Jajaran Brand Telekomunikasi Terbaik Versi Top Brand Index 2022, Mulai dari Laptop, Hingga Simcard

Top Brand Award telah merilis Top Brand Index fase 1 untuk tahun 2022 yang berisi jajaran brand terbaik dari berbagai kategori di Indonesia. Indeks ini melihat.

Jajaran Brand Telekomunikasi Terbaik Versi Top Brand Index 2022, Mulai dari Laptop, Hingga Simcard Ilustrasi│Daniel Romero/Unsplash

Top Brand Award telah merilis Top Brand Index fase 1 untuk tahun 2022 yang berisi jajaran brand terbaik dari berbagai kategori di Indonesia. Indeks ini melihat performa dan kualitas berbagai jenis brand yang dipasarkan di Indonesia, penilaian yang dilakukan Top Brand menggunakan hasil survei yang dilakukan kepada pelanggan.

Kategori telekomunikasi menjadi salah satu kategori yang menarik dalam indeks ini. Kategori ini berisikan berbagai jenis produk layanan telekomunikasi terbaik sepanjang pertengahan tahun 2022. 

Kategori ini juga terdapat beberapa sub kategori yang dibedakan berdasarkan jenis produk yang dipasarkan, yaitu termasuk smartphone, laptop, dan juga simcard prabayar. Berikut ini adalah rangkuman jajaran brand  terbaik di setiap jenis produk yang ada di kategori telekomunikasi versi Top Brand Index.

Samsung jadi brand smartphone terbaik

Brand Smartphone Terbaik Tahun 2022 Versi Top Brand Index│GoodStats

 

Pada sub kategori smartphone, Samsung menjadi brand dengan skor tertinggi mengungguli sejumlah brand smartphone lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Samsung menduduki posisi pertama sebagai brand smartphone terbaik dalam daftar ini dengan skor sebesar 33%.

Sementara itu, Oppo dan iPhone berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar ini. Oppo memiliki skor 20,6%, sedangkan iPhone 12%. Oppo dan iPhone mendapatkan kenaikan skor jika dibandingkan dengan Top Brand Index tahun 2021, sementara skor Samsung justru menurun meski masih menjadi brand nomor 1.

Sementara itu, iPhone berhasil menggeser posisi ketiga dari Xiaomi yang pada tahun sebelumnya berada di urutan ketiga. Dari indeks ini, terlihat bahwa Samsung masih menjadi brand smartphone pilihan pelanggan Indonesia dari tahun ke tahun.

Persaingan antara Acer dan Asus di sub kategori laptop

Brand Laptop Terbaik Tahun 2022 Versi Top Brand Index│GoodStats

 

Selanjutnya, di sub kategori laptop terjadi persaingan antara Acer dan Asus. Pada Top Brand Index 2022, Acer mampu mengungguli Asus pada persaingan laptop terbaik, setelah sebelumnya berada di bawah Asus pada tahun 2021 dengan skor yang tipis.

Pada tahun Top Brand 2021, Asus menjadi brand laptop terbaik dengan skor 27,9%, dan diikuti oleh Acer dengan skor sebesar 26%. Tahun ini, Acer mampu menyalip Asus, dimana Acer berada di urutan pertama dengan skor 27,10%, dan diikuti Asus dengan skor 24,80%.

Sementara itu, urutan ketiga hingga kelima pada Top Brand Index 2022 pada lini produk laptop masih ditempati oleh brand yang sama dengan Top Brand Index 2021. Pada Top Brand Index 2022, Lenovo berada di urutan ketiga dengan skor 10,30%, diikuti dengan Apple dengan skor 8,50%, dan HP 6%.

Telkomsel jadi raja di lini simcard prabayar

Brand Simcard Prabayar Terbaik Tahun 2022 Versi Top Brand Index│GoodStats

 

Pada lini simcard prabayar, Telkomsel menjadi brand dengan nilai tertinggi pada Top Brand Index 2022. Tak hanya itu, skor yang diperoleh Telkomsel juga cukup jauh apabila dibandingkan dengan brand simcard lainnya. 

Telkomsel dengan produk Simpati mendapatkan skor sebesar 34.30%, sedangkan IM3 yang berada di urutan kedua memiliki skor sebesar 13,30%. Tak hanya berhenti sampai disitu, produk Telkomsel lainnya, Kartu AS juga berada di jajaran 5 besar produk simcard prabayar terbaik. Kartu AS berada di posisi dengan perolehan skor sebesar 8,80%.

Dari tahun sebelumnya, Telkomsel juga menguasai persaingan produk simcard prabayar terbaik di Indonesia. Ranking simcard terbaik pada tahun sebelumnya sama persis dengan yang ada pada tahun 2022, dimana Telkomsel juga berada di urutan pertama dengan Simpati-nya. Dengan dominasi Telkomsel ini, bisa dilihat bahwa produk Telkomsel adalah pilihan utama bagi pelanggan simcard prabayar di Indonesia untuk saat ini. 

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengukur Permasalahan Sosial, Mulai dari Kemiskinan hingga Kelaparan Global
Artikel Selanjutnya 10 Presiden Terkaya di Dunia 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook