Kalahkan Elon Musk, Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya Versi Forbes 2023

Bernard Arnault berhasil menyalip posisi Elon Musk di peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia 2023.

Kalahkan Elon Musk, Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya Versi Forbes 2023 Ilustrasi seseorang sedang membaca majalah Forbes | Hadrian/Shutterstock

Pertanyaan mengenai siapakah orang terkaya di dunia kadang membuat kita penasaran. Terkait hal ini, majalah Forbes telah kembali merilis daftar orang terkaya di dunia per Mei 2023.

Forbes menyediakan pembaruan mengenai kekayaan bersih dan peringkat individu yang dikonfirmasi sebagai miliarder. Nilai kekayaan tiap miliarder akan diperbarui tiap 5 menit saat pasar saham dibuka.

Dalam daftar orang terkaya tersebut, terdapat sebanyak 2.640 miliarder dari total 77 negara di dunia. Dilaporkan, kekayaan kolektifnya bahkan mencapai US$12,2 triliun.

Laporan tersebut juga menyebut bahwa seperempat dari total miliarder dalam daftar Forbes tinggal di sebelas kota kosmopolitan di dunia. New York masih menjadi kota dengan jumlah orang kaya terbanyak dengan total 101 miliarder seperti tahun lalu.

Daftar 7 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes per 20 Mei 2023 | Goodstats

Bernard Arnault menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia per Mei 2023. Bernard sukses menggeser posisi Elon Musk setelah saham Tesla anjlok 50% usai pengumuman rencana akuisisi Twitter. Selengkapnya, berikut daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

1. Bernard Arnault & Keluarganya

Foto Bernard Arnault | RTL

Bernard telah merebut peringkat pertama dalam daftar orang terkaya tahun 2023 setelah sebelumnya posisi tersebut diduduki oleh Elon Musk. Forbes melaporkan, Bernard juga menjadi orang Perancis pertama yang berhasil menempati posisi teratas, karena mayoritas miliarder di dunia berasal dari AS.

Ia merupakan seorang pebisnis dan bos dari gurita brand fesyen ternama, Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) yang berhasil mengakumulasi kekayaan hingga US$231,9 miliar atau senilai Rp3.463 triliun per Mei 2023. LVMH merupakan perusahaan induk dari sejumlah merek mewah, seperti Dior, Fendi, Tiffany & Co, Givenchy, Marc Jacobs, dan lainnya.

2. Elon Musk

Foto Elon Musk | Forbes

Elon Musk berada di peringkat kedua dalam daftar dengan total kekayaan mencapai US$184,7 atau setara dengan Rp2.758 triliun. Elon harus mangkir dari peringkat pertama setelah kehilangan sebanyak 50% sahamnya.

Selain menjadi bos Twitter yang baru, pria kelahiran tahun 1971 ini memiliki beberapa bisnis, dengan dua perusahaan utamanya yang bergerak di bidang teknologi yaitu Tesla (perusahaan mobil listrik) dan SpaceX (perusahaan teknologi antariksa).

3. Jeff Bezos

Potret Jeff Bezos | Forbes 

Peringkat ketiga dalam daftar orang terkaya versi Forbes diduduki oleh Jeff Bezos yang berhasil mengakumulasi kekayaannya mencapai US$139,1 miliar atau senilai Rp2.077 triliun per Mei 2023. 

Meski telah mengundurkan diri dari jabatannya, namanya tetap berada dalam daftar. Adapun, kekayaannya dilaporkan mengalami penurunan hingga mencapai US$57 miliar dibandingkan tahun lalu karena saham Amazon yang anjlok sebanyak 38%.

Selain terjun di industri teknologi dengan perusahaannya bernama Amazon, Jeff juga diketahui memiliki bisnis lain di industri media, yakni The Washington Post. Tak cukup sampai disitu, ia juga sukses dalam mendirikan perusahaan eksplorasi antariksa bernama Blue Origin.

4. Larry Ellison

Foto Larry Ellison | Drserg/Shutterstock

Nama Larry Ellison dalam sektor industri teknologi saat ini cukup diperhitungkan. Berdasarkan laporan Forbes, Larry berhasil menduduki peringkat keempat dalam daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$127,8 atau senilai Rp1.908 per Mei 2023.

Pendiri perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation tersebut naik empat peringkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya lonjakan saham Oracle hingga 10%. 

5. Warren Buffett

Foto Warren Buffett | Yahoo Finance 

Warren Buffett menyusul di posisi kelima dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia berhasil mengakumulasi total kekayaannya mencapai US$116,3 miliar atau setara dengan Rp1.737 per 20 Mei 2023.

Selain memiliki perusahaan teknologi Berkshire Hathaway Inc, Warren merupakan seorang pengusaha sukses yang juga bergelut di berbagai bidang, seperti properti, energi, media, pangan dan lainnya. Berkat kepiawaiannya dalam berinvestasi, ia mendapat berbagai julukan seperti "Wizard of Omaha", "Oracle of Omaha", atau "Sage of Omaha".

6. Bill Gates

Potret Bill Gates dalam acara TIME100 Gala pada tahun 2022 | Lev Radin/Shutterstock

Pebisnis asal AS yang memiliki nama lengkap William Henry Gates III ini menduduki peringkat keenam dalam daftar Forbes. Dilaporkan, ia berhasil mengakumulasi kekayaannya mencapai US$114,3 miliar atau senilai Rp1.707 triliun per 20 Mei 2023.

Adapun, sumber kekayaannya paling banyak berasal dari perusahaan teknologi terbesar di dunia yang telah didirikannya, yakni Microsoft, meskipun ia telah resmi mengundurkan diri dari jabatan eksekutif pada tahun 2000 silam. 

7. Larry Page

Foto Larry Page | Forbes

Michael Bloomberg adalah seorang pebisnis ternama asal Amerika Serikat. Berdasarkan laporan Forbes, Larry Page bertengger di posisi ketujuh setelah Bill Gates dengan total kekayaan sebanyak US$104,2 miliar atau senilai Rp1.556 triliun per 20 Mei 2023.

Ia merupakan salah satu pendiri perusahaan teknologi raksasa Google Inc. bersama Sergey Brin pada tahun 1998. Google merupakan anak perusahaan dari perusahaan induk multinasional Alphabet Inc. yang berkantor di California, AS.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 Minuman Teh Kemasan Favorit Saat Berbuka Puasa, Adakah Merek Kesukaanmu?

Teh Botol Sosro dan Teh Pucuk Harum konsisten di puncak klasemen dengan persentase 27,56% dan 26,65%. Kebiasaan minum teh kemasan meningkat saat berbuka puasa.

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X