Inilah Indonesia Arena, Venue Indoor Mewah Terbesar Milik Indonesia

Dibangun selama 18 bulan, Indonesia Arena siap menggelar kegiatan bertaraf internasional

Inilah Indonesia Arena, Venue Indoor Mewah Terbesar Milik Indonesia Indonesia Arena | Foto: Saelanlerez/Shutterstock

Indonesia kembali patut berbangga hati. Negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia ini baru saja meresmikan sebuah bangunan megah yang dinamai Indonesia Arena.

Venue ini diharapkan menjadi venue indoor multifungsi, dimana penggunaannya bukan hanya untuk olahraga saja, tetapi dapat difungsikan menjadi lahan konser dan kegiatan publik lainnya. Indonesia Arena memiliki kapasitas penonton sebanyak 16.088 kursi, menjadikannya venue indoor terbesar se-Indonesia.

Indonesia Arena memiliki luas mencapai 30.720 meter persegi, merupakan bangunan milik Pemerintah Indonesia melalui Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK). Indonesia Arena didesain langsung oleh production house asli Indonesia, yaitu rumah produksi Aboday, Alien Design Consultant, dan Svein Studio.

Indonesia Arena terletak di blok 10 kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Proyek megah ini memerlukan anggaran sebesar Rp640 miliar. Proses pembangunannya berlangsung selama 18 bulan, dimulai dari Desember 2021 hingga Juni 2023.

Stadion ini didesain khusus untuk menyelenggarakan acara olahraga tingkat internasional. Salah satu ajang yang akan digelar di Indonesia Arena adalah Piala Dunia Basket FIBA 2023, dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang ini bersama Filipina serta Jepang.

Menpora RI, Dito Ariotedjo, berharap Indonesia Arena menjadi nilai jual tersendiri dalam pengajuan bidding Piala Dunia Voli 2025. "Mungkin venuenya menggunakan ini (Indonesia Arena)" kata Dito dilansir BolaSport.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dengan adanya Indonesia Arena, diharapkan akan meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, terutama di cabang olahraga bola basket.

"Pada SEA Games lalu, basket sudah juara. setelah memiliki stadion ini, prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (Key Performance Indikator) harus prestasi," kata Basuki dalam keterangan di Laman Kementerian PUPR.

Tidak hanya fokus pada olahraga, Indonesia Arena dirancang sebagai pusat hiburan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia Arena akan menjadi tempat ideal untuk berbagai event budaya, pertunjukan seni, serta konser musik. Kapasitas besar dan fasilitas modern yang ada pada Indonesia Arena akan memungkinkan diberlangsungkannya berbagai jenis acara berkualitas di sini.

"Setiap ada konser pasti ada perputaran uang, perputaran ekonomi, baik yang di atas, di tengah, maupun yang di bawah," terang Jokowi pada saat peresmian Indonesia Arena (07/08/2023)

Pembangunan Indonesia Arena didanai melalui APBN dengan skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract. Selain itu, Indonesia Arena juga memperhatikan aspek lingkungan.

Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR, Diana Kusumastuti, menyebut Indonesia Arena sebagai green building yang ramah lingkungan. Bentuk stadion yang menyerupai keranjang anyaman memiliki makna mendalam, mencerminkan semangat gotong royong masyarakat Indonesia.

"Dalam pembangunannya, kita memanfaatkan cahaya serta memperhatikan sirkulasi udara, sehingga tidak terlalu banyak energi yang digunakan," kata Diana dalam keterangan di Laman Kementerian PUPR

Fasilitas berkelas internasional juga ada di venue ini, seperti adanyadua lapangan latihan, ruang ganti pemain, kolam jacuzi, ruang kerja media, serta tribun kelas VVIP yang memiliki konsep royal box.

Dari segi akses transportasi umum, Indonesia Arena dapat dijangkau dengan moda seperti KRL Palmerah, MRT Jakarta, dan juga Bus TransJakarta (1, 3F, 9, 9A, 9C, 9K, 10H, 13C).

Indonesia Arena merupakan kebanggaan bangsa dan akan menjadi tempat berbagai acara berkualitas di Tanah Air. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memajukan industri olahraga dan hiburan di Indonesia. Kita patut bangga atas keberhasilan proyek ini dan menantikan perhelatan penting yang akan diadakan di Indonesia Arena di masa depan.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Riset: Perempuan Lebih Banyak Menyukai Ragam Aktivitas Olahraga Dibandingkan Laki-laki

Perempuan lebih banyak tertarik mencoba ragam jenis olahraga, termasuk melatih otot. Sedangkan, laki-laki masih memiliki pola aktivitas olahraga stagnan.

Inilah 10 Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023

10 pemain sepak bola dengan valuasi pasar tertinggi di Piala Dunia U-17 2023 menurut Transfermarkt.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X