Indonesia: Negara dengan Terumbu Karang Terluas di Dunia

Memiliki 51 ribu km2 luas terumbu karang, Indonesia juga masuk peringkat ke-2 garis pantai terpanjang dunia. Kualitas terumbu karang RI diklaim terkuat.

Indonesia: Negara dengan Terumbu Karang Terluas di Dunia Terumbu Karang | Freepik

Indonesia memiliki kekayaan alam di pantai yang cukup melimpah, mengingat garis pantai Indonesia sangat panjang. Dalam data dari WorldAtlas yang dimuat GoodStats, Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, dengan garis di angka 99.083 km. 16,7 ribu pulau yang ada di tanah air turut berkontribusi atas panjangnya garis pantai tersebut.

Sementara itu, Indonesia berada di bawah Kanada, yang menjadi jawara urutan kali ini, Kanada tercatat memiliki garis pantai sepanjang 202.080 km. Tak hanya itu, jumlah pulau di Kanada terdiri dari 36,5 ribu pulau.

Hal ini membuat Indonesia cukup kaya dari segi keanekaragaman laut. Berbeda dengan Indonesia, negara tetangga Indonesia seperti Laos bahkan tidak memiliki area laut, sehingga wilayah negara tersebut terkurung (landlocked)

Kepala Balai Teknik Pantai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Adi Prasetyo menilai bahwa garis pantai panjang Indonesia ini harus dikelola agar tidak justru menimbulkan kerugian.

"Pengelolaan pesisir menjadi salah satu aspek terpenting dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia dengan segala tantangan dan permasalahannya seperti erosi, abrasi, sedimentasi muara dan banjir rob," ujar Adi dalam Detik.

Terumbu karang terluas di dunia: Indonesia

Daftar negara dengan terumbu karang terluas, 2024 | GoodStats

Kekayaan pantai Indonesia tidak lepas pada panjang garis pantainya saja. Dengan 2/3 wilayah tanah air merupakan lautan, Indonesia merupakan negara dengan luasan terumbu karang paling besar di dunia, dengan angka mencapai 51 ribu km2. Indonesia terlihat unggul tipis dengan Australia yang berada di posisi kedua, dengan luasan terumbu karang di angka 48,9 km2.

Berdasarkan wilayahnya, wilayah di Indonesia dengan luas terumbu karang tertinggi adalah wilayah Sulawesi. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), wilayah ini memiliki luasan terumbu karang sebanyak 894 ribu hektar.

Pada posisi kedua, terdapat wilayah Sumatera dengan luasan 460,6 ribu hektar. Sementara itu, wilayah Jawa sendiri luasan terumbu karangnya senilai 65,6 ribu hektar.

Indonesia juga memiliki 65% total luasan segitiga terumbu karang wilayah Indo-Pasifik. Tidak hanya itu, terumbu karang di Indonesia setara dengan 18% total luasan terumbu karang di dunia. Terdapat 500 jenis terumbu karang tersebar di lautan RI, setara dengan lebih dari separuh terumbu karang di dunia.

Jaga kekuatan terumbu karang Indonesia

Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Utama, Kementerian Kelautan dan Perikanan Andi Rusandi memberi klaim bahwa terumbu karang Indonesia memiliki kekuatan terbaik di dunia. Hal tersebut menurutnya merupakan hasil penelitian dengan mengambil sampel dari beberapa negara.

“Terumbu karang Indonesia dibanding negara-negara lain memiliki resilience (daya tahan) lebih kuat dibandingkan negara-negara lain,” sebut Andi kepada media.

Melihat hal tersebut, Direktur Konservasi Ekosistem dan Biota Perairan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Firdaus Agung menyebutkan bahea pihaknya akan berkolaborasi bersama berbagai pihak untuk menjaga konservasi terumbu karang di Indonesia.

"KKP bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Yayasan Reef Check Indonesia, dan mitra lainnya telah merancang wilayah, waktu, dan rekomendasi jenis kegiatan pemantauan pemutihan karang, serta pedoman pemantauan sesuai prediksi peningkatan suhu permukaan laut dengan fokus utama adalah wilayah kawasan konservasi. Hasil monitoring ini kemudian akan dianalisis dan disebarluaskan untuk meningkatan kesadaran dan memberikan edukasi ke masyarakat," ungkap Firdaus dalam CNBC Indonesia.

Baca Juga: Sulawesi Jadi Pulau dengan Kawasan Konservasi Terumbu Karang Terluas di Indonesia

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Provinsi dengan Prevalensi Penyakit Jantung Tertinggi

Provinsi dengan tingkat prevalensi penyakit jantung tertinggi di tanah air dipegang oleh DI Yogyakarta, angkanya mencapai 1,67%.

Laporan Bencana Alam Indonesia 2023: Jawa Barat Terbanyak, Kontras dengan Papua

Pada tahun 2023, sebanyak 5.400 bencana alam terjadi di Indonesia. Jawa Barat menjadi provinsi dengan kejadian terbanyak yaitu 844 kejadian.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook