10 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 99.083 kilometer

10 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Salah Satunya Ilustrasi│Call Me Fred/Unsplash

Tidak semua negara memiliki wilayah garis pantai yang berbatasan langsung dengan lautan. Negara-negara seperti Kamboja, Nepal, dan Afghanistan adalah negara yang wilayahnya terkurung (landlocked), dan tidak memiliki garis pantai yang berbatasan dengan laut.

Di sisi lain, banyak negara di dunia yang memiliki garis pantai atau wilayah daratan yang berbatasan dengan laut. Beberapa diantaranya juga memiliki garis pantai yang sangat panjang. 

Indonesia adalah salah satu dari 10 negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Selain Indonesia, ini dia daftar negara dengan garis pantai terpanjang lainnya menurut WorldAtlas.

Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia│GoodStats

 

1. Kanada

Pantai di Kanada│Nicole Tarasuk/Unsplash

 

Di posisi pertama ada Kanada dengan total panjang garis pantai mencapai 202.080 km. Kanada terbesar kedua dari segi luas daratan, sehingga tidak mengherankan jika Kanada juga memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Kanada tidak hanya terdiri dari sebuah daratan utama, wilayah Kanada juga terdiri dari 36.563 pulau kecil. Banyaknya pulau-pulau tersebut juga berkontribusi pada besarnya angka panjang garis pantai yang dimiliki Kanada.

Dari 10 provinsi yang ada di Kanada, 8 diantaranya memiliki garis pantai yang berbatasan dengan laut. Kanada berbatasan dengan Samudra Arktik di Utara, Samudra Atlantik di Timur, dan Samudra Pasifik di bagian selatan.

2. Indonesia

Pantai Kelingking di Bali│Shravan Yelburgi/Unsplash

 

Mayoritas daftar ini akan diisi oleh negara yang memiliki banyak pulau, termasuk Indonesia. Menurut WorldAtlas, Indonesia memiliki panjang garis pantai mencapai 99.083 km. Indonesia sendiri menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki total 16.771 pulau.

Dengan total garis pantai sebesar itu, ditambah lagi dengan lokasi Indonesia yang berada di wilayah tropis, membuat Indonesia memiliki banyak pantai cantik untuk destinasi wisata. Sudah menjadi rahasia umum apabila Indonesia adalah salah satu negara dengan destinasi wisata pantai terbaik di dunia.

3. Norwegia

Aurora di Pesisir Norwegia│Johannes Groll/Unsplash

 

Norwegia menempati urutan ketiga dalam daftar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Negara Nordik ini memiliki total panjang garis pantai sebesar 58.133 km. Garis pantai di Norwegia berbentuk fjord, yaitu sebuah teluk berbatu yang tercipta dari lelehan gletser.

Kawasan garis pantai di Norwegia, khususnya di bagian utara menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal di dunia. Selain karena keindahan alamnya, banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan ini untuk melihat fenomena alam aurora yang langka.

4. Rusia

Pesisir Rusia yang menghadap ke Laut Hitam│Artem Bryzgalov/Unsplash

 

Sebagai negara dengan daratan terluas di dunia, Rusia tentu memiliki garis pantai yang sangat luas panjang juga. Garis pantai yang dimiliki Rusia mencapai 37.653 km. 

Garis pantai Rusia tersebar dari wilayah bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Pasifik, bagian utara yang berbatasan dengan Samudra Arktik, bagian barat yang berbatasan dengan Samudra Atlantik, serta Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Laut Azov di barat daya.

5. Filipina

Wilayah Pesisir di Filipina│Eibner Saliba/Unsplash

 

Sama seperti Indonesia, Filipina adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak pulau. Filipina memiliki total 7.640 pulau, dan memiliki panjang garis pantai mencapai 36.289 km. Filipina juga merupakan sebuah Negara Maritim, dimana banyak penduduknya yang hidup di kawasan pesisir dan bekerja di sektor industri perikanan. 

6. Jepang

Kota Kobe│Richard Tao/Unsplash

 

Sebagai negara berbentuk kepulauan, Jepang memiliki panjang garis pantai sebesar 29.751 km. Jepang memiliki sebanyak 6.852 pulau, yang mana hanya 421 pulau saja yang dihuni oleh manusia.

Kota-kota besar di Jepang terletak di wilayah pesisir, seperti Tokyo, Kobe dan Osaka. Jepang sudah dikenal sebagai Negara Maritim sejak dulu. Terbukti dari banyaknya makanan khas Jepang yang merupakan olahan laut, yang mana makanan ini juga diyakini sebagai salah satu faktor tingginya tingkat kecerdasan masyarakat Jepang.

7. Australia

Pesisir di Australia│Tim Patch/Unsplash

 

Negara yang ada di bagian selatan Indonesia ini memiliki total garis pantai sepanjang 25.760 km. Panjang garis pantai Australia dipengaruhi oleh besarnya daratan utama Australia yang berbatasan langsung dengan samudra, dan juga banyaknya pulau-pulau kecil yang dimiliki Australia.

Meski daratan utama Australia sangat besar, penduduk Australia hanya bermukim di sebagian kecil wilayah pesisir Australia. Hal ini dikarenakan kondisi alam di sebagian besar daratan utama Australia yang cukup ekstrim untuk ditinggali. Oleh karena itu, kota-kota seperti Sydney, Melbourne, dan Perth berada di kawasan pesisir.

8. Amerika Serikat

Pantai di Amerika│Gustavo Zambelli/Unsplash

 

Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan wilayah terluas di dunia, sehingga garis pantai yang dimiliki Amerika Serikat juga cukup panjang. Amerika Serikat memiliki panjang garis pantai mencapai 19.924 km.

Dari 50 negara bagian yang ada di Amerika Serikat, 23 diantaranya memiliki garis pantai yang berbatasan dengan laut. Alaska menjadi negara bagian dengan garis pantai terpanjang yang garis pantainya mencapai lebih dari 10.600 km.

9. Selandia Baru

Pantai di Selandia Baru│Bill Fairs/Unsplash

 

Selandia memiliki garis pantai sepanjang 15.134 km. Garis pantai Selandia Baru bervariasi, ada yang berupa pantai berpasir, ada pula fjord berbatu seperti di Norwegia. Sama seperti Norwegia, Selandia Baru juga menjadi salah satu destinasi wisata dunia untuk melihat fenomena aurora yang langka

10. China

Kota Shanghai│Freeman Zhou/Unsplash

 

China sebagai salah satu negara terluas di dunia menempati posisi kesepuluh dalam daftar ini. China memiliki garis pantai sepanjang 14.500 km yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur, dan Laut Kuning.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Roti Canai Kalahkan Pempek, Inilah Hidangan Terbaik di Asia Tenggara!

Hidangan Asia Tenggara dimasak bersama rempah pilihan sehingga mempunyai cita rasa yang autentik.

Pulau dengan Populasi Terbanyak, Indonesia Sumbang 2 Pulau

Pulau-pulau berikut dihuni oleh populasi yang tidak sedikit. Apa saja?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X