Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Populasi Tanpa Internet Terbanyak 2023

Indonesia ternyata menjadi negara peringkat delapan dalam urutan negara dengan populasi tanpa internet terbanyak.

Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Populasi Tanpa Internet Terbanyak 2023 Ilustrasi Penggunaan Internet | Unsplash/linkedinsalesnavigator

Internet kini bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia abad ini. Segala hal yang ditawarkan internet hari ini sangat membantu kehidupan manusia, mulai dari pekerjaan, kebutuhan atas informasi hingga pemenuhan kebutuhan pokok. Namun, siapa sangka, masih ada saja sebagian masyarakat di berbagai belahan dunia yang tak terjamah oleh internet.

Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh datareportal yang bekerjasama dengan Meltwater dan We Are Social, Indonesia ada dalam daftar jajaran negara dengan masyarakat tanpa internet tertinggi di dunia.

Negara dengan Populasi yang Tak Terkoneksi Internet Per Januari 2023 | Goodstats

Peringkat pertama diduduki oleh India yang tercatat memiliki sebanyak 730 juta masyarakat tanpa internet, sementara seluruh jumlah populasi masyarakat India di tahun 2021 berada di angka 1,4 miliar yang artinya lebih dari setengah populasi India masih tak terjamah oleh internet. Sementara itu, Cina berada di posisi dua sebagai negara dengan populasi tanpa internet tertinggi nomor dua di dunia. Masyarakat yang tak terjamah internet di Cina tercatat berada di angka 374,71 juta, sementara populasi totalnya berada di angka 1,418 miliar yang artinya lebih dari seperempat masyarakat Cina tak terjamah oleh internet. 

Pakistan dan Bangladesh menjadi negara dengan populasi masyarakat tanpa internet terbanyak di dunia peringkat tiga dan empat dalam skala dunia. Pakistan tercatat memiliki sebanyak 150,78 juta masyarakat yang tak terjamah oleh internet, sementara Bangladesh memiliki sebanyak 105,14 juta masyarakat yang tak terjamah internet 

Ethiopia, Nigeria dan Republik Demokratik Kongo menduduki posisi 5, 6 dan 7 sebagai negara dengan populasi tanpa internet terbanyak. 

Sementara, Indonesia sendiri menduduki peringkat delapan dengan total populasi tanpa internet di angka 63,51 juta populasi, yang artinya ada sebanyak lebih dari 1 per 4 dari total 273,8  penduduk Indonesia yang hidup tanpa internet.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata

Apakah kesetaraan gender di Indonesia dapat dicapai dalam waktu dekat?

Pengangguran Indonesia Turun 0,79 Juta Penduduk

Jumlah pengangguran di Indonesia menurun perlahan, bersamaan dengan meningkatnya pekerja dengan tamatan pendidikan diploma dan sarjana.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X