Jajaran Bank Syariah yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia, BSI Teratas

Menurut riset Populix, Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan persentase 51% responden.

Jajaran Bank Syariah yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia, BSI Teratas Ilustrasi kartu debit Bank Syariah Indonesia (BSI) | Salman Areef/Shutterstock

Terdapat beberapa jenis perbankan yang ada di Indonesia, yaitu bank sentral, bank umum, bank perkreditan rakyat (BKR), dan bank syariah. Pengertian dari bank syariah adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan syariat islam.

Berdasarkan hasil riset Populix bertajuk Insight and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia, masih banyak penduduk muslim di Indonesia yang belum memiliki rencana untuk beralih ke bank berbasis syariah.

Sebagian besar dari mereka mengaku bahwa masih nyaman dengan layanan bank yang digunakan saat ini serta masih belum bisa menemukan perbedaan nyata antara bank konvensional dan bank syariah. Adapun, bank syariah menempati posisi kedua sebagai bank yang paling banyak digunakan setelah bank konvensional dengan persentase sebesar 35% responden.

Menurut laporan, Bank Indonesia Syariah (BSI) merupakan bank syariah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Populix mencatat, sebanyak 51% responden mengaku telah menggunakan jasa layanan bank tersebut.

Jajaran bank syariah yang paling banyak digunakan di Indonesia | Goodstats

Disusul oleh bank BCA Syariah di posisi kedua dengan persentase mencapai 22% responden. Selanjutnya, diikuti oleh Aladin Syariah dengan 10% dan Bank Muamalat dengan 9% responden. Selain itu, ada juga BTN Syariah dan CIMB Niaga Syariah dengan persentase masing-masing sebanyak 7% responden.

Riset Populix juga menemukan bahwa sebagian besar responden (73%) beralih ke jasa bank syariah untuk menggunakan tabungan syariah. Ada juga produk lainnya yang banyak digunakan responden, seperti tabungan haji (19%), deposit syariah (15%), dan kredit syariah (11%).

Survei tersebut dilakukan selama periode Maret 2023 melalui aplikasi Populix. Survei diisi oleh 1.014 responden yang sebagian besar berasal dari kelompok usia gen Z dan memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas.

Sementara itu, BSI berhasil mencatatkan perolehan laba bersih mencapai Rp1,46 triliun pada triwulan I/2023 dan tumbuh 47,65% secara year on year (yoy). Meskipun masih tergolong muda, BSI mampu menorehkan kinerja yang baik dan berada pada posisi keenam dalam daftar bank terbesar di Indonesia.

"BSI dilahirkan untuk menjadi bank yang universal, modern, inklusif, dan digital savvy. Untuk itu, BSI tidak ingin berhenti dan hanya dikenang dalam sebuah prasasti. Kami ingin terus merajut mahakarya dalam sejarah, sebagai bank syariah yang memberi kemaslahatan dan manfaat bagi umat, bangsa Indonesia, dan semesta alam," tutur Hery Gunandi selaku Direktur Utama BSI, dikutip dari Republika.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp6.000 Triliun, Dipakai Apa Saja?

Utang luar negeri (ULN) RI capai US$407,3 miliar, separuh berasal dari ULN pemerintah sebesar US$190,97 miliar di Mei 2024. Untuk apa saja utang tersebut?

DKI Jakarta Masih Jadi Provinsi Paling Kaya di Indonesia

Bukan hal baru jika DKI Jakarta, pusat ekonomi dan bisnis ini, menjadi yang paling kaya di Indonesia. Berapa pendapatannya di tahun ini?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook