Indonesia Masters 2023: Indonesia Raih 2 Gelar, 3 Nomor Lain Direbut China dan Korsel

Turnamen tahun ini kembali digelar di Istora Gelora Bung Karno sejak 24 Januari lalu untuk memperebutkan total hadiah sebesar 420 ribu dolar AS atau sekitar 6,7

Indonesia Masters 2023: Indonesia Raih 2 Gelar, 3 Nomor Lain Direbut China dan Korsel Ekspresi tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie setelah memenangkan pertandingan di Indonesia Masters 2023 | M. Iqbal Ichsan/Bola

Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tours bertitel Super 500 yang dihelat di Indonesia, Indonesia Masters 2023 baru saja usai Minggu (29/1) petang waktu Indonesia Barat. Turnamen ketiga dari rangkaian tur dunia BWF 2023 ini menghasilkan lima juara baru yang berbeda dari edisi sebelumnya.

Kelima gelar dari lima tersebut diraih Jonatan Christie (tunggal putra) dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) dari Indonesia; Liu Shengshu/Zhang Shuxian (ganda putri) dan Feng Yanzhe/Huang Dongping (ganda campuran) dari China; dan satu gelar sisa direbut An Se-young (tunggal putri) dari Korea Selatan.

Turnamen tahun ini kembali digelar di Istora Gelora Bung Karno sejak 24 Januari lalu untuk memperebutkan total hadiah sebesar 420 ribu dolar AS atau sekitar 6,7 miliar rupiah. Selain itu, para jawara akan mendapat total poin BWF sebesar 9.200 poin yang akan diakumulasikan untuk BWF World Tour 2023.

Partai final diawali oleh nomor ganda putri pada pukul 13.00 WIB. Liu/Zhang menang meyakinkan dua set atas wakil Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dalam waktu 1 jam 7 menit. Sebelumnya, Liu/Zhang berhasil mengandaskan unggulan ke-4 dunia asal Thailand, Kititharakul/Prajongjai dan finalis Jepang tersebut berhasil menang atas wakil Malaysia Tan/Thinaah di semifinal.

Tunggal putri menjadi nomor yang dipertandingkan kedua pada babak final. Bermain selama 1 jam 20 menit, An Se Young berhasil menang atas unggulan ketujuh dunia asal Spanyol, Carolina Marin dengan tiga set, yakni 18-21, 21-18, dan 21-13. Laga ini juga menjadi yang terlama di antara empat nomor lainnya pada babak final.

Pertandingan ketiga mempertemukan All China Final di nomor ganda campuran. Feng/Huang berhasil menang atas Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dengan skor 21-15, 16-21, dan 21-19 dalam waktu 1 jam 7 menit. Sebelumnya, Feng/Huang berhasil menang atas wakil Prancis Gicquel/Delrue dan Jiang/Wei berhasil menang atas wakil Jepang Kaneko/Matsumoto di babak semifinal.

Serupa dengan China, Indonesia juga berhasil menciptakan All Indonesia Final di nomor tunggal putra. Unggulan keempat dunia, Jonatan Christie berhasil menang atas Chico Aura Dwi Wardoyo lewat pertarungan 44 menit serta skor dua set 21-15 dan 21-13.

Gelar terakhir Indonesia dipersembahkan pasangan berjuluk The Babbies, Leo/Daniel di nomor ganda putra. Leo/Daniel berhasil merebut trofi setelah menang atas wakil China He Ji Ting/Zhoun Hao Dong dengan skor 21-17 dan 21-16. Pertandingan ini berlangsung selama 48 menit.

Hasil BWF Indonesia Masters 2023 | GoodStats

Dengan hasil ini, China dapat disebut sebagai juara umum karena berhasil meraih dua gelar, dua finalis, dan empat semifinalis. Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedua karena berhasil merebut dua gelar dan satu semifinalis. Seluruh pemenang nomor tunggal berhak mendapat uang tunai sebesar 31.500 dolar AS, sementara ganda sebesar 33.180 dolar AS.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Indonesia Open 2023: Satu-Satunya Wakil Indonesia di Final Belum Berhasil Juara

Satu-satunya wakil Indonesia di final, Anthony Sinisuka Ginting harus takluk dari pemenang tunggal putra 2 edisi terakhir asal Denmark, Viktor Axelsen

Tak Ada Wakil Indonesia di Podium Tertinggi Orleans Masters 2023, Bagas/Fikri Runner-up

Sebelumnya Indonesia memiliki total lima wakil di babak semifinal

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook