Jumlah Stasiun TVRI Capai 158 Stasiun di 2023

TVRI memiliki 158 stasiun transmisi, setara dengan 37% dari total stasiun transmisi digital di Indonesia. Saat ini, TVRI telah menjangkau 70% populasi nasional.

Jumlah Stasiun TVRI Capai 158 Stasiun di 2023 TVRI | Times Jakarta

TVRI merupakan stasiun televisi (TV) tertua di Indonesia. TVRI berdiri pada 24 Agustus 1962 berdasarkan SK Menpen RI Nomor 20/SK/VII/61, ditandai dengan siaran perdana Asian Games iV di Stadion Utama Gelanggang Olahraga BUng Karno. Menjelang ulang tahunnya yang ke-62 mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa jumlah stasiunnya mencapai 158.

"Dengan pemancar digital ini, LPP TVRI semakin memperluas jangkauannya. Hingga saat ini, LPP TVRI memiliki 158 stasiun transmisi atau 37% dari total stasiun transmisi digital di seluruh Indonesia. Dengan jumlah tersebut, LPP TVRI telah menjangkau 70,18% populasi nasional," jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi saat meninjau Pemancar Digital TVRI Alasmalang Banyuwangi, pada November 2023 lalu, mengutip laman resmi Kominfo

Dengan jangkauan yang tinggi ini, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menikmati semakin banyak lagi siaran berkualitas yang dihasilkan dari TVRI, yang pada akhirnya bertujuan untuk menambah informasi dan sebagai hiburan bagi masyarakat.

Apa Orang Indonesia Masih Pakai TV?

Di tengah gempuran media sosial dan media online lainnya, penggunaan TV di Indonesia dipandang semakin menurun. Sekarang untuk mencari berita, masyarakat lebih memilih langsung mengaksesnya lewat ponsel. Lebih mudah, cepat, dan juga efisien. Penggunaan media konvensional di Indonesia semakin tergerus arus modernisasi dunia.

Meski begitu, masih eksisnya sejumlah media konvensional di Indonesia menunjukkan daya tariknya bagi masyarakat di kelompok tertentu. Terlalu banyaknya hoaks dan berita palsu di media online membuat masih banyak penduduk Indonesia yang mempercayakan media konvensional sebagai sumber informasi, tak terkecuali dari TV.

Menurut Reuters Institute dalam Digital News Report 2024, kepercayaan publik terhadap media yang menyajikan berita menurun 4% menjadi total 35% di 2024. TVRI berhasil masuk di antara stasiun TV lainnya sebagai media dengan tingkat kepercayaan yang cukup tinggi di 2024.

TVRI menjadi salah satu media dengan tingkat kepercayaan tertinggi di Indonesia.
TVRI menjadi salah satu media dengan tingkat kepercayaan tertinggi di Indonesia | GoodStats

Tingkat kepercayaan publik terhadap TVRI mencapai 61% di 2024, setara dengan Kompas. CNN menduduki urutan kedua dengan tingkat kepercayaan sebesar 60%. Peringkat ketiga diisi oleh tiga media, yakni TVOne, Detik.com, dan SCTV (Liputan 6).

Beberapa media yang turut masuk dalam daftar antara lain Tempo, Tribunnews, Jawa Pos, RCTI, dan lain-lain.

Tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap TVRI membuktikan eksistensinya yang masih menyala di tengah usianya yang sudah tidak lagi muda. TVRI merupakan bagian dari Lembaga Penyiaran Publik (LPP) milik pemerintah, yang tentunya menyajikan berita-berita terbaik dan faktual untuk masyarakat Indonesia. 

Di ulang tahunnya yang ke-62 tahun ini, diharapkan TVRI bisa terus bertumbuh menjadi stasiun TV terpercaya pilihan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Stasiun Televisi Tertua di Indonesia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Ketika Jet Pribadi Jadi Potret Kesenjangan Ekonomi Indonesia

Intip potret ketimpangan ekonomi di Indonesia, peringkat ke-10 di dunia.

Lebih dari 10 Ribu Anak Jadi Korban Kekerasan di 2024

Jumlah korban kekerasan anak di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, menunjukkan perlunya upaya signifikan untuk melindungi anak-anak bangsa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook