Kala Sirkuit Ancol Tak Berhasil Bawa Mitch Evans Setajam Jakarta E-Prix Tahun Lalu

Pada ronde ke-10, Evans gagal finis setelah terlibat insiden kecelakaan dengan rekan satu timnya Sam Bird pada beberapa lap terakhir menuju finis

Kala Sirkuit Ancol Tak Berhasil Bawa Mitch Evans Setajam Jakarta E-Prix Tahun Lalu Mitch Evans pada Jakarta E-Prix 2022 lalu | Migari

Modal penguasa Jakarta International E-Prix Circuit atau Sirkuit Ancol pada ajang Jakarta E-Prix tahun lalu, Mitch Evans belum cukup membawanya untuk turut tampil maksimal pada ajang Jakarta E-Prix 2023.

Peraih podium tertinggi Jakarta E-Prix tahun lalu ini hanya berhasil membawa pulang 15 poin dari Jakarta setelah gagal finis pada ronde ke-10 dan meraih posisi tiga pada ronde ke-11 Jakarta E-Prix 2023. Ajang Formula E di Jakarta tahun ini memang diselenggarakan dua ronde, yakni pada Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6).

Pada ronde ke-10, Evans gagal finis setelah terlibat insiden kecelakaan dengan rekan satu timnya Sam Bird pada beberapa lap terakhir menuju finis. Kecelakaan tersebut membuat mobil Evans terpelintir ke luar lintasan hingga dirinya tak berhasil finis.

Padahal, Evans sedang konsisten berada di posisi kedelapan selama sekitar 30-an lap berlangsung. Ini menjadi momen gagal finis keduanya setelah Formula E Haiderabad di India pada 11 Februari lalu.

Bahkan, pada waktu itu dirinya berhasil meraih posisi start pertama. Berkat insiden di Jakarta E-Prix ronde ke-10, Sam Bird yang turut terlibat dalam kecelakaan tersebut meminta maaf kepada tim serta rekan setimnya atas kejadian ini.

"Saya ingin meminta maaf kepada tim atas kesalahan tersebut. Kami mengalami kualifikasi dan balapan yang sulit, dan sayangnya, sejauh akhir pekan ini, mobil belum tampil di level yang kami harapkan,” kata Sam Bird dilansir Tempo, Sabtu (3/6).

Beruntung, Evans berhasil meraih posisi ketiga pada balapan keesokan harinya. Memulai start di posisi ketiga juga, Evans berhasil finis dengan catatan waktu 45 menit 15 detik dan 783 milidetik atau berjarak 0,18 detik dari peringkat pertama Maximilian Gunther.

Berkat raihan ini, Evans berhasil membawa pulang 15 poin dari Jakarta. Pembalap asal Selandia Baru tersebut cukup bersyukur dapat finis di podium pada balapan ke-11. Sebab, dirinya tak berekspektasi tinggi ketimbang balapan sehari sebelumnya.

“Saya senang dengan hasil balapan hari ini, penuh dengan kecepatan. Beruntung bisa naik podium kali ini. Tapi saya tidak berekspektasi tinggi sebelumnya, tapi kita berjuang sekuat mungkin dan akhirnya bisa dapat podium," kata Evans dilansir Sindo News, Minggu (4/6).

"Ini adalah dukungan yang luar biasa seperti tahun lalu. Saya merasakan hal yang luar biasa bisa merasakan sebuah dukungan ini dari para fans di sini. Saya merasa bersalah tidak bisa memberikan yang terbaik seperti sebelumnya (di Jakarta). Tapi saya harap hasil ini bisa cukup memuaskan dan menyenangkan," lanjutnya.

Posisi finis Mitch Evans di Formula E musim 2023 | GoodStats

Pada musim kali ini, Evans berhasil mendapatkan balapan terbaiknya pada ronde ke-6 dan 7 berturut-turut di Sao Paulo dan Berlin. Pada ronde tersebut ia berhasil menjadi yang tercepat. Sebelum ke Jakarta, dirinya juga berhasil meraih podium kedua pada ajang Monaco E-Prix pada 6 Mei lalu.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Mobil Terlaris Tahun 2024, Daihatsu Sigra Juaranya?

Daihatsu Sigra mempertahankan tahta mobil terlaris sepanjang bulan Februari hingga Maret tahun 2024.

Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1?

Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia yang ketiga di 2023. Namun, siapa saja peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X