Inilah Negara-Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia

Lezat dan mempunyai cita rasa yang unik, berikut negara-negara dengan masakan terbaik di dunia.

Inilah Negara-Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia Ilustrasi Hidangan Terbaik. Photo by Edward Howell from Unsplash

Hidangan tradisional dapat menjadi salah satu ciri khas sebuah negara.

Dengan banyaknya makanan khas dari seluruh penjuru negara, Taste Atlas merangkum dan mengurutkan negara-negara dengan masakan terbaik di dunia. Peringkat ini berdasarkan gabungan dari indikator-indikator lain, seperti nilai hidangan dan produk makanan.

Berdasarkan Taste Atlas, berikut hidangan terbaik di dunia dari negara-negara seluruh penjuru dunia.

1. Italia

Ilustrasi Hidangan Italia. Photo by azerbaijan_stockers from Freepik
Ilustrasi Hidangan Italia. Photo by azerbaijan_stockers from Freepik

Italia, negara asal pasta dan pizza ini rupanya berhasil menempati peringkat satu sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia. Berdasarkan Taste Atlas, masakan Italia memperoleh skor 4.65 dari 5.

Banyak alasan mengapa masakan Italia banyak disukai oleh orang. Masakan Italia dinilai memiliki rasa yang ramah di lidah orang asing karena tidak terlalu banyak memakai rempah-rempah dengan aroma kuat. Selain itu, masakan Italia juga sudah terkenal di mancanegara, terlihat dari banyaknya restoran khsusus masakan Italia hingga beragam restoran cepat saji yang menyediakan menu khas Italia sebagai hidangan utama.

Sejumlah hidangan Italia juga menempati rating teratas dalam daftar makanan terbaik versi Taste Atlas. Di antaranya adalah pasta dan Tagliatelle, keju Parmigiano Reggiano, Mozzarella di Bufala Campana dan Burrata.

2. Jepang

Ilustrasi Hidangan Jepang. Photo by vecstock from Freepik
Ilustrasi Hidangan Jepang. Photo by vecstock from Freepik

Siapa yang tidak mengenal sushi atau ramen? Saking populernya, banyak kedai maupun restoran yang menyajikan menu utama masakan Jepang, termasuk sushi dan ramen. Berdasarkan Taste Atlas, masakan Jepang memperoleh skor 4.65 dari 5.

Tidak hanya rasa yang lezat, masakan Jepang disukai karena terbuat dari bahan yang berkualitas dan terjaga kebersihannya. Sehingga meskipun menyantap makanan mentah sekalipun seperti sashimi, tidak akan tercemar oleh bakteri.

Beberapa hidangan Jepang yang jadi andalan Taste Atlas adalah Bluefin Tuna, Wagyu, Ramen, daging Kobe, dan Unagi.

3. Yunani

Ilustrasi Hidangan Yunani. Photo by stockking from Freepik
Ilustrasi Hidangan Yunani. Photo by stockking from Freepik

Masakan Yunani memang jarang terdengar di mancanegara. Akan tetapi, Taste Atlas menempatkan Yunani sebagai negara ketiga dalam kategori hidangan terlezat di dunia. Yunani mendapatkan rating sebesar 4.64 dari 5.

Masakan Yunani lebih banyak menggunakan olahan daging, sayur dengan bahan keju maupun yoghurt khasnya. Banyak pecinta kuliner yang mengungkapkan bahwa hidangan Yunani memiliki cita rasa creamy namun tetap segar karena dilengkapi dengan lemon dan rempah lainnya.

Sejumlah hidangan dan bahan makanan khas Yunani adalah Fava Santorinis, kacang pistachio dan buah persik lokal Yunani hingga minyak zaitun lokal.

4. Portugal

Ilustrasi Hidangan Portugal. Photo by jcomp from Freepik
Ilustrasi Hidangan Portugal. Photo by jcomp from Freepik

Mulai dari keju Queijo Serra da Estrela hingga olahan daging Carne dos Açores, Presunto do Alentejo dan Carne Barrosã, banyak sekali hidangan khas yang menjadikan Portugal ada di peringkat keempat sebagai negara dengan hidangan terbaik di dunia. Taste Atlas memberikan skor 4.61 dari 5 untuk masakah Portugal.

Mayoritas masakan Portugal menggunakan bahan daging dan tepung. Tidak hanya hidangan utama, terdapat makanan penutup egg tart asal Portugal yang kini sudah terkenal di seluruh dunia. Berkat kelezatan masakannya, tidak heran apabila Portugal dapat mengamankan posisi keempat sebagai negara dengan hidangan terlezat versi Taste Atlas.

5. Tiongkok

Ilustrasi Hidangan Tiongkok. Photo by Israel Albornoz from Unsplash
Ilustrasi Hidangan Tiongkok. Photo by Israel Albornoz from Unsplash

Dalam beberapa dekade ini, masakan Tiongkok semakin dikenal oleh pecinta kuliner di seluruh dunia. Pasalnya, masakan Tiongkok dinilai mudah untuk dimasak dan memiliki cita rasa yang beragam, mulai dari asam manis hingga gurih dan segar.

Taste Atlas sendiri memasukkan masakan Tiongkok di urutan kelima sebagai masakan paling lezat di dunia. Dari skor 5, Taste Atlas memberikan skor 4,59 untuk masakan Tiongkok.

Bukan hanya dari segi hidangan, Taste Atlas bahkan turut membuat daftar rempah dan bahan makanan khas Tiongkok yang patut untuk dicoba. Di antaranya adalah Jinxiang Da Suan atau bawang putih lokal Tiongkok, kecap, Sichuan pepper hingga Doubanjiang atau pasta kacang cabai khas Tiongkok yang difermentasikan.

6. Indonesia

Ilustrasi Hidangan Indonesia. Photo by Haryo Setyadi from Unsplash
Ilustrasi Hidangan Indonesia. Photo by Haryo Setyadi from Unsplash

Masyarakat Indonesia patut berbangga. Sebab, Taste Atlas menyatakan bahwa hidangan khas Indonesia sebagai masakan paling lezat ke-enam sedunia. Dalam website-nya, Taste Atlas memberikan skor 4,57 dari 5 untuk masakan Indonesia.

Keragaman budaya dan suku nampaknya memberikan pengaruh baik terhadap hidangan Indonesia. Hal ini dibuktikan dari berbagai masakan khas suku-suku Indonesia yang turut menjadi masakan-masakan terbaik di dunia. Sebut saja Pempek, hidangan khas Palembang yang menempati peringkat ke-13 se-dunia, atau Bubur Ayam yang ada di peringkat 67 sebagai makanan terbaik di dunia.

Terdapat juga beberapa bumbu, buah hingga makanan khas Indonesia yang mendapatkan rekomendasi dari Taste Atlas, seperti bawang goreng, buah manggis, lengkuas, kecap manis, dan serundeng.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Deretan Negara Ini Miliki Destinasi Wisata Mempesona, Namun Tidak Populer!

Tuvalu dinobatkan menjadi negara dengan kunjungan turis paling sedikit, yakni hanya sekitar 3.700 kunjungan per tahunnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X