonesia yang baik di mata dunia.

"Ya, kita berkoordinasi dengan aparat penegak hukum. Kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar konser ini berjalan dengan nyaman, aman, dan menyenangkan," kata Sandiaga dalam CNBC Indonesia.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Daftar Panjang Kekerasan Anak di Indonesia

Kekerasan terhadap anak semakin meningkat di Indonesia, bahkan mencapai puluhan ribu kasus kekerasan seksual per tahun.

Semakin Populer, Provinsi Mana yang Memiliki Pendapatan Freelance Terbesar?

Meskipun bekerja secara freelance menawarkan fleksibilitas yang besar, pemahaman mengenai dinamika pasar lokal tetap menjadi kunci keberhasilan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook