Membandingkan Usia Kemerdekaan Negara di ASEAN

Indonesia merupakan negara tertua kedua di Asia Tenggara berdasarkan tahun kemerdekaannya, lebih muda 47 tahun dibanding Filipina.

Membandingkan Usia Kemerdekaan Negara di ASEAN Suasana Perayaan Kemeriahan di Malaysia | Images by Hafiz/Getty Images

Indonesia baru saja memasuki usia ke-79 tahunnya di 2024. Jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, usia Indonesia ini memang cukup “senior”. Meski begitu, Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang jauh lebih panjang dibandingkan usia kemerdekaannya saat ini.

Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki sejarah kelam penjajahan. Oleh karena itu, hari nasional di Negeri Gajah Putih ini ditentukan berdasarkan tanggal ulang tahun mendiang Raja Bhumibol Adulyadej, yaitu 5 Desember.

Indonesia berada di posisi kedua sebagai negara Asia Tenggara yang lebih dulu menyatakan merdeka I GoodStats
Indonesia berada di posisi kedua sebagai negara Asia Tenggara yang lebih dulu menyatakan kemerdekaannya I GoodStats

Filipina menjadi negara merdeka paling tua di Asia Tenggara. Tepatnya pada 12 Juni 1898 lalu, Filipina merdeka dari Spanyol setelah dijajah kurang lebih 300 tahun. Rasa nasionalisme para warganya membuat momen kalahnya Spanyol oleh Amerika Serikat dimanfaatkan untuk deklarasi merdeka. 

Setelah Filipina, Indonesia merdeka 47 tahun kemudian. Ratusan tahun dijajah bangsa Eropa dan Jepang, Indonesia berhasil menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Malaysia dan Singapura juga merdeka pada bulan Agustus, meskipun di tahun yang berbeda.

Timor Leste baru merdeka pada 20 Mei 2002, membuat negeri Bumi Loro Sae ini menjadi yang paling muda di antara negara Asia Tenggara lainnya.

Indonesia terlibat dalam sejarah kemerdekaan Timor Leste. Setelah sebelumnya berada di bawah Imperium Portugis hingga 1975, Timor Leste kemudian menjadi bagian dari Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar rakyat Timor Leste menginginkan kemerdekaan bagi mereka sendiri.

Oleh karena itu, muncul “pendudukan” oleh bangsa Indonesia yang diwarnai konflik. Dilansir dari situs resmi Perpustakaan Kementerian Luar Negeri, akhirnya Timor Leste dijembatani PBB untuk berdiri sendiri sebagai negara. Referendum kemerdekaan Timor Leste muncul pada 30 Agustus 1999.

Konflik-konflik yang terjadi kemudian berakhir dan pada 20 Mei 2002 Timor Leste diakui sebagai negara.

Ada yang Lebih Muda Dibanding Timor Leste

Sejatinya, Timor Leste bukanlah negara termuda di dunia. Negara yang paling muda bahkan baru menginjak usia 13 tahun di 2024 ini, yaitu Sudan Selatan.

Sudan Selatan baru merdeka saat Indonesia berusia 66 tahun I GoodStats
Sudan Selatan baru merdeka saat Indonesia berusia 66 tahun I GoodStats

Kemerdekaan Sudan Selatan diperoleh setelah bertahun-tahun terjadi perang saudara dengan Sudan. Meski telah merdeka, konflik antara kedua negara tersebut masih kerap kali terjadi.

Kosovo menjadi negara termuda kedua di dunia, usianya baru 16 tahun. Kosovo memisahkan diri dari Serbia pada 2008. Mahkamah Konstitusi Internasional telah menyepakati kemerdekaan Kosovo dari Serbia, namun Serbia dan sejumlah negara lain belum mengakuinya.

Montenegro dan Serbia menduduki urutan ketiga, keduanya baru memisahkan diri pada 2006. Dua negara tersebut awalnya terbentuk setelah Yugoslavia runtuh pada 1990-an. Awalnya, federasi Yugoslavia ini terdiri dari enam negara, yaitu Serbia, Slovenia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, dan Makedonia.

Pada 2003, federasi tersebut berubah nama menjadi Uni Serbia dan Montenegro, kemudian berpisah pada 2006 dan berdiri masing-masing sebagai negara.

Baca Juga: 10 Negara Terluas di Asia, Apakah Indonesia Termasuk?

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Editor

Konten Terkait

Negara Peraih Medali Paralimpiade Terbanyak di Dunia

Amerika Serikat menjadi negara tersukses sepanjang sejarah Paralimpiade dengan mengumpulkan 2.283 medali.

7 Negara dengan Jumlah Lembaga BIPA Terbanyak di Dunia

Australia menjadi negara dengan jumlah BIPA terbanyak per 2023. Semakin banyaknya BIPA membuat bahasa Indonesia semakin dikenal di kalangan internasional.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook