Jaya Ancol Alami Penurunan Pendapatan pada Kuartal I 2024

Momen puasa dan bulan Ramadan menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung, yang berperan signifikan dalam penurunan pendapatan dan laba Jaya Ancol.

Jaya Ancol Alami Penurunan Pendapatan pada Kuartal I 2024 Ilustrasi Logo Ancol | Foto: Nugroho Sejati

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Jaya Ancol) merupakan salah satu perusahaan rekreasi dan hiburan terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini dikenal dengan kawasan wisata Ancol Dreamland yang menjadi salah satu destinasi utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terletak di Jakarta Utara, Ancol Dreamland mencakup berbagai fasilitas rekreasi seperti pantai, taman bermain, akuarium, dan berbagai atraksi lainnya yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya.

Namun, laporan keuangan kuartal I 2024 menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam pendapatan Jaya Ancol. Penurunan ini mencerminkan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam menjaga stabilitas keuangan di tengah persaingan industri pariwisata yang semakin ketat dan perubahan perilaku konsumen.

Faktor-faktor eksternal seperti kondisi ekonomi global yang fluktuatif serta kebijakan pemerintah yang berpengaruh terhadap sektor pariwisata juga turut memberikan dampak negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Salah satu faktor yang paling signifikan mempengaruhi penurunan pendapatan ini adalah momen puasa dan bulan Ramadan. Hal ini disampaikan oleh Corporate Secretary Jaya Ancol, Agung Praptono.

“Kalender Maret tahun ini hampir 70% merupakan bulan puasa Ramadan, karakter pada bulan puasa akan terjadi tren penurunan kunjungan wisatawan,” ungkap Agung pada Kamis (2/5/2024). 

Selama periode ini, banyak masyarakat yang mengurangi aktivitas rekreasi di luar rumah dan lebih fokus pada kegiatan ibadah dan persiapan menjelang hari raya. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah pengunjung ke kawasan wisata Ancol Dreamland, yang berimbas langsung pada penurunan pendapatan perusahaan.

Meskipun Jaya Ancol telah melakukan berbagai upaya untuk menarik pengunjung selama bulan Ramadan, seperti menawarkan promosi khusus dan acara bertema, namun dampaknya belum cukup signifikan untuk mengimbangi penurunan yang terjadi.

Perbandingan Pendapatan dan Laba Jaya Ancol Kuartal I 2023 dan 2024 | GoodStats

Pada kuartal I 2023, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Jaya Ancol) mencatat pendapatan sebesar Rp260,35 miliar. Namun, di kuartal I 2024, pendapatan perusahaan mengalami penurunan menjadi Rp255,65 miliar.

Ini menunjukkan penurunan year on year (y-o-y) sebesar Rp4,70 miliar atau sekitar 1,8%. Penurunan ini mencerminkan tantangan yang dihadapi Jaya Ancol dalam menjaga kinerja keuangan di tengah berbagai faktor eksternal yang mempengaruhi industri pariwisata.

Selain itu, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk PJAA juga mengalami penurunan yang signifikan. Pada kuartal I 2023, Jaya Ancol membukukan laba bersih sebesar Rp44,98 miliar. Sementara itu, pada kuartal I 2024, laba bersih turun drastis menjadi Rp13,02 miliar.

Ini mencerminkan penurunan y-o-y sebesar Rp31,96 miliar atau sekitar 71,1%. Penurunan tajam dalam laba bersih ini menunjukkan adanya tekanan yang lebih besar pada profitabilitas perusahaan, yang tidak hanya dipengaruhi oleh penurunan pendapatan tetapi juga kemungkinan kenaikan biaya operasional dan beban lainnya.

Kondisi ini menunjukkan bahwa Jaya Ancol menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan kinerja keuangannya. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang lebih adaptif dan inovatif untuk mengatasi penurunan ini dan meningkatkan kembali kinerja keuangan mereka di masa mendatang.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Editor

Konten Terkait

Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia Mencapai 112 Orang

Menuju puncak Haji 2024, kesehatan dan keselamatan jemaah haji Indonesia menjadi perhatian pemerintah.

Kemasan Daging Kurban Jadi Perhatian Umat Muslim Indonesia

Meski sepele, kemasan daging kurban nyatanya memiliki perhatian khusus di mata umat Muslim Indonesia. Mayoritas menggunakan plastik dan daun pisang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X