Ini Dia Negara dengan Indeks Demokrasi Tertinggi di Dunia 2022, Indonesia Peringkat Berapa?

Berdasarkan laporan The Economist Intelligence Unit (EIU), Norwegia merupakan negara paling demokratis di dunia pada tahun 2022

Ini Dia Negara dengan Indeks Demokrasi Tertinggi di Dunia 2022, Indonesia Peringkat Berapa? Sejumlah negara di dunia memiliki skor indeks demokrasi yang baik | Freepik

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan di mana setiap warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan. Demokrasi dinilai menjadi pilihan sistem pemerintahan terbaik karena mampu mengakomodasi beragam kepentingan dan aspirasi masyarakat.

Sehubungan dengan ini, media ternama asal Amerika Serikat The Economist melalui Economist Intelligence Unit (EIU) merilis laporan riset Democracy Index 2022 untuk mengukur keadaan demokrasi di 167 negara di dunia. Pertama kali dipublikasikan pada 2006, indeks ini telah menjadi publikasi rutin yang dirilis setiap tahun.

Berdasarkan laporan pada 2022, EIU mencatat bahwa skor indeks demokrasi global mencapai 5,29 poin dari nilai maksimal 10 poin. Lebih lanjut, angka tersebut hanya naik sebesar 0,01 poin dari capaian di tahun sebelumnya, yakni sebesar 5,28 poin.

Adapun, skor indeks demokrasi global dihitung berdasarkan jawaban dari total 60 pertanyaan yang dikelompokkan menjadi lima indikator, yaitu proses pemilihan umum dan pluralisme, fungsi pemerintahan, partisipasi politik, budaya politik, serta kebebasan sipil.

“Ditemukan bahwa hampir setengah (45,3%) dari populasi dunia hidup dalam negara demokrasi, sementara lebih dari sepertiga (36,9%) lainnya hidup di bawah pemerintahan yang otoriter,” tulis The Economist melalui laporannya.

Daftar 6 negara dengan skor indeks demokrasi tertinggi 2022 | Goodstats

Dari hasil riset tersebut, ditemukan bahwa sejumlah negara memiliki sistem demokrasi penuh (full democracy), di mana kebebasan sipil dan kebebasan berpolitik di negaranya tidak hanya dihormati, namun juga diperkuat oleh budaya politik yang matang dan kondusif.

Sementara itu, Indonesia mencatatkan skor indeks demokrasi sebesar 6,71 poin atau terhitung sebagai demokrasi cacat. Skor tersebut menempatkan Indonesia di peringkat ke-54 secara global pada 2022, turun dua peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Lalu, negara mana saja yang memiliki skor indeks demokrasi tertinggi di dunia? Berikut daftarnya.

1. Norwegia

Foto pondokan di Pulau Lofoten, Norwegia | Wirestock/Freepik

Posisi pertama ditempati oleh Norwegia sebagai negara paling demokratis di dunia. Negara ini mendapatkan skor indeks demokrasi sebesar 9,81 poin pada 2022. Berdasarkan laporan The Economist, Norwegia memiliki komitmen kuat terhadap demokrasi, bahkan disebut sebagai negara yang mendukung penuh demokrasi.

Ini dibuktikan dari hasil perhitungan EIU yang membeberkan bahwa Norwegia mendapatkan  nilai sempurna pada tiga metrik yang dikaji, yakni indikator proses pemilu dan pluralisme, partisipasi politik, serta budaya politik.

2. Selandia Baru

Potret keindahan Danau Pukaki di Selandia Baru | Wirestock/Freepik

Menyusul Norwegia, Selandia Baru menempati posisi kedua dalam daftar negara paling demokratis di dunia. Adapun, skor indeks demokrasi yang diberikan pada negara yang dijuluki negeri kiwi ini mencapai 9,61 poin pada 2022.

Sejumlah aspek yang membuat negara ini layak menempati peringkat kedua adalah toleransi atas keberagaman serta kesetaraan gender. Selandia Baru menjadi salah satu negara yang selalu melibatkan perempuan dalam proses pemungutan suara. Bahkan, negara ini merupakan negara pertama di dunia yang memberikan hak suara nasional pada perempuan.

3. Islandia

Keindahan aurora borealis yang ada di Islandia | TripSavvy

Sejak tahun 2021 lalu, Islandia telah diakui sebagai negara demokrasi penuh. Islandia secara konsisten meningkatkan kredibilitas demokrasinya di berbagai bidang, seperti proses pemilu, partisipasi politik, fungsi pemerintahan, dan kebebasan sipil.

Berdasarkan laporan EIU, Islandia berhasil meraih skor indeks demokrasi sebesar 9,52 poin pada 2022. Seperti kebanyakan negara Nordik lainnya, Islandia memiliki komitmen besar pada kesetaraan sosial. Negara ini merupakan negara Skandinavia, negara demokrasi tertua di dunia namun memiliki sistem yang modern dalam hampir segala hal.

4. Swedia

Potret Kota Stockholm, Swedia | TripSavvy

Menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer yang berfungsi di bawah monarki konstitusional, Swedia menjadi negara Nordik lainnya yang memiliki skor indeks demokrasi tertinggi di dunia. Bahkan, diperkirakan bahwa mayoritas (74%) warganya sangat puas dengan sistem demokrasi di negaranya.

Swedia merupakan negara dengan masyarakat pasca-industri paling maju di dunia. Pada tahun 2022, Swedia berhasil mendapatkan skor sebesar 9,39 poin. Angka tersebut mengantarkan Swedia sebagai negara keempat dalam daftar negara paling demokratis.

5. Finlandia

Potret Finlandia | Huffington Post

Negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia ini berhasil menempati posisi kelima setelah Swedia. Mendapatkan skor indeks demokrasi sebesar 9,29 poin, rasanya tak heran jika Finlandia berada di peringkat teratas dalam daftar negara paling demokratis di dunia.

Pasalnya, negara ini berhasil mempertahankan posisinya dalam posisi teratas pada indeks kebebasan global sejak tahun 2017 silam. Ini dikarenakan oleh sistem parlementer Finlandia yang menyajikan pemilihan umum yang adil dan bebas. Selain itu, negara ini juga sangat menghormati kebebasan berbicara, beragama, dan berserikat.

6. Denmark

Foto Kota Copenhagen, Denmark | Getty Images

Denmark menempati peringkat keenam dengan skor indeks demokrasi mencapai 9,28 poin pada 2022. Menjadi salah satu negara paling demokratis di dunia, media dan pers di Denmark bersifat pluralis dan memiliki kebebasan uang tinggi. Selain itu, Denmark juga mendapatkan skor sempurna dalam indikator proses pemilu menurut EIU.

Adapun, negara ini juga memiliki skor tinggi dalam kesetaraan gender di berbagai aspek kehidupan, seperti sosial, politik, dan ekonomi. Tak hanya itu, setiap lembaga pemerintahan dan parlemen di Denmark juga menerapkan asas transparansi yang tinggi.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X